Rekomendasi Masjid Terkenal untuk Wisata Religi

0
375
views

befren.com – Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduknya mayoritas muslim. Maka dari itu, banyak sekali masjid yang dibangun cukup megah dan menawan.

Tak hanya dari segi arsitekturnya saja, fasilitas-fasilitasnya juga sangat lengkap dan keren. Gak heran kalau akhirnya dijadikan landmark di setiap daerah. Bahkan terkenal di kalangan turis mancanegara. Dan salah satunya merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

Tidak heran kalau saat ini masjid sering dijadikan tempat wisata religi. Selain meningkatkan spiritualitas, pengunjung juga bisa melihat kemegahan bangunannya.

Masjid terbaik di Indonesia nggak sedikit jumlahnya. Nggak cuma di Jawa, ada juga masjid di luar Jawa yang terkenal indah dan megah. Penasaran? Yuk langsung intip daftarnya berikut ini.

Masjid Dian Al Mahri atau yang sering disebut dengan Masjid Kubah Emas

Masjid Dian Al Mahri

Masjid Dian Al-Mahri jadi salah satu masjid terbaik di Indonesia dengan arsitektur yang memukau. Selain arsitektur bangunannya yang menarik.

Tidak hanya Monumen Nasional (Monas) saja, masjid di Jalan Raya Meruyung, Limo, Depok ini juga mempunyai kubah emas. Masjid ini memiliki lima kubah yang semuanya dilapisi emas setebal 2-3 milimeter dan mozaik kristal. Itu kenapa masjid Dian Al Mahri juga disebut sebagai Masjid Kubah Emas.

Bentuk kubahnya terinspirasi dari Taj Mahal di India dengan diameter tengah 20 meter dan tinggi 25 meter. Tak hanya kubahnya saja, bahkan relief hiasan di atas tempat imam juga terbuat dari emas 18 karat.

Masjid Agung Jawa Tengah dengan payung raksasa

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid terbaik di Indonesia ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin melihat kemegahan desain campuran Islam, Jawa, dan Romawi. Bangunan utamanya yang sangat luas beratapkan limas khas bangunan Jawa. Namun, di bagian ujungnya juga ada kubah besar seperti bangunan Timur Tengah pada umumnya.

Keunikan Masjid Agung Jawa Tengah atau MAJT ini adalah adanya payung raksasa seperti di Masjid Nabawi. Payung ini bisa melindungi jamaah dari teriknya sinar matahari saat salat Jumat. Selain masjid yang megah, kamu juga bisa naik ke menaranya dan melihat keindahan kota Semarang dari atas.

Masjid Agung Kudus, perpaduan budaya Hindu dan Islam

Masjid Agung Kudus

Beralih ke Kudus, kamu akan menemukan Masjid Agung Kudus yang unik. Bangunannya sekilas terlihat seperti kuil Hindu dengan bebatuan khas candi zaman dulu. Masjid ini sudah ada sejak 1549 yang dibangun oleh Sunan Kudus sebagai sarana penyebaran agama Islam di Jawa.

Masjid ini juga sering disebut sebagai Masjid Al Aqsa karena batu pertama yang digunakan untuk membangun masjid adalah batu Baitul Maqdis dari Palestina. Kalau kamu ingin melihat bagaimana keharmonisan dua budaya dan agama berbeda bisa langsung mampir ke Masjid Agung Kudus.

Masjid Al Irsyad Satya yang didesain oleh mantan walikota Bandung, Ridwan Kamil

Masjid Al Irsyad Satya

Berbeda dengan masjid lainnya, masjid ini berbentuk kubus dengan kaligrafi di sekeliling dindingnya. Selain itu, bangunannya juga modern dan minimalis tanpa banyak aksen. Di bagian dalam juga tampak simpel dan elegan dengan dominasi warna abu-abu.

