Fakta Menarik Tentang Kucing yang Jarang Diketahui

- Advertisement -
- Advertisement -

befren.com – Apakah kamu juga pecinta kucing? Kucing merupakan salah satu peliharaan favorit para pecinta hewan. Hal tersebut tidak mengherankan karena binatang berbulu ini memiliki paras lucu nan menggemaskan. Ternyata kucing adalah hewan penuh teka-teki yang telah memikat hati manusia selama ribuan tahun.

Kepribadian misterius dan penampilannya yang menggemaskan telah menjadikan hewan kucing sebagai hewan peliharaan yang sangat populer.

Dengan begitu banyak kucing di sekitarmu, mungkin itu bukan berarti kamu tahu segalanya tentang mereka.

Tetap bisa kawin meski steril

Pemilik kucing biasanya diimbau untuk mensterilkan atau memandulkan peliharaannya. Namun prosedur steril ternyata tidak mengganggu aktivitas penyaluran birahi kucing.

Nyatanya, kucing tetap bisa kawin. Steril kucing bertujuan menjaga kesehatan dan kesejahteraan kucing.

Kucing akan terhindar dari penyakit kronis seperti kanker rahim pada kucing betina dan kanker prostat pada kucing jantan.

Dengan steril pula, pemilik kucing sudah membantu pemerintah untuk mengontrol populasi kucing dan mencegah penelantaran.

Mampu melompat sejauh 6 kali panjang badan

Kucing yang sehat bisa melompat sejauh 6 kali lipat panjang badannya. Kucing, misal, panjangnya 60 centimeter berarti bisa melompat sejauh 360 centimeter.

Lompatan seperti ini biasanya saat kucing mengikuti insting berburu seperti mengejar kupu-kupu, capung maupun burung.

Saat di dalam rumah pun kucing perlu difasilitasi untuk mengekspresikan diri. Pemilik kucing perlu menyediakan waktu dan ruang buat kucing agar bisa melatih kelincahannya.

Kumis = Sensor penting

Untuk melakukan manuver, kucing memanfaatkan kumisnya sebagai sensor. Ini seperti halnya manusia saat menyetir dan memerlukan spion untuk mengecek kondisi sekitar.

Oleh karenanya, kumis kucing tidak boleh dipotong apalagi dicabut. Selain itu, saat berkendara di siang hari pastikan tidak menyorot lampu ke arah mata kucing. Ini akan mengganggu mobilitasnya apalagi penglihatan kucing buruk di siang hari.

Kucing memahami emosi dengan baik

Tak hanya anjing, kucing pun bisa memahami emosi manusia terlebih pemiliknya. Si anak bulu memahami saat manusia merasa senang, sedih, juga marah.

Kucing perlu vaksinasi

Memelihara kucing berarti juga wajib menjaga kesehatan hewan mamalia ini. Ada dua jenis vaksin yakni, vaksin umum dan vaksin khusus.

Vaksin umum terdiri dari vaksin untuk mencegah wabah (distemper atau panleukopenia), parvo (penyakit yang disebabkan virus dan menyerang pencernaan), serta infeksi saluran napas.

- Advertisement -
bella sika
bella sika
Dalam hidup, setiap masalah adalah pelajaran berharga. Setiap cobaan yg datang adalah proses pendewasaan diri

Latest news

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here