Benarkah Tidur Mendengkur Menyebabkan Seseorang Cepat Tua

0
77
views

befren.com – Mendengkur disebabkan oleh menyempitnya saluran pernapasan, sehingga udara yang mengalir membuat jaringan di belakang tenggorokan bergetar. Menurut penelitian medis, kebiasaan mendengkur dapat menyebabkan seseorang jadi cepat tua.

Studi ini menunjukkan bahwa kebiasaan mendengkur tiap malam membuat usia biologis seseorang jadi 215 hari lebih tua dari usia yang tertera di KTP. Gangguan tidur juga dikaitkan dengan kemunculan gejala penuaan dini hingga 321 hari lebih cepat.

Penelitian dilakukan terhadap 622 pria dan wanita dengan usia rata-rata 69 tahun dari berbagai latar belakang ras dan sosial ekonomi yang memiliki kebiasaan ngorok saat tidur. Tim peneliti memeriksa metilasi DNA darah dan pola tidur mereka.

Metilasi DNA adalah modifikasi genetik yang mengatur bagaimana gen pada sel-sel tubuh dihidupkan atau dimatikan. Prosesnya dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Pola tidur diukur dengan teknik polysomnography untuk memeriksa pola pernapasan, kadar oksigen dalam darah, detak jantung, gelombang otak, dan gerakan anggota tubuh.

Wanita yang mendengkur cenderung mengalami penuaan biologis yang lebih cepat dibandingkan pria. Ada dua alasan terkait temuan hubungan mendengkur dengan cepat tua ini, yaitu wanita cenderung memiliki fase REM dominan dan episode sleep apnea obstruktif yang memburuk selama fase REM.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin parah suara ngorok Anda menyebabkan usia biologis makin cepat bertambah tua akibat kerusakan pada sel-sel tubuh.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here