Menikmati Mandi Air Panas Wisata Guci Dilereng Gunung Slamet

0
208
views

befren.com – Nama Guci, konon berasal dari zaman Wali Songo. Untuk menyebarkan agama Islam di Jawa Tengah bagian barat, khususnya di sekitar Tegal diutuslah seorang wali.

Wali tersebut dibekali air yang ditempatkan di dalam sebuah guci atau poci. Masyarakat percaya bahwa air dalam guci tersebut bisa berkhasiat sehingga berbondong-bondong meminta kepada sang wali.

Namun karena jumlah air tersebut jumlahnya terbatas, padahal masyarakat yang ingin menikmatinya begitu banyak, maka sang wali kemudian menancapkan tongkatnya ke tanah.

Ketika tongkatnya dicabut, ajaib, dari lubang di tanah bekas tongkat yang ditancapkan mengalir air panas.

Air panas tersebut sampai kini masih mengalir dan dimanfaatkan masyarakat menjadi pemandian. Dan tempat tersebut kemudian terkenal dengan nama Guci.

Kejadian tersebut konon terjadi di tengah malam saat Malam Jumat Kliwon. Sehingga, sampai kini setiap malam Jumat Kliwon, banyak masyarakat datang ke Guci untuk berendam.

Apabila hari minggu atau libur sekolah biasanya Guci dipadati pengunjung hingga terkadang kita sangat sulit untuk dapat menikmati air panas di pemandian air panas terbuka.

Di dekat lokasi pemandian, kita juga dapat menjumpai beberapa air terjun seperti air terjun Jedor, air terjun Sruwit, air terjun Sigedong, air terjun Pengantaian, air terjun Kembar, air terjun Awu dan air terjun Capit Urang.

Setelah berbasah-basahan di air panas, kita juga dapat menggunakan kuda wisata, sepeda gantung dan hiburan lainnya  untuk berkeliling dan menikmati suasana kawasan wisata Guci. Di Kawasan ini juga terdapat beberapa toko untuk membeli souvenir dan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Pemandian Air Panas Guci sendiri dapat dicapai melalui kabupaten Tegal maupun kota Purwokerto. Sepanjang perjalanan menuju Guci, mata kita dimanjakan dengan pemandangan nan indah dengan perkebunan sayur mayur beraneka rupa di sisi kanan kiri jalan.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here