Ingin Melihat Nuansa Kuning, Tidak ada Salahnya Jika Berkunjung di Gua Kuning Kangean, Madura

0
236
views
Gua Kuning Kangean - Madura

befren.com – Gua Koneng disebut juga gua kuning karena gua ini cenderung berwarna kuning. Banyak orang menganggap bahwa gua ini merupakan tempat bertapa Potre Koneng yang merupakan ibu dari Jokotole karena dilihat namanya yang tak jauh beda. Namun, tempat ini bukan tempat bertapa Potre Koneng karena tempat bertapa beliau berada di Gunung Geger Kabupaten Bangkalan.

Meski merupakan goa buatan, ternyata Gua Kuning justru menjadi tempat wisata Kangean paling banyak dikunjungi saat musim liburan tiba.

Gua Kuning menyimpan sejarah karena termasuk tempat persembunyian ketika masa penjajahan Belanda.

Bahkan di bagian dalam gua masih tersimpan beragam perabotan rumah tangga yang terbuat dari batu. Kemungkinan besar, para warga bersembunyi dalam waktu lama saat itu.

Gua Kuning saat ini menjadi objek wisata bersejarah yang ramai ketika musim liburan setiap tahunnya. Berada di Dusun Nyamplong Undung, Desa Kalikatak, Arjasa, Kangean, tempat ini mudah dijangkau wisatawan.

Gua Koneng berjarak 5 km dari pusat kota Arjasa. Di pinggir jalan kurang lebih 1 Km dari pesisir pantai Pulau Kangean. Sebelah baratnya terdapat pagar-pagar kayu yang seperti membatasi satu lahan.

Warna bebatuan yang dominan kuning membuat nuansa gua tampak menawan. Disekitar kawasan Gua juga terdapat lokasi bersemedi, sehingga nuansa mistis pun masih cukup kental.

Wisata alam ini, resmi dibuka oleh pemerintahan desa setempat sejak hari Minggu 31 Desember 2017. Saat ini, mulai ramai dikunjungi warga. Spot-spot selfie yang dibuat keren dengan warna mayoritas kuning dengan kombinasi alam yang masih alami membuat pengunjung betah berlama-lama. Bahkan, kaula muda-mudi tak pernah sepi saat liburan.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here