Pesona Kepulauan Anambas Cocok untuk Mengabadikan Moment Liburan Terindahmu

0
331
views
Inilah pesona keindahan Anambas

Kabupaten Kepulauan Anambas sendiri pada masa pemerintahan kolonial belanda pernah menjadi pusat kewedanaan yakni berpusat di Tarempa. Ketika itu, Tarempa adalah pusat pemerintahan di pulau tujuh termasuk wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas yang disebut district dan Jemaja wilayahnya disebut Onderdistrict dengan ibukota Letung. Berdasarkan Surat Keputusan Delegasi Republik Indonesia tanggal 18 Mei 1956, Provinsi Sumatera Tengah menggabungkan diri ke dalam Wilayah Republik Indonesia, dan Kepulauan Riau diberi status Daerah Otonomi Tingkat II yang dikepalai Bupati sebagai kepala daerah yang membawahi 4 Kewedanaan

Sekarang tempat ini menjadi surga bagi mereka yang hobi diving, snorkeling dan scuba diving. Kecantikan bawah lautnya telah diakui tidak kalah dengan Indonesia Timur. Meski namanya kurang populer di kalangan wisatawan domestik, ternyata Anambas sudah sangat tersohor di kalangan turus asing, bahkan Pulau Anambas mendapat predikat pulau tropis terbaik pertama di Asia Tenggara. Kepulauan Anambas sendiri merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Natuna, beribukota di Pulau Tarempa.

Eksotisme Pulau Anambas Kepulauan Riau memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Bayangkan saja, Anda sedang berada di pulau terpencil yang dikelilingi lautan, airnya jernih dengan kombinasi biru dan kehijauan yang menyegarkan mata, hamparan pasir putih yang begitu lembut, serta atmosfer alami dengan hembusan angin semilir dari tengah laut. Siapapun pasti langsung terpesona. Apalagi jika anda hobi berat dengan aktivitas bawah air, seperti scuba diving, menyelam, dan snorkeling.

Tak lengkap rasanya mengunjungi Pulau Anambas tanpa mengeksplorasi pulau-pulau disekitarnya. Beberapa obyek wisata yang menarik di tempat ini diantaranya adalah Pulau Selai, Pulau Bawah, Pulau Berhala serta Pantai Padang Melang. Masing-masing tempat wisata tersebut mempunyai keistimewaan sendiri. Seperti di Pulau Selai, Pulau Selai ini berada di paling timur Kepulauan Anambas. terdapat beberapa titik penyelaman yang cocok untuk para pemula yang ingin mencoba olahraga menyelam. Dengan jangkauan pandangan yang cukup jauh, yaitu sekitar 30 meter, Anda bisa saksikan tiap objek yang tertanam kokoh di dasar laut hingga terumbu karang dan ikan cantik yang berwarna-warni.

[artikel number=5 tag=”travel” ]

Sedangkan di Pulau Bawah terdapat sebuah laguna atau danau air laut kecil yang terletak di lautan dangkal dimana Anda bisa dengan jelas melihat ikan-ikan maupun terumbu karang dari atas permukaan air. Pantai Padang Melang juga tidak kalah menariknya. Pantai ini merupakan pantai terpanjang yang ada di Kepulauan Anambas, dengan hamparan pasir putih bertekstur landai sepanjang 7 km, bentuk pantainya yang melengkung dan dikelilingi oleh perbukitan.

Satu sisi yang menarik adalah beberapa pulau di Anambas menjadi tempat favorit para penyu untuk bertelur, salah satunya pulau Durai. Di pulau ini, dapat dipastikan setiap hari ada penyu yang “naik” untuk bertelur. Saat momen menetas tiba, satu per satu penyu kecil merayap untuk bisa sampai ke tepi pantai. Untuk Pulau Berhala, Pulau ini sangat indah serta merupakan salah satu lokasi menyelam maupun snorkeling terbaik yang ada di Kepulauan Anambas. Selain itu masih ada beberapa obyek wisata menarik lainnya seperti Pantai Temawan yang cukup unik serta Pulau Mengkait yang merupakan kampung nelayan yang masih cukup alami yang bisa Anda kunjungi.

Akses menuju Kepulauan Anambas bisa dikatakan cukup sulit, Ada 2 cara yang bisa Anda tempuh untuk bisa sampai sana, yaitu pertama melalui jalur laut dengan menumpang Kapal PELNI yang berlayar 2 minggu sekali, serta Kapal Perintis namun dengan jadwal keberangkatan yang tidak pasti dengan waktu tempuh lebih dari 12 jam. Cara yang kedua tentunya menggunakan transportasi udara, dengan menaiki pesawat dari Tanjung Pinang atau Batam. Pesawat dari Tanjung Pinang hanya menuju bandar udara Natuna sedangkan pesawat dari Batam dapat menuju bandar udara Natuna dan Matak. Dari Matak dilanjutkan menggunakan perahu menuju Tarempa yang merupakan bagian dari ibukota Kepulauan Anambas.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here