Masjid ini cukup populer apalagi sempat jadi latar belakang adzan magrib di salah satu stasiun televisi swasta. Dengan sirkulasi udara yang baik, tanpa AC atau kipas angin udara di dalam masjid terasa adem. Nggak heran kalau Ridwan Kamil dapat pujian dari banyak orang karena telah mendesain masjid yang sangat keren ini.

Masjid Agung Madani, masjid bergaya Arabia dengan kubah besar

Masjid Agung Madani

Saat berada di Samarinda, jangan lupa untuk mengunjungi Masjid Agung Madani. Desain arsitektur bergaya Arabia membuat masjid ini terlihat megah dengan khas Timur Tengahnya. Bangunan utamanya dikelilingi arcade dan ada bangunan plaza untuk bersantai.

Pada malam hari, masjid ini semakin terlihat memukau dengan gemerlap lampu di sekellingnya. Di setiap sudutnya, ada menara yang membuat masjid ini semakin megah. Selain jadi tempat ibadah, Masjid Agung Madani juga punya perpustakaan dan poliklinik.

Masjid Tiban Malang yang katanya dibangun oleh jin

Masjid Tiban Malang

Salah satu masjid terbaik di Malang ini terkenal dengan mitosnya yang katanya dibangun oleh jin dalam waktu semalam. Memang kalau dilihat bangunan di masjid ini terlihat unik dan tidak biasa. Tapi, sebenarnya masjid ini dibangun oleh manusia biasa kok.

Masjid Tiban dibangun di atas lahan seluas 7 hektare pada 1968. Dengan 10 lantai dan banyak menara, pembangunannya membutuhkan waktu 10 tahun sehingga baru bisa diresmikan pada 1978. Arsitekturnya mengadaptasi gaya Spanyol sehingga terlihat tidak biasa di kalangan orang Indonesia.

Masjid Raya Baiturrahman di Aceh yang tetap megah meski diterjang tsunami

Masjid Raya Baiturrahman di Aceh

Masih ingat dengan masjid di Aceh yang masih berdiri kokoh setelah di terjang tsunami? Masjid Raya Baiturrahman saat itu jadi satu-satunya bangunan yang masih berdiri tegak. Meski ada beberapa kerusakan, tapi setelah 15 tahun berlalu kini sudah terlihat indah lagi.

Dengan kubah yang megah juga payung besar seperti di Mekkah, membuat masjid ini di sering dijadikan wisata religi. Nggak heran kalau masjid yang didirikan oleh Sultan Iskandar Muda pada 1612 ini jadi salah satu masjid paling indah di Indonesia.

Masjid Islamic Centre Samarinda, terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal

Masjid Islamic Centre Samarinda

Terletak di Samarinda, masjid terbaik ini jadi yang terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Dengan luas mencapai 43.500 meter persegi, nggak heran kalau Masjid Islamic Center Samarinda ini dinobatkan jadi yang terluas. Selain itu, pada dinding luar menaranya juga dihiasi lafadz Asmaul Husna yang terbuat dari batu granit.

Kubah masjid ini terinspirasi dari Masjid Haghia Sophia Istanbul, sedangkan menaranya terilhami dari Masjid Nabawi di Madinah. Jika dilihat dari jauh, akan sangat terasa suasana Timur Tengahnya. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan Sungai Mahakam yang memesona.

Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia tenggara

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal di Jakarta merupakan salah satu masjid terbaik dan juga terbesar di Asia Tenggara. Berdiri di atas lahan bekas Taman Wilhelmina, masjid ini dibangun luas dan megah. Keunikan lainnya dari masjid ini adalah letaknya yang berseberangan dengan Gereja Katedral. Hal ini jadi contoh bentuk tolerasi di Indonesia.

Bangunan utamanya berlapis marmer dengan lima lantai. Masjid ini bisa menampung ribuan jemaah yang ingin beribadah di sini. Masjid ini juga sering dijadikan sebagai pusat kegiatan organisasi Islam di Indonesia karena letaknya yang strategis.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here