Apakah Beruang Benar-benar Menyukai Madu, Inilah Faktanya

0
108
views

befren.com – Winnie The Pooh terkenal karena kecintaannya pada madu, tetapi apakah hanya dia yang tergila-gila dengan suguhan manis, atau apakah semua beruang menyukai madu?

Gula alami yang berasal dari madu merupakan bonus nutrisi bagi banyak makhluk hidup.

Mari kita cari tahu apakah madu disukai karena manfaat nutrisinya atau karena rasanya yang manis dan lezat.

Apakah beruang hanya makan madu?

Apakah beruang hanya makan madu

Pola makan beruang beragam dan mereka memiliki beragam pilihan makanan tergantung pada area tempat tinggal beruang.

Umumnya beruang yang bersifat omnivora akan memakan rumput, beri, ikan, serangga, dan mamalia yang lebih kecil seperti rusa.

Beruang membutuhkan protein dalam jumlah tinggi agar tetap sehat di alam liar sehingga pola makan mereka berubah sepanjang tahun agar sesuai dengan penawaran musiman.

Tidak semua beruang juga memiliki pola makan yang sama; beruang adalah herbivora sehingga cenderung mengonsumsi lebih banyak madu karena pilihan makanannya lebih terbatas daripada beruang yang menangkap mangsa.

Diet beruang panda raksasa adalah yang paling terbatas karena mereka hanya makan bambu! Hanya sekitar 1% makanan mereka terdiri dari tumbuhan lain dan terkadang daging.

Bagaimana cara beruang mendapatkan madu?

credit photo: Perth Zoo

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana beruang akan memanjat pohon dan mungkin hanya mengambil madu dari sarang lebah tanpa jatuh atau disengat lebah.

Solusi sederhana, beruang memakan seluruh sarang, termasuk lebah dan larvanya.

Tidak seperti Winnie The Pooh dengan toples madu yang disajikan dengan baik, dalam kehidupan nyata, beruang akan memakan seluruh sarang lebah karena merupakan sumber protein yang bagus.

Bukti menunjukkan bahwa beruang mengincar lebah dan bukan madu itu sendiri karena lebah mengandung jumlah protein yang lebih tinggi.

Jika Anda menyentuh sarang lebah, tidakkah Anda akan disengat?

Sarang lebah

Meskipun beruang tanpa rasa takut memakan seluruh sarang lebah termasuk lebah, ada harga yang harus mereka bayar.

Untungnya bulu beruang sangat tebal sehingga lebah tidak dapat menyengat sebagian besar tubuh mereka, membuat camilan lezat ini sepadan dengan risikonya.

Area di sekitar wajah dan telinga adalah tempat rambut paling tidak lebat, jadi di sinilah satu-satunya tempat lebah berhasil menyengat.

Apakah semua beruang menyukai madu?

Beruang sedang tidur nyenyak

Para peneliti mengklaim bahwa sebagian besar jenis beruang akan mencari sarang untuk madu, tetapi beruang hitam dan beruang coklat dikatakan paling menyukainya.

Mereka sangat menyukainya sehingga mereka akan berusaha keras untuk mendapatkannya.

Tidak semua beruang memiliki akses ke sarang lebah karena iklim. Misalnya beruang kutub yang hidup dalam kondisi subarctic tidak akan pernah bisa mencicipi madu karena iklim yang terlalu dingin bagi lebah untuk bertahan hidup.

Penelitian menunjukkan kepada kita bahwa beberapa beruang sangat menyukai madu, tetapi ini terutama karena nutrisi tambahan yang menyertainya.

Jika beruang diberikan sebotol madu, ia mungkin kurang tertarik karena tidak akan ada sarang, lebah, dan larva tempat mereka mendapatkan sebagian besar protein.

Dari sini kita dapat melihat bahwa beruang menyukai madu karena tambahan yang menyertainya, dengan sendirinya itu bukanlah makanan yang bergizi.

Akhirnya, tidak semua beruang memiliki pola makan yang sama, jadi tidak semua dari mereka menyukai madu. 

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here