Aturan Baru untuk Camping di Ranu Kumbolo

0
410
views
Suasana pemandangan Ranu Kumbolo

S

alah satu cara untuk menikmati Gunung Semeru di Jawa Timur adalah dengan berkemah di Ranu Kumbolo, merupakan  base camp di daerah tersebut.

Terkenal dengan danau dengan air biru kehijauan dan bukit-bukit hijau di sekitarnya, tempat ini populer di kalangan wisatawan dan pendaki. Namun, ketenaran juga telah membawa polusi ke daerah tersebut.

Dewan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) telah mengevaluasi aturan bagi mereka yang berkemah di Ranu Kumbolo, dan memberlakukan aturan baru Sabtu lalu.

Wisatawan Ranu Kumbolo

01

Batasan untuk mendirikan tenda

Ada titik-titik pembatasan yang jelas untuk tenda, dengan jarak minimum 15 meter dari tepi danau untuk meminimalkan polusi.

“Tidak jarang menemukan orang melemparkan makanan ke danau, mengatakan mereka memberi makan ikan. Tetapi ikan telah hidup di danau selama ratusan tahun sendiri, tidak perlu membuang sampah sembarangan dengan memberikan makan ikan

02

Area berkemah

Seperti tahun-tahun sebelumnya, daerah ini terletak di savana dekat pos keempat, dekat tempat penampungan di belakang bukit yang melingkari Ranu Kumbolo.

Jangan mendirikan tenda di luar daerah, karena ada beberapa tempat yang dianggap sakral oleh penduduk desa.

[artikel number=5 tag=”travel” ]

03

Mencuci

Mencuci diizinkan oleh TNBTS, jika dilakukan setidaknya 15 meter dari tepi danau.

Wisatawan diharuskan menggali lubang di tanah jika mereka memiliki sisa makanan, sehingga limbah tersebut dapat terurai secara alami.

Sukaryo menyarankan, “Jika Anda perlu mencuci peralatan, ambillah air dari danau menggunakan botol air mineral. Jangan langsung mencuci peralatan di danau, karena mereka biasanya diwarnai dengan minyak yang dapat mencemari danau.

04

Berenang dan mandi

Salah satu aturan lama masih ditegakkan adalah bahwa berenang dan mandi di danau tidak diperbolehkan. Ini karena danau memiliki kedalaman 28 meter dengan suhu ekstrim.

“Suhu tidak dapat diprediksi. Pada tahun 2005, ketika dua pasangan berenang di danau, mereka menderita kram dan kemudian tenggelam. Mereka ditemukan mati tiga hari kemudian.

05

Menyalakan api

Hal lain yang terlarang adalah menyalakan api unggun, terutama mengingat menurunnya jumlah pohon di daerah Ranu Kumbolo.

TNBTS menyediakan