Pantai di Sumatera Barat yang Emang Keren Banget

0
207
views

befren.com – Kota Padang merupakan kota terbesar di Sumatera Barat sekaligus merupkan ibu kota provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia.

Kota Padang memiliki wilayah seluas 694,96 km² dengan kondisi geografi berbatasan dengan laut dan dikelilingi oleh perbukitan dengan ketinggian mencapai 1.853 mdpl. Namun, ternyata Padang juga menyimpan pesona alam yang tak kalah keren dengan kota-kota besar lainnya.

Pesona alamnya bisa kamu nikmati dari pantai-pantai yang ada. Sebagai tujuan utama destinasi wisata di Sumatera Barat, Kota Padang memiliki banyak sekali wisata yang perlu kamu kunjungi, Penasaran apa saja yang ada di Padang?

Pantai Pasumpahan

Pantai Pasumpahan yang berada di Pulau Pasumpahan ini menjadi salah satu pantai dengan panorama alam terindah di Padang, Sumatera Barat.

Pulau Pasumpahan adalah Pulau yang terletak di Perairan Teluk Bungus. Di Teluk Bungus ini juga banyak pulau yang lainnya yang berdekatan dengan Pulau Pasumpahan ini, di antaranya yaitu Pulau Sironjong, Pulau Pagang, Pulau Suwarnadwipa, Pulau Pamutusan dan Pulau Sikuai. Wisata pulau ini adalah salah satu tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun luar Propinsi.

Ketika anda mengunjungi Sumatera Barat tidak salahnya mengunjungi Pulau Pasumpahan ini, karena Pulau ini memiliki pesona wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi. Hamparan pantai putih ini berpadu denagan airnya yang sangat jernih dan menjadikan surganya wisatawan karena pemandangan yang sangat luar biasa indahnya.

Pantai Air Manis

Pantai bernama Pantai Air Manis. Masih ingat legenda Malin Kundang? Legenda tersebut menceritakan seorang saudagar kaya yang durhaka dan dikutuk oleh ibunya jadi batu.

Di Pantai Air Manis ini ada sebuah relief batu yang menyerupai pecahan kapal dan seseorang yang tertelungkup di pasir pantai. Konon, batu tersebut adalah jelmaan dari Malin Kundang setelah dikutuk oleh ibunya. Nah, keberadaan batu Malin Kundang ini cukup berhasil memopulerkan Pantai Air Manis.

Pantai Caroline

Pantai Caroline memiliki kharisma tersendiri. Pasir putih di tepi pantai Padang ini semakin lengkap dengan pepohonan hijau yang berbaris dipinggirannya. Mayoritas pepohonan tersebut adalah pohon kelapa yang landai. Jika kamu berkunjung pada saat cuaca cerah, riak ombak akan memanggil-manggil jiwa petualangan kamu untuk merasakan riuhnya air laut. Pantai di Sumatera Barat ini juga merupakan surga bagi kamu yang gemar surving. Ombaknya sangat menantang untuk ditaklukkan. Tidak hanya itu saja, memancing atau sekedar bermain sepak bola bersama teman-teman kamu juga akan menjadi aktivitas menyenangkan, yang dapat Anda lakukan di Pantai Caroline.

Pantai Caroline juga menyimpan panorama kekayaan alam bawah laut, berupa terumbu karang aneka macam dan ikan hias yang sangat menawan. Sehingga cocok sekali untuk sejenak kamu dengan menyelam. Seni alam ini akan terasa lebih lengkap dengan turut menjelajahi pulau-pulau kecil di kawasan Teluk Bunguih dan Perairan Kota Padang Sumatera Barat. Diantaranya seperti Pulau Pisang Ketek, Pulau Pisang Gadang, Pulau Kasiak, Pulau Talena, Pulau Pasumpahan dan Pulau Sirandah.

Pantai Padang

Pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Padang. Pantai ini berada di pusat Kota Padang.

Meski hamparan pasir yang dimiliki tidak terlalu luas, kamu masih bisa menikmati panorama ombak kecil dan perbukitan hijau yang sering disebut Gunung Padang.

Berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya, Pantai Padang sudah dibangun lebih modern dan dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai, mulai dari area bermain anak hingga pusat kuliner.

Pantai Nirwana

Pantai lain yang bisa kamu temukan di Kota Padang adalah Pantai Nirwana. Letaknya hanya 14 km dari pusat ibu kota Sumatera Barat. Keindahan pantai ini sudah terkenal sejak zaman kolonial Belanda.

Untuk penggemar fotografi, panorama senja di pantai Nirwana merupakan salah satu objek terbaik untuk melakukan hunting foto. Pantai di Padang satu ini memiliki ombak yang tenang dibalut hamparan pasir putih bertekstur halus. Dari sini kamu juga bisa memandang hiruk-pikuk kegiatan berlabuhnya kapal-kapal di pelabuhan Teluk Bayur.

Beberapa pantai di atas merupakan objek wisata pantai terfavorit di Kota Padang, Sumatera Barat. Indahnya pemandangan yang dimiliki oleh pantai tersebut sebaiknya sama-sama kita jaga.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here