Apakah Kamu Tahu, Hewan Apa yang Paling Ditakuti Oleh Ular ?

0
156
views

befren.com – Ular adalah hewan yang paling ditakuti oleh sebagian hewan, seperti tikus, kadal burung dan lain sebagainya, bahkan hampir setiap orang jika melihat ular pasti bergidik sampai lari sambil histeris. Namun tidak dengan hewan-hewan di bawah ini, ternyata ular juga memiliki musuh alami di alam liar, salah satu contohnya adalah burung raptor dan burung skretaris. Ular sendiri merupakan reptilia tak berkaki yang bertubuh panjang. Ular digolongkan ke dalam reptil bersisik. Untuk memperjelas, befren.com share beberapa hewan yang ditakuti oleh ular.

Mongoose

Mongoose sedang siap-siap mencari mangsa

Mongooses (sejenis musang) melumpuhkan ular dengan bergerak secepat kilat dan menggigit ular tepat di kepalanya dengan rahangnya yang kuat. Mongooses memiliki lapisan kulit yang tebal sehingga bisa ular tidak mudah masuk ke tubuh mereka.

Tampilan fisik hewan ini tidaklah besar, bahkan terkesan imut. Namun mongoose dapat melumpuhkan ular cobra sepanjang 3 m dengan amat mudah, hanya dengan pandangan sorot matanya yang tajam. Setelah ular terkelabuhi oleh mongoose dan diam di tempat, dengan begitu cepatnya mongoses akan melumpuhkan ular dengan gigitanya yang tajam. Hewan ini juga memiliki ketahanan terhadap bisa ular, setelah mongoose pulih kekuatannya biasanya dia akan menyerang ular itu kembali dan memakan ular tersebut. Kepala ular akan menjadi santapan pertama kali

Burung Raptor

Burung Raptor

Mencari makan dengan cara berburu, yakni dengan terbang, menggunakan indra tajam mereka, terutama penglihatan. Mereka terdefinisikan sebagai burung yang utamanya berburu hewan bertulang belakang, termasuk juga burung lain. Cakar dan paruh mereka cenderung relatif besar, kuat dan beradaptasi untuk merobek daging, burung ini merupakan hewan pemangsa didunia, menjadikan ular sebagai makanan favoritnya.Sangat mudah bagi burung ini untuk menaklukan ular

Armadillo

Armadillo

Hewan mamalia plasental kecil yang hanya berukuran 75 cm ini, memiliki perisai yang kuat dan tajam di tubuhnya. Seekor ular bisa dengan mudah terkoyak oleh perisai ini. Cara melumpuhkan lawanya terbilang unik yaitu dengan menabrakan tubuh yang penuh perisai yang tajam ke tubuh lawan/mangsanya.

Ular Pemangsa

Ular pemangsa

Dalam beberapa kasus terjadi canibalisme dalam dunia ular, dimana hewan ini akan berburu dan memangsa jenisnya sendiri. King Kobra adalah ular berbisa terbesar di dunia, panjangnya bisa mencapai 5,5 m. Nama ilmiahnya saja Ophiophagus yang berarti pemakan ular dan mangsa yang paling disukai King Kobra adalah ular Kobra! Di Amerika Utara, King Kobra juga suka memangsa ular berbisa lainnya yaitu ular derik (rattler). King kobra kebal akan bisa ular derik. King Kobra juga memiki ketahanan terhadap bisa racun ular derik.

Luwak

Luwak

Luak sangat terkenal karena kemampuan mereka membunuh ular. Luak akan menyambar ular pada bagian belakang kepala ular dan akan menggigitnya dengan rahang mereka yang kuat. Ular dengan panjang 1,5 m bisa dihabiskan Luak dalam waktu 15 menit. Luwak terkenal sebagai hewan yang tak mengenal takut. Seekor luak tidak akan terbunuh oleh racun dari bisa ular, karena luak memiliki kekebalan terhadap racun ular, sekalipun ular cobra yang dikenal memiliki racun yang mematikan. Dalam pertarunganya dengan mangsa “ular” luak dengan cekatan akan menggigit bagian leher dari ular, rahang yang kuat dan gigi tajam mampu melumpuhkan ular dalam waktu yang singkat. Sekalipun luak kebal terhadap racun ular, luak akan sedikit pingsan jika digigit ular berbisa namun setelah sadar luak akan segera memakan ular tersebut. Karnivora ganas ini terkenal dengan sebutan pemburu ular.

[artikel number=4 tag=”unik” ]

Landak

Landak

Hewan pengerat (Rodentia) memiliki rambut yang tebal dan berbentuk duri tajam. Hewan ini ditemukan di Asia, Afrika, maupun Amerika, dan cenderung menyebar di kawasan tropika. Landak merupakan hewan pengerat terbesar ketiga dari segi ukuran tubuh, setelah kapibara dan berang-berang. Tubuhnya yang berduri tajam, berfungsi sebagai senjata untuk pertahanan diri dari pemangsa. Hewan ini merupakan salah satu yang paling ditakuti ular. Sebab duri-duri yang tajam bisa melukai tubuh ular, di ketahui seekor landak dapat dengan mudah membunuh seekor ular viper. Ketika pertarungan terjadi tubuh ular akan banyak yang terluka oleh duri-duri tajam dari landak, di saat ular terluka dan mulai lemah maka kebiasaan landak akan menyerang ular dengan melakukan beberapa gigitan tepat di area leher, hingga membuat ular mati. Namun, landak bukanlah hewan yang kebal akan racun dari bisa ular, jika landak tergigit oleh racun ular maka hewan ini juga akan mati jika digigit ular pada bagian tertentu. Moncong landak adalah bagian terlemah dari landak.

Burung Sekretaris

Burung Sekretaris

Burung Sekretaris biasanya membunuh ular dengan menendangnya dengan kuat karena burung sekretaris memiliki kaki panjang dan kuat. Jika tidak bisa membuuh ular di tanah, burung sekretaris akan membawa ular ke udara dan melemparkannya ke batu. Burung sekretaris memang memiliki sepasang kaki yang panjang dan kuat sehingga burung ini diklasifikasikan ke dalam family yang berbeda dari burung pemangsa lainya yaitu Sagitari Dae.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here