Wisata Bersejarah Banda Neira di Maluku

0
200
views

befren.com – Tak banyak yang tahu Banda Neira. Padahal keindahannya boleh disandingkan dengan tempat-tempat yang menarik. Banda Neira atau Banda Naira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda, dan merupakan pusat administratif  Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Indonesia. Secara administratif, Banda Neira terbagi dalam 6 desa, yakni Dwiwarna, Kampung Baru, Merdeka, Nusantara, Rajawali, dan Tanah Rata.

Banda Neira pernah menjadi pusat perdagangan pala dan fuli dunia, karena Kepulauan Banda adalah satu-satunya sumber rempah-rempah yang bernilai tinggi hingga pertengahan abad ke-19.

Kota modernnya didirikan oleh anggota VOC, yang membantai penduduk Banda untuk mendapatkan palanya pada tahun 1621 dan membawa yang tersisa ke Batavia (kini Jakarta) untuk dijadikan budak.

Banda Neira bukan sekedar perkampungan biasa yang terletak di Pulau Banda, Maluku. Banyak hal yang bisa Anda lakukan disini. Mulai dari wisata budaya sampai wisata alam semuanya ada. Anda bisa lakukan wisata sejarah sekaligus budaya dengan bertandang ke Benteng Belgica, Benteng Nassau, Istana Mini, dan bangunan-bangunan kolonial yang biasanya ada di ruas jalan yang sama. Karena pernah jadi basis pertahanan tentara VOC, Anda akan banyak temui gaya bangunan khas Belanda disini.

Kalau bicara soal Indonesia bagian timur, banyak orang pasti akan langsung menyebutkan Flores, Labuan Bajo, Komodo, Ora, ataupun Raja Ampat.

Jangan lupa, saat berkunjung ke Banda Neira, mampirlah juga ke rumah pengasingan Bung Hatta. Secara umum, suasana Kota Banda Neira terbilang sepi. Banda Neira mulai ramai ketika kapal Pelni berlabuh. Mendadak para pedagang memadati pasar siap menyambut para penumpang yang turun ke darat untuk membeli makanan dan oleh-oleh khas Banda. Bagi para pedagang, saat-saat seperti inilah yang ditunggu-tunggu. Dagangan mereka laris manis saat penumpang kapal turun ke darat sebelum melanjutkan lagi pelayaran. Begitulah kehidupan di Banda Neira. Serpihan surga di timur Indonesia itu kini semakin ramai didatangi turis, terutama dari Eropa, untuk melihat langsung sisa-sisa peninggalan kolonial, keindahan alamnya dan panorama bawah laut yang sanggup “menghipnotis” wisatawan.

Untuk memulai destinasi uang rupiah pertama, anda dapat memulainya dari pecahan yang paling kecil yaitu pecahan uang Rp 1000. Di pecahan uang Rp 1000 tersebut, terdapat salah satu pulau yang sangat cantik bernama pulau Banda Neira. Pulau ini berlokasi di Kabupaten Maluku Tengah. Memang belum banyak dikunjungi sebagai destinasi wisata hingga saat ini.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here