Mendaki Gunung Sumbing

0
132
views

befren.com – Biasanya  para pecinta alam atau seorang penakluk gunung sejati, tidak akan puas hanya menginjakkan kakinya di satu gunung saja. Mereka akan mencari gunung-gunung yang lain untuk melampiaskan hasratnya. Nah! kali ini befren akan rekomendasikan salah satu gunung yang ada di Jawa Tengah. Yah, namanya Gunung Sumbing. Dalam pendakian Gunung Sumbing akan memberikan adrenalin yang luar biasa. Karena gunung ini merupakan gunung tertinggi ketiga di pulau jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Selamet dengan tinggi sekitar 3.771 di atas permukaan laut.

Jalan menuju puncak gunung pun berliku dan terjal, perlu kesungguhan ekstra untuk anda yang ingin menaklukan puncak dan rintangan, hingga bisa melihat keindahan alam yang ada.

Dan ternyata jika terus ditelusuri, di antara gunung Sumbing dan Sindoro ini menjadi jalur provinsi utama yang menghubungkan antar kota Wonosobo dan Temanggung. Namun masyarakat setempat lebih mengenalkan jalan ini dengan sebutan “Kledung Pass.”

Tidak hanya mitos cerita rakyat tentang anak sumbing yang melegenda di daerah ini, tetapi jangan heran apabila anda melihat banyak anak gimbal di sekitar lereng gunung. Anak-anak kecil di daerah ini dibiarkan berambut gimbal dan dianggap sebagai karunia dari para dewa.

Jika mendaki Gunung Sumbing tepat pada km 5 dari titik pendakian, maka akan dibuat terpesona dengan keindahan tempat yang di kelilingi padang rumput, jurang dan tanah merah. Tempat ini disebut Pasar Setan oleh warga setempat dan biasanya di pakai para pendaki untuk mendirikan tenda dan beristirahat.

Tidak hanya banyaknya cerita mitos dan mistis di Gunung Sumbing, tapi kamu juga bisa melihat hampir seluruh gunung di Jawa Tengah dari puncaknya gunung ini. Setelah lelah mendaki untuk sampai di puncak gunung, tampak terlihat indahnya gunung di Jawa Tengah, seperti halnya Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Prau, Slamet, Lawu, Ungaran, Telomoyo hingga Gunung Andong. Keindahan gunung-gunung ini terbentang seluas cakrawala, tidak hanya bisa menghilangkan lelah dan letih selama pendakian.

Menikmati keindahan sunset dari puncak gunung kembar ini pantas kalian abadikan, karena momen disini sungguh luar biasa untuk selalu di kenang. Hamparan pemandangan yang hijau dan mempesona, sungguh akan menyegarkan mata. Tidak ada salahnya berhenti sejenak melepas penat sambil menikmati panorama luar biasa.

Terlepas dari keindahan alamnya, kita pasti akan bertemu atau melewati jalur ekstrim yang dapat memicu adrenalin saat berusaha untuk mencapai puncak. Jalur itu adalah tebing yang kita kenal sebagai penantang maut, maka akan membahayakan jika kita tidak hati-hati saat melewatinya.

Ingin merasakan indahnya negeri di atas awan seperti kisah Fedi Nuril sebagai Genta di film 5 cm? Semuanya bisa kamu temukan dengan mencapai puncak Gunung Sumbing.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here