Misteri Kuno di Dunia yang Belum Terungkap Sampai Saat Ini

0
2061
views

Ilmu pengetahuan modern semakin maju seiring berjalannya tahun, namun masih ada banyak hal yang tidak bisa dijelaskan bahkan dengan menggunakan gadget dan teknologi paling mutakhir. Misteri sudah ada bertahun-tahun ini hampir tidak mungkin untuk mengetahui kebenarannya. Arkeolog dan sejarawan bergabung dengan pasukan mereka dengan fisikawan dan ilmuwan dari semua bidang yang mungkin untuk menjelaskan hal-hal seperti kematian Raja Tut, Saksaywaman Peru, dan sebuah dataran yang guci kuno yang ditemukan di Laos. Kita semua menyukai misteri yang baik, bukan? Misteri kuno ini mungkin akan tetap tidak terpecahkan selamanya.

01Tembok
Saksaywaman

tembok saksaywaman

Tembok Saksaywaman adalah susunan puzzle batu-batu raksasa yang membentuk sebuah tembok. Situs ini terletak di sebelah utara kota Cusco di Peru, dulunya merupakan ibukota kerajaan Inca. Diperkirakan dibuat antara tahun 900 hingga 1200 masehi, para peneliti masih bingung tentang cara menyusun batu-batuan tersebut hingga berbentuk puzzle, mengingat satu batu saja bisa mempunyai berat 200 ton. Susunan batu ini begitu presisi sehingga selembar kertas pun tidak akan bisa dimasukkan diantara batu-batuan tersebut. Berbagai teori telah disampaikan oleh para peneliti diantaranya adalah teori tentang penggunaan cairan misterius yang bisa melunakkan batu dan penggunaan mal kayu untuk mengukur potongan batu

01

Gobekli
Tepe

Tempat ibadah yang terletak 15 km sebelah timur laut kota Şanlıurfa di Turki tenggara

Dapatkah Anda membayangkan struktur yang dibangun kira-kira 11.000 tahun yang lalu? Arkeolog jelas tidak bisa, sampai mereka menggali Gobekli Tepe yang misterius, melawan segala rintangan, di Zaman Batu. Banyak yang percaya ini adalah kuil pertama yang pernah dibangun oleh umat manusia! Situs penggalian dihiasi dengan ukiran manusia dan binatang purba yang luar biasa, serta pilar besar yang dihiasi ornamen. Dan semua ini dilakukan di zaman ketika peradaban seharusnya tidak memiliki alat logam apa pun! Candi ini sangat mungkin memegang kunci evolusi umat manusia.

02

Pulau Paskah
(The Easter Island)

Sebuah pulau milik Chili yang terletak di selatan Samudra Pasifik.

Pulau Paskah hanya tidak menjadi kurang misterius seiring berjalannya waktu! Di pulau ini Anda bisa menemukan lebih dari 200 ratus patung kuno yang benar-benar berukuran raksasa – masing-masing memiliki tinggi lebih dari 14 kaki. Arkeolog dan insinyur masih belum dapat mengetahui bagaimana orang-orang kuno berhasil mendirikan dan memindahkan patung seberat 14 ton ini dari satu tempat ke tempat lain. Ini akan sulit dilakukan bahkan di zaman modern! Pemukim kuno harus mengangkut batu-batu besar di sekitar pulau, mengukirnya, dan akhirnya mengangkatnya (Stonehenge, anyone?).

03

Sebuah Dataran yang
berisi guci kuno

Guji kuno yang belum terpecahkan di Laos

Ada apa dengan orang-orang kuno yang meninggalkan bukti aneh keberadaan mereka? Sebagai contoh, di Laos ada sebuah dataran besar yang penuh dengan toples/guci Megalitik raksasa. Misteri dataran Xieng Khouang telah menyiksa para ilmuwan sejak awal 30-an ketika pertama kali ditemukan oleh sekelompok arkeolog beruntung. Mereka menjuluki Dataran Jars, tapi namanya tidak benar-benar mempersiapkan Anda untuk gambar aneh dari 3.000 tempayan batu besar yang tersebar di semua tempat. Pikiran Anda, setiap tabung beratnya setidaknya beberapa nada! Semua toples itu diukir dengan baik, mengisyaratkan penggunaan pahat besi atau instrumen canggih lainnya. Namun, tidak ada sejarawan yang bisa memberi tahu kita tentang orang-orang yang bisa membuat toples tersebut atau alasan mengapa mereka menempatkannya sesuai dengan fungsinya.

