Pada 2019 Vietnam Menargetkan 18 Juta Wisatawan Mancanegara

0
890
views

befren.com – Vietnam adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara, tepatnya di kawasan semenanjung Indochina. Negara yang memiliki nama lengkap Republik Sosialis Vietnam ini merupakan negara komunis yang hanya mengakui satu partai yaitu Partai Komunis Vietnam (Communist Party of Vietnam atau disingkat dengan CPV).

Vietnam bahkan disebut sebagai Asia’s Leading Destination untuk pertama kalinya dalam ajang World Travel Awards 2018.

Vietnam National Administration of Tourism (VNAT) mengadopsi sistem indikator untuk mengevaluasi destinasi wisata dan kode etik pariwisata di negeri tersebut.

Selain itu VNAT disebutkan juga memperkuat manajemen agen perjalanan dan pemandu wisata, meningkatkan kesadaran akan pentingnya kualitas di antara penyedia layanan pariwisata, pemerintah daerah, dan otoritas pariwisata serta aktif memenuhi permintaan pengunjung dari pasar yang berbeda.

Jadi di Vietnam ada berbagai produk pariwisata yang disesuaikan dengan preferensi wisatawan sesuai asal negara. Misalnya wisata budaya, wisata berbasis laut, wisata lingkungan, wisata petualangan, atau resor liburan mewah.

VNAT juga mengandalkan destinasi populer di Vietnam seperti Ha Long, Phu Quoc, dan Da Nang untuk mendongrak citra pariwisata Vietnam di luar negeri. Vietnam juga mengukuhkan pariwisata sebagai sektor ekonomi utama, dengan undang-undang pariwisata yang direvisi.

Phu Quoc

Termasuk di dalamnya adalah pembebasan visa terjadap lima negra Eropa Barat dan penerbitan e-visa untuk 46 negara. Alhasil pada 2018, pertumbuhan Vietnam mencapai 29,1 persen menjadi pertingkat ke tiga tertinggi di dunia. Dengan kedatangan wisatawan mancanegara sampai Desember 2018 mencapai 15 juta wisatawan mancanegara.

Pada 2019, Vietnam menargetkan 18 juta wisatawan mancanegara dan masih terus merlakukan pembenahan aturan pariwisata, pembangunan infrastruktur pariwisata, dan pengembangan digital untuk pariwisata.

Target besarnya pada 2025, Vietnam dapat mendatangkan 32 juta wisatawan mancanegara dan pergerakan 130 juta wisatawan domestik. Dengan pemasukan dari pariwisata mencapai 45 miliar dollar AS dan menjadi negara dengan pariwisata paling maju se-Asia Tenggara.

Di bidang perekonomian

Vietnam merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang memiliki pertumbuhan ekonomi tinggi yaitu sekitar 6,8% pada tahun 2017. Pendapatan Domestik Bruto Vietnam adalah sebesar US$ 648,7 miliar dan Pendapatan Perkapitanya adalah sebesar US$ 6.900,-. Industri-industri penopang ekonomi Vietnam adalah industri-industri yang berkaitan dengan pertanian seperti beras, kopi, karet, teh, merica, tebu, pisang, kacang kedelai, Unggas dan perikanan. Selain industri pertanian atau agrikultur, Industri-industri yang penting bagi perekonomian Vietnam diantara adalah industri pertambangan, batu bara, baja, garment, pengolahan makanan, sepatu, semen, ban, pupuk kimia dan produk elektronik seperti ponsel.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here