Ingin Liburan ke Planet Lain yang Mirip seperti Film Fantasi? Jawabannya Adalah pulau Socotra yang Terisolir, Bikin Kita Serasa Berada di Planet Lain!

0
506
views

M

engingat akan kemajuan saat ini, tak banyak lagi tempat yang bisa dibilang terisolir. Namun tidak begitu dengan kepulauan Socotra. Terletak di laut Arab, secara administratif, kepulauan Socotra masuk ke dalam wilayah Yaman. Kepulauan Socotra terletak 250 km dari Somalia dan 340 km dari Yaman. Karena lokasinya yang terisolir secara geografis selama ribuan tahun, kemudian menyebabkan banyak spesies tanaman dan hewan berevolusi dan menjadi endemik di Pulau tersebut.

Lambang botanis socotra, pohon suji darah, cabangnya menghadap ke atas untuk menyerap lembab dari kabut di dataran tinggi. Bangsa Mesir, Yunani, dan Romawi kuno memanfaatkan kekayaan alam Socotra seperti: getah aromatis (kemenyan), sari lidah buaya yang berkhasiat, dan getah merah darah dari pohon suji darah yang digunakan sebagai obat dan bahan pewarna karya para seniman.

Dorstenia gigas, pohon ara berbentuk bulat, myrrhs, dan lidah buaya langka serta sederet tmbuhan endemik lainnya tumbuh di bebatuan merah di tebing Maalah dekat desa Qulansiyah, di ujung barat Socotra.

1

Bentang alam Socotra didominasi oleh pantai yang berpasir dan tanaman-tanaman aneh

2

Pohon Anandonia yang hanya dapat di temui di beberapa tempat saja di bumi

Pohon Anandonia

3

Pohon darah naga yang hanya bisa ditemui di Pulau tersebut

Pohon darah naga

4

Hutan pohon darah naga, kayaknya cocok ya masuk jadi setting salah satu planet di film
Star Wars

5

Penduduk asli anak Socotra

Anak-anak Socotra

Pulau ini banyak dijaga ular-ular besar penghuni gua-gua di Socotra. Chamaeleo monachus (bunglon) hanya ditemukan di Socotra. Penduduk setempat percaya bahwa bungkon tersebut ajaib. Konon orang yang mendengar desisnya bisa menjadi bisu.

[artikel number=3 tag=”unik” ]

Keong darat memanjat pohon untuk menghindari panas di Dataran Zahr yang tandus di Socotra. Burung dendang laut cokelat (Sula leucogaster) banyak terdapat di pantai barat Socotra dan berkembangbiak di Socotra atau pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Kepiting air tawar (Suqutrapotamon socotrensis) hanya terdapat di pulau Socotra dan menjadi mata rantai tertinggi makanan air.

sumber wikipedia
Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here