Inilah Tangga Terekstrim di Dunia yang harus Kamu Ketahui

0
474
views

befren.com mengumpulkan data tentang tangga terekstrim di dunia. Mungkin kamu pernah menaiki tangga dan itu mungkin sudah biasa kamu lakukan, tapi kalau melihat tangga-tangga di bawah ini, bisa-bisa bulu kudukmu langsung berdiri mengapa begitu? Iya lihat saja foto-foto yang sangat ekstrim ini

01

Haiku Stairs, Hawai

Pemandangan indah Haiku Stairs

Walaupun memanjat tangga ini ilegal namun banyak dari wisatawan yang penasaran yang berusaha untuk memanjatkan. Resikonya jelas ditanggung sendiri jika Anda salah melangkah. Kebanyakan orang menyebut tempat ini dengan nama Stairway to Heaven (Tangga ke Surga), tapi nama resminya adalah Haiku Stairs. Pemandangan super cantik dari Kaneohe, mulai dari perkotaan, pegunungan di sebelahnya, sampai garis pantai hingga laut yang kelihatan tak berbatas bisa kamu lihat dari atas puncaknya. Tapi, untuk mencapai puncak, kamu harus melewati 3.922 anak tangga yang di beberapa tempat curamnya bisa tiba-tiba bikin kamu takut ketinggian!

Pemandangan di Haiku Stairs

02

Chand Baori, India

Chand Baori

Sesungguhnya tempat ini berfungsi sebagai penyimpanan air. Di lantai paling dasar suhu udaranya bisa mencapai 5-6 derajat lebih dingin. Salah satu sumur tangga (stepwell) tertua, dan dianggap sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Struktur persegi yang luar biasa ini memiliki 13 lantai yang mendalam, dan berjajar di sepanjang dinding di tiga sisi adalah anak-anak tangga ganda. Ada 3.500 anak tangga sempit diatur dalam simetri yang sempurna menurun ke dalam sumur yang berkedalaman 20 meter menuju ke genangan air hijau yang keruh. Dibangun pada abad ke-8 dan ke-9 oleh Raja Chanda dari Dinasti Nikumbha, untuk menyediakan sumber air yang diandalkan selama berabad-abad untuk daerah sekitarnya sebelum sistem pengirimana air modern diperkenalkan. Air hijau di dasar sumur membuktikan, sumur tidak lagi digunakan, tapi struktur arsitektur yang mengesankan yang berusia lebih dari 1000 tahun, tetap menarik orang untuk mengunjunginya. Ada juga sebuah kuil yang berdampingan dengan sumur itu untuk dikunjungi.

[artikel number=5 tag=”travel” ]

Chand Baori

Kompleksitas geometrik yang seakan muncul tanpa henti didinding sumur adalah tangga-tangga dan lintasan yang memastikan bahwa orang-orang Rajput memiliki akses ke air setiap saat sepanjang tahun, dan dari semua sisi. Alasan di balik pembangunan tangga-tangga yang rumit juga tidak sepenuhnya jelas. Beberapa percaya bahwa itu digunakan sebagai tempat pemanenan air. Rajasthan adalah tempat yang kering, dan karenanya, setiap ons air sangat berharga. Besarnya mulut sumur berfungsi sebagai corong penangkapan hujan yang berkontribusi pada air yang merembes masuk dari batuan berpori di bagian bawah. Selain sebagai sumber air, Chand Baori juga menjadi tempat pertemuan komunitas bagi penduduk setempat Abhaneri. Warga kota menggunakan sumur ini untuk duduk-duduk disekelilingnya sambil mendinginkan tubuh (ngadem) selama hari-hari musim panas. Di bagian bawah sumur udaranya selalu sekitar 5-6 derajat lebih dingin daripada di atas.

03

El Penon de Guatape, Kolombia

El Penon de Guatape

Pada zaman dulu, penduduk lokal Kolombia yakni Suku Tahamies diketahui pernah menyembah batu ini. Batu ini ditemukan oleh para petani lokal pada tahun 1900-an. Batu yang diperkirakan memiliki berat 10 juta ton itu dianggap sebagai pengganggu ladang mereka.

Saat ini, batu raksasa telah berubah menjadi objek wisata yang layak untuk untuk dikunjungi traveler yang berkunjung ke kota itu. Pemandangan indah akan terlihat memukau dari atas batu.

El Penon de Guatape

Dapat digambarkan bahwa hampir seluruh permukaan batu tidak berongga alias mulus. Ia memiliki satu celah yang dan sekarang terdapat anak tangga zig-zag sebanyak 649 buah.

Pada tahun1970-an, daerah sekitar batu pernah dipagari. Namun tak bertahan lama karena Pemerintah Kolombia menjadikannya sebagai monumen nasional

04

Mount Huashan, China

Mount Huashan, China

Tangga ini cukup “gila” karena kemiringannya yang hampir 90 derajat alias tegak. Tangga ini hanya bisa dinaiki dengan cara berpegangan erat pada rantai di kedua sisinya, sehingga ini menjadi tempat uji nyali paling menakutkan di muka bumi. Bagi kamu yang takut akan ketinggian, jangan sekali-kali mencoba menuruni gunung Huashan yang curam. Gunung ini berada di Kota Huayin, Cina, dan memiliki rintangan luar biasa untuk ditaklukkan.

Mount Huashan, China

Agar kamu bisa sampai puncak atau kaki gunung, kamu harus menuruni dan mendaki jalanan curam. Jalanan ini mempunyai banyak kejutan mengerikan dan menakutkan bagi para pendaki. Tetapi, bila kamu berhasil menaklukkannya, ada kepuasan tersendiri untuk melakukan olahraga ekstrim ini. Kamu bisa melihat pemandangan luar biasa indah yang disuguhkan oleh gunung ini. Jalan pendakian yang tersedia sangat sempit dengan kanan kiri jurang curam.

05

Wayna Picchu, Peru

Wayna Picchu

Salah satu situs suku Inca yang terkenal adalah Macchu Picchu dan untuk melihat situs tersebut dengan jelas, traveler harus menaiki gunung di seberangnya. Nah, nama gunung ini adalah Wayna Picchu. Terletak tak jauh dari situs Macchu Picchu di Aguas Calientes di Peru. Cara naik ke gunung ini tidak mendaki seperti naik gunung kebanyakan. Wisatawan yang ingin naik ke puncaknya bisa menapaki tangga yang membentang dari bawah hingga puncaknya. Tak lurus, tangga ini terlihat berantakan dan sangat curam.

Nah! itu dia tangga yang paling ekstrim di dunia sebenarnya masih banyak yang terekstrim tapi befren hanya memberikan lima saja. Apakah kamu berani mendakinya?

 

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here