04

Manuskrip
Voynich

Manuskrip Voynich

manuskrip voynich Manuskrip Voynich adalah sebuah buku tulisan tangan terbuat dari kulit binatang, dibuat antara tahun 1404-1438 masehi. Nama Voynich sendiri diambil dari nama seorang penjual buku antik dari Polandia yang mendapatkan manuskrip ini tahun 1912, Wilfrid Voynich. Buku ini selain berisi tulisan tangan, juga berisi gambar-gambar berbagai tumbuhan dan manusia serta berbagai simbol dan diagram yang tidak dapat dimengerti. Yang menarik dari manuskrip ini adalah semenjak masa Perang Dunia I, sudah banyak sekali profesional dan code breaker dari berbagai negara, termasuk Inggris dan Amerika Serikat, tidak mampu untuk mengartikan arti tulisan dalam manuskrip.

05

Residu Kokain dan
Nikotin di Mummy

Mummy di Mesir Pada tahun 1992

Mummy di Mesir Pada tahun 1992, para peneliti dari Jerman menemukan residu (sisa-sisa) kokain dan nikotin dari lambung sebuah mummy di Mesir ketika melakukan penelitian tentang penggunaan zat hallucinogen pada peradaban kuno. Yang membuat bingung para peneliti adalah, tanaman yang mengandung kokain dan nikotin pada masa itu hanya tumbuh di Benua Amerika, sedangkan Mesir berada jauh di benua Afrika. Apakah pada masa itu sudah terjadi perdagangan obat bius antar benua? Nampaknya tidak. Sebab jalur perdagangan laut antar benua pada masa itu masih belum ada.

06

Kain Kafan
dari Turin

Kain Kafan dari Turin

Turin Kain kafan dari Turin (Shroud of Turin) adalah salah satu peninggalan bersejarah agama Kristen. Di permukaan kain kafan yang terbuat dari kain linen ini terdapat bercak-bercak darah dan tercetak dengan jelas gambar seorang pria tinggi berjenggot dan berambut panjang yang dipercaya adalah korban penyaliban. Meskipun banyak yang percaya bahwa ini adalah kain kafan Yesus dari Nazareth, akan tetapi banyak pula yang menyangsikannya, mengingat hasil dari tes radio carbon menunjukkan bahwa kain kafan ini berasal dari abad pertengahan, yakni antara tahun 1260 hingga 1390 masehi, sedangkan Yesus disalib jauh berabad-abad sebelum itu. Selain dari siapa orangnya yang pernah dibungkus dalam kain itu, yang menjadi bahan perdebatan antara para agamawan, sejarawan dan para peneliti adalah bagaimana gambar yang tercetak di kain kafan itu bisa tampak begitu jelas, padahal kain kafan itu sendiri telah beberapa kali mengalami “musibah”, antara lain pernah terbakar sebagian pada tahun 1532 ketika disimpan di Perancis.

07

Nazca
Lines

Nazca Lines

Nazca Lines Nazca Lines adalah rangkaian dari gambar-gambar raksasa di atas permukaan tanah, terletak di gurun Nazca, Peru. Ukuran dari gambar-gambar ini begitu besar hingga mencapai 200 meter. Diperkirakan dibuat antara tahun 400 hingga 650 masehi, terdapat ratusan gambar yang terdiri dari garis-garis, beberapa jenis burung, monyet, laba-laba, ikan, anjing, ikan hiu, ikan paus dan kadal. Selain itu juga terdapat gambar manusia raksasa, serta berbagai tumbuhan dan bunga. Luas area dimana terdapat gambar-gambar itu adalah sekitar 500 km persegi. Sampai sekarang para peneliti masih memperdebatkan untuk apa gambar-gambar tersebut dibuat. Ada yang menyatakan gambar-gambar itu sebagai manifestasi penampakan astronomi dan simbol-simbol agama dan kepercayaan lokal pada masa itu, ada pula yang menyatakan sebagai saluran irigasi, mengingat gambar-gambar itu dibuat dengan cara mengeruk tanah hingga terbentuk semacam parit.

08

Piramida
Giza

Piramida Giza

Piramida Giza Membahas tentang misteri peninggalan arkeologi kayaknya belum lengkap tanpa menyertakan Piramida Giza. Situs arkeologi yang merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia (seven wonders of the world) ini dalam bahasa inggris disebut sebagai The Great Pyramid of Giza, Pyramid of Khufu atau Pyramid of Cheops. Piramida Giza dibuat sekitar tahun 2560 sebelum masehi, dengan tinggi 146 meter, terbuat dari susunan balok-balok batu seberat 5,9 juta ton dan di dalamnya berongga berbentuk lorong-lorong dan ruangan. Terdapat 3 ruangan besar di dalam piramida ini, dua diantaranya terdapat di bagian atas piramid, disebut Queen’s Chamber dan King’s Chamber, sementara satu lagi ruangan terdapat di bagian bawah. Di dalam ruangan-ruangan itu tersimpan harta dan barang-barang berharga lain, yang sayangnya sudah habis dijarah orang. Teknik konstruksi piramida ini serta siapa yang menjarah barang-barang berharga di dalamnya sampai sekarang menjadi misteri dan bahan perdebatan para ahli.

 

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here