Taman Terinspirasi Alquran di Dubai

0
163
views

befren.com – Membuat sebuah pembangunan berskala besar telah mengubah wajah Dubai. Kota terbesar kedua di Uni Emirat Arab ini banyak disebut sebagai pusatnya kapitalisme Barat di Timur Tengah. Dubai mempunyai atraksi baru untuk para turis, sebuah taman yang memanfaatkan tanaman dan lanskap untuk menceritakan kisah-kisah dari ayat suci Alquran, yang menawarkan pengunjung pengalaman dengan sentuhan keagamaan.

Quranic Park

Taman Alquran atau Quranic Park telah menarik 100.000 pengunjung pada pekan pertama, kata pihak setempat seperti dilansir Reuters.

Taman Alquran menjawab permintaan atas atraksi religi di Uni Emirat Arab, saat Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi jadi tujuan wisata utama.

Taman edukasi, yang diharapkan dapat menarik pengunjung muslim dan nonmuslim, memiliki 12 taman, “Gua Mukjizat” dan danau terbelah yang menyimbolkan Nabi Musa membelah Laut Merah.

Pohon-pohon anggur, buah ara, delima dan zaitun memenuhi tamah seluas 64 hektare, menampilkan tanaman-tanaman bermanfaat secara medis yang disebut dalam Alquran dan sunah Nabi Muhammad.

Faeqa Akram, insinyur arsitektur Kota Dubai, mengatakan ada 45 jenis tanaman dalam sunah dan Alquran di taman tersebut, termasuk pisang, melon, bawang putih, bawang prei, jagung, lentil, gandum, biji adas, jahe, asam, kemangi, labu hingga mentimun.

Gua Mukjizat adalah gua buatan yang menggambarkan mukjizat yang berputar di sekitar para Nabi yang terjadi dalam Al-Qur’an. Beberapa penggambaran mukjizat yang dapat Anda saksikan antara lain mukjizat Nabi Ibrahim AS dalam menghidupkan empat burung, mukjizat Nabi Musa AS membelah laut, mukjizat Nabi Isa AS menciptakan burung dari tanah liat dan banyak lagi.

“Anak-anakku belajar tentang tanaman ini, dan mereka punya pertanyaan tentang Alquran dan mukjizat,” kata pengunjung bernama Omar al-Kaabi.

“Puji Tuhan kami mendapat jawabannya,” ujar dia sambil berdiri di dalam rumah kaca yang berisi sebagian dari tanaman itu.

Pengunjung juga bisa belajar tentang kisah Nabi Isa yang menghidupkan burung dari tanah, serta enam mukjizat dari nabi-nabi lain yang disebut dalam Alquran, menggunakan peta tiga dimensi dan tampilan hologram.

“Ini ide yang bagus, tepat di jantung agama Islam kami,” ujar Anan al-Hourani, pengunjung lain yang membawa putrinya ke taman.

“Pada saat yang sama, tempat ini bisa menyegarkan, dengan taman, tanaman dan pohon-pohon yang indah.”

Dikutip Khaleej Times, pengunjung dapat masuk ke taman tanpa biaya, kecuali ke Gua Mukjizat dan Rumah Kaca yang masing-masing mengharuskan pengunjung membayar 5 dirham (Rp19.000).

Pengunjung dapat mengunduh aplikasi Smart Guide, tersedia dalam delapan bahasa, untuk belajar lebih banyak tentang fasilitas dan tanaman di taman itu.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here