Tempat Wisata Populer di Jawa Timur untuk Liburan Tahun Baru 2020

0
339
views

befren.com – Berikut ini ada beberapa destinasi wista yang mungkin ada di daftar liburanmu di tahun baru 2020. Di Jawa Timur ternyata banyak menyimpan tempat wisata yang sangat mempesona. Secara umum, hampir setiap kabupaten atau kota di Jawa Timur memiliki destinasi unggulan masing-masing.

Situs Purbakala Trowulan

Yang pertama adalah Situs Trowulan. Selain Candi Panataran, kawasan purbakala paling menarik di Jawa Timur terletak di Trowulan Mojokerto. Dahulu kala, kawasan ini merupakan ibu kota dari Majapahit hingga akhirnya hancur. Ada cukup banyak peninggalan situs budaya mulai dari candi, kolam segaran, hingga gapura yang konon menunjukkan rumah Gajah Mada.

Trowulan berada di tengah kota & kompleks purbakalanya tersebar di beberapa tempat. Untuk bisa mengunjungi semua tempat yang menarik, disarankan datang dengan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Selain memiliki aneka situs budaya, pemerintah Mojokerto juga menjadikan desa di dekat candi menjadi kawasan wisata. Bagian depan rumah penduduk dibangun sebuah ruangan mirip bangunan zaman kuno yang bisa digunakan sebagai toko atau tempat wisatawan bersantai saat lelah menjelajahi Trowulan.

Wisata Bahari Lamongan

Sebagai obyek wisata dengan fasilitas lengkap dan harga tiket yang terjangkau. Sehingga saat ini WBL menjadi tujuan tempat wisata utama di Lamongan. Dengan luas lahan seluas 11 hektar, wisata bahari Lamongan memiliki puluhan wahana yang mengasyikkan.

Wahana wisata keluarga, wahana wisata adrenalin, wahana wisata berburu foto cantik, wahana imajinatif, wahana olahraga, pokoknya Palugada.

Selain itu di Wisata bahari Lamongan juga terdapat play ground remaja, panggung gembira dan arena ketangkasan bagi anda yang suka nonton, di sini juga terdapat bioskop 3D yang akan memberikan sensasi menonton yang berbeda.

Jadi sangat lengkap. Bahkan jika dihitung-hitung mungkin di lokasi ini ada lebih dari 60-an wahana permainan.

Lokasi Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan dibangun di lokasi yang dahulu dikenal dengan nama Pantai Tanjung Kodok. Secara administratif lokasi wisata bahari Lamongan berlokasi di Kecamatan Paciran, Lamongan, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Wisata Bahari Lamongan

Jika berangkat dari Surabaya, pengunjung dapat menuju ke Wisata bahari Lamongan melalui Jalan Tol Surabaya-Gresik ke arah Manyar. Setelah keluar dari Tol Manyar, ambil jalur ke arah kiri lalu ikuti jalur pantai utara menuju Sidayu, Panceng, kemudian Paciran. Setelah itu, kamu akan menemukan lokasi Wisata Bahari Lamongan.

Untuk pengguna sepeda motor, tidak perlu khawatir karena jalanan yang kamu tempuh tidak terlalu ekstrim dan tergolong aman, sehingga dapat menikmati perjalanan dengan santai.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran terletak di dua wilayah kota yaitu Situbondo dan Banyuwangi. Dengan luas mencapai 25.000 hektare, kawasan ini terbagi menjadi beberapa wilayah yang berbeda. Pertama ada kawasan pegunungan dengan Gunung Bauran sebagai puncak tertingginya. Selanjutnya ada kawasan hutan musim, hutan mangrove di dekat pantai, dan sabana.

Atraksi paling menarik di taman nasional ini ada pada sabana yang sangat luas. Saat musim hujan tiba, kawasan ini akan menjadi hijau dan dipenuhi banyak sekali binatang liar. Wisatawan yang datang ke tempat wisata di Jawa Timur ini bisa menyaksikan banteng, kerbau liar, anjing hutan, kijang, rusa, dan macan tutul.

