Gunung Paling Seram Penuh Misteri di Jawa Barat

0
152
views

befren.com – Keindahan akan sebuah gunung memang tidak bisa dipungkiri, apalagi mereka yang suka mendaki, dan pecinta suasana alam. Dengan melakukan aktifitas pendakian, suasana hati sangat tentram dan serasa bisa menyatu dengan alam sekitar.

Terlepas dari semua itu, setiap tempat pasti menyimpan misteri, baik yang sudah diketahui publik maupun belum terekspos oleh manusia secara langsung.

Untuk itu befren akan mengupas sekilas gunung gunung yang memiliki misteri yang paling fenomenal.

1.Gunung Gede

Gunung Gede

Gunung Gede dan Gunung Pangrango masuk dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango.

Terakhir kali Gunung Gede meletus terjadi pada Maret 1957.Gunung Gede terletak diantara Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Gunung Gede berjenis stratovolcano atau gunung api aktif berbentuk kerucut. Dibalik keindahan gunung tersebut, tak luput juga dengan sisi mistisnya. Dilansir dari berita detik tentang guru SMA yang tersesat di gunung gede.

Berawal hari pertama Yusup dikabarkan hilang, warga setempat dan rekan-rekannya melakukan pencarian hingga ke lokasi terakhir Yusup berada. Ternyata teriakan warga didengar Yusup dengan jelas, namun entah mengapa Yusup mengalami kesulitan ketika membalas teriakan warga.”Tidak hanya malam, tapi juga sore menjelang petang pengalaman itu saya alami. Hari pertama suara saya mendadak kecil, lamat-lamat dari jauh saya mendengar orang memanggil nama saya ketika saya menjawab dengan teriakan suara saya kecil dan nggak keluar,” kata Yusup kepada detikcom di Kampung Kongsi RT 1 RW 1 Desa/Kecamatan Caringin, Sukabumi, Jawa Barat.

2.Gunung Salak

Gunung Salak

Gunung Salak berusia relatif tua sehingga memiliki beberapa puncak. Geoposisi puncak tertinggi gunung ini ialah 6°43′ LS dan 106°44′ BT dan dinamakan Puncak Salak I dengan ketinggian puncak 2.211 m dari permukaan laut (dpl.).

Walau memiliki nama yang terdengar mirip seperti buah, ternyata Gunung Salak tidak punya hubungan dengan salak. Nama ‘Salak’ yang disematkan pada gunung di kawasan Jawa Barat ini berasal dari bahas Sanskerta ‘Salaka’ yang berarti Perak. Menurut kepercayaan Sunda, Gunung Salak dianggap sebagai salah satu gunung suci. Karena menjadi tempat menghilangnya Prabu Siliwangi, pendiri kerajaan Padjajaran sekaligus lokasi turun dan bersemayamnya para batara dari kayangan.

Baru-baru ini, ada netizen yang membagikan sebuah foto di curug yang lokasinya berada di gunung salak. Dalam foto yang dibagikan akun @bebasih tersebut, nampak dua orang yang sedang mencuci perlengkapan.

Namun, bukan itu yang mencuri perhatian, melainkan sesosok bayangan yang berada di atas mereka. samar-samar, nampak wajah yang menyeramkan dari balik dedaunan.”Jadi mau cerita sedikit nih, pas ke curug kemarin apa ada yang liat kejanggalan di foto ini?” tulis pemilik akun foto.Si empu foto, yakni akun Instagram adenovrd, bahkan melingkari sosok tersebut agar memudahkan orang untuk melihatnya.

3.Gunung Halimun

Gunung Halimun

Dalam istilah Sunda, Halimun memiliki arti ‘kabut’. Konon nama ini dipilih karena Gunung Halimun sering sekali berkabut, bahkan bisa dibilang setiap saat.Gunung Halimun sendiri berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, berdampingan dengan Gunung Salak yang terkenal mistis.

Tak kalah mistis dengan Gunung Salak, di Gunung Halimun juga banyak terjadi kejadian mistis. Konon Gunung Halimun adalah benteng Kerajaan Siliwangi. Sehingga jika ada orang yang lewat di gunung ini konon akan mengalami kejadian mistis. Bahkan burungpun akan mati jika melintas di atas wilayahnya.

Kejadian hilang dan kecelakaan pesawat yang terbang di Gunung bahkan dikait-kaitkan dengan kejadian ini.

4.Gunung Pangrango

Gunung Pangrango

Gunung Pangrango adalah gunung berapi aktif di Jawa Barat, Indonesia. Gunung Pangrango juga merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat setelah Gunung Ceremai.

Gunung Pangrango terletak persis bersebelahan dengan Gunung Gede dan berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango.Pada tahun 1889, atas usulan Treub, sebidang hutan pegunungan seluas 240 hektare di atas kebun raya tersebut hingga ke wilayah sekitar Air Panas ditetapkan sebagai cagar alam oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Kawasan Gunung Gede dan Pangrango merupakan tempat bersemayam Pangeran Surya Kencana.Beliau bersama rakyat jin, menjadikan alun – alun sebagai lumbung padi yang disebut Leuit Salawe, Salawe Jajar, dan kebun kelapa salawe tangkal, salawe manggar.

Petilasan singgasana Pangeran Surya Kencana berupa sebuah batu besar berbentuk pelana. Sampai sekarang, petilasan itu masih berada di sedang alun-alun, dan disebut Batu Dongdang yang dijaga oleh Embah Layang Gading.

5.Gunung Ceremai

Gunung Cereme

Gunung yang berasal dari kata Cereme ini, sering disebut juga sebagai atapnya bumi pasundan.

Hal ini karena gunung tersebut adalah yang tertinggi di Jawa Barat. Gunung ini tingginya 3.078 mdpl.Gunung Ceremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Letaknya di antara Kabupaten Kuningan dan majalengka. 

Terlepas dari itu gunung tersebut juga menyimpan sebuah misteri. Awal mula kisah Nyi Linggi yang dikenal masyarakat hadir entah dari mana asalnya. Sosok Nyi Linggi erat dikaitkan sebagai si empu yang pernah menempati batu lingga.

Ia menempati batu tersebut setelah turunnya Sunan Gunung Jati dari pengasingannya.Cerita yang beredar, Nyi Linggi melakukan pertapaan ditemani dua ekor macan kumbang. Ia bersemedi untuk menguasai ilmu tertentu.

Sayangnya, belum sempat prosesi ritual selesai, Nyi Linggi meninggal dunia. Dua ekor macan kumbang yang menjaganya konon menghilang tanpa bekas.Suara-suara asing yang biasa terdengar di gunung memang mengundang rasa keingintahuan para pendaki.

Salah satu kisah misteri di Gunung Ciremai berupa suara gamelan jawa yang penuh misteri.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here