Untuk bisa menikmati aneka satwa dan bentang alam, wisatawan bisa mengunjungi beberapa pos pengamatan di Batangan, Bekol yang memiliki banyak merak, ayam hutan, dan rusa, Bama yang dekat dengan pantai, Manting, dan Kalitopo.

Museum Angkut

Museum Angkut memadukan konsep atraksi hiburan serta sejarah dari alat transportasi yang ada di seluruh dunia. Museum kreatif Malang ini menyandang predikat sebagai satu-satu nya tempat wisata dan pertama memegang konsep wisata angkutan di Indonesia. Disana pengunjung bisa belajar sekaligus rekreasi sembari mempelajari berbagai model jenis Angkutan di Indonesia hingga seluruh dunia.

Museum Angkut kota Batu Malang memiliki konsep unik namun menarik untuk di kunjungi ketika berwisata di kota Malang. Malang tidak hanya mengandalkan wisata alam saja seperti pegunungan dan berbagai wisata taman Selecta Malang. Ternyata kota Malang memiliki objek wisata museum menarik. Museum Angkut diresmikan pada tanggal 9 maret 2014, hingga sekarang museum kendaraan ini merupakan tempat wisata mengusung konsep angkutan pertama di Asia Tenggara.

Harga Tiket Museum Angkut Batu Malang

Museum Angkut Malang merupakan salah satu tempat wisata yang dikembangkan oleh Jawa Timur Group. Selain Museum Angkut, mereka juga mempunyai tempat wisata Jatimpark 1, Jatimpark 2 (Batu Secret Zoo & Museum Satwa), Eco Green Park, Predator Fun Park, Museum Tubuh, dan juga Batu Night Spectacular. Semua tempat wisata di Batu ini mempunyai jenis dan segmentasi yang berbeda-beda.

Mungkin harga tiket Museum Angkut Batu Malang di tahun baru 2020 akan mengalami perubahan, akan tetapi sebelum tahun baru di hari biasa maupun di akhir pekan harga tiket sebagai berikut :

Hari Senin-Kamis (weekdays)  : Rp. 70.000,-
Hari Jumat-Minggu (weekend) : Rp. 100.000,-
*Tiket tersebut sudah termasuk masuk ke dalam wahana D’Topeng dan juga Runway 27 yang ada di dalam Museum Angkut Malang.

Jam operasional dari Museum Angkut Malang: 12:00WIB – 20:00WIB

Ada beberapa hal yang harus lo ketahui tentang charge tambahan yang ada di Museum Angkut Malang:

  • Tinggi badan 85 cm ke atas akan dikenakan pembayaran tiket penuh
  • Membayar tiket kamera jika ingin membawa kamera berjenis Polaroid, DSLR, Kamera Digital, Handycam, dan sejenisnya. Perkecualian adalah smartphone.

Selain itu, juga bisa membeli tiket terusan untuk yang ingin mencoba seluruh tempat wisata yang berada di bawah Jawa Timur Group. Tiket Sakti dari Jawa Timur Group:

Paket Sakti (berlaku 2 hari)       : Rp. 375.000,-
Paket Super Sakti (berlaku 3 hari) : Rp. 450.000,-
*Tiket tersebut akan berlaku untuk masuk ke Jatimpark 1, Museum Satwa Batu Secret Zoo, Eco Green Park, Predator Fun, Museum Tubuh, Museum Angkut dan Batu Night Spectacular.

Rute dan Lokasi Museum Angkut Malang

Jika dari arah Surabaya, untuk menuju Museum Angkut dapat ditempuh melalui dua cara, yaitu menggunakan kereta api atau bus. Jika menggunakan kereta api, Anda bisa menuju Stasiun Gubeng dan menumpang KA Singosari Ekspress  atau menumpang KA Penataran, dan berhenti di Stasiun Kota Baru. Setibanya di Stasiun Kota Baru, Anda bisa menumpang angkutan umum ADL atau AL  dan turun di Terminal Landungsari. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menumpang Bus Puspa Indah dan turun di depan Museum Angkut.

Jatim Park

Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 merupakan taman bermain yang berada di Kota Batu. Taman bermain ini menawarkan puluhan wahana yang unik dan cocok untuk anak-anak dan dewasa. Dengan harga tiket masuk Rp100.000 saat akhir pekan dan Rp70.000 saat hari biasa, akan tetapi di tahun baru 2020 tiket bisa saja berubah, kalian bisa merasakan sensasi berlibur yang mengasyikan.

Di Jatim Park 1, bisa bermain sampai puas di aneka wahana yang disajikan. Selanjutnya di Jatim Park 2, bisa menikmati dua atraksi yang menarik. Pertama ada Batu Secret Zoo yang berisi banyak satwa dari berbagai dunia dan yang kedua adalah Museum Satwa yang berisi koleksi hewan yang telah mati dan diawetkan untuk keperluan edukasi.

Kalau ingin datang ke tempat wisata di Jawa Timur tersebut, disarankan untuk datang saat hari biasa saja. Ketika hari libur atau akhir pekan tiba, kawasan ini akan penuh sesak sehingga Anda tidak bisa menikmati semua atraksinya dengan lengkap. Apalagi tahun baru sudah pasti sangat ramai sekali.

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah ikon dari Jawa Timur yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Setiap tahun, ribuan turis asing dari kawasan Eropa berdatangan ke tempat wisata di Jawa Timur ini, terutama saat musim panas. Mereka ingin melihat sendiri seperti apa kemagisan dari Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl ini.

Gunung yang terletak di Probolinggo ini menawarkan 3 pesona yang tidak bisa ditolak dengan mudah. Pertama adalah lautan pasir yang luas. Berjalan dari parkiran hingga ke puncak gunung akan membuat  seperti berada di gurun pasir. Kedua adalah pemandangan dari jauh yang Instaram-able. Dari kawasan Penanjakan bisa menyaksikan matahari terbit yang menembus kabut.

Ketiga adalah sensasi menunggang kuda di padang pasir. Kalau tidak kuat melakukan perjalanan, sewalah kuda hingga ke kaki gunung lalu kemudian naik tangga hingga ke puncak.

Kawah Ijen

Kawah Ijen telah berhasil menjadi ikon kedua dari Jawa Timur yang ketenarannya tidak kalah dengan Bali. Terletak di kawasan Banyuwangi, kawah dari gunung yang terus mengeluarkan belerang ini menjadi tujuan wisatawan yang ingin merasakan pendakian kecil sembari menyaksikan bentang alam yang menakjubkan.

Atraksi yang ditawarkan oleh tempat wisata di Jawa Timur ini adalah kegiatan penambang belerang yang unik. Ada puluhan orang menambang dari pagi untuk membawa bongkahan batu belerang dari gunung hingga ke bawah. Selain itu, Kawah Ijen juga memiliki blue fire yang merupakan salah satu fenomena alam terbaik di dunia.

Silhouette of tourists looking into the blue fire a flow of liquid sulfur which has caught fire and burns with an blue flame. Cater of the Kawah Ijen volcano, Java, Indonesia.

Saat dini hari, kawasan kawah di gunung ini memendarkan warna biru seperti api. Untuk bisa menyaksikannya, wisatawan harus berangkat pukul 01.00 atau 02.00 pagi agar sinar matahari tidak mengaburkan fenomena menakjubkan ini.

Gua Gong

yang terakhir adalah gua Gong, merupakan gua tercantik di Asia Tenggara yang menawarkan keindahan stalaktit dan stalakmit serta ukiran alam di dalamnya.

Begitu masuk ke dalam gua, wisatawan bisa menyaksikan aneka stalakit dan stalakmit yang besar. Beberapa batu yang terbentuk selama jutaan tahun itu diberi nama Jawa seperti Selor Giri, Selo Pakuan Buwono dan Selo Bantara Angin agar terlihat lebih menarik dan memiliki sensasi magis.

Sesuai namanya, beberapa bagian batu di gua akan berbunyi nyaring saat dipukul. Suara gong yang keras akan menggema sehingga mirip pertunjukan gamelan. Tidak mengherankan kalau kawasan gua yang cukup besar ini pernah dijadikan tempat konser musik 4 negara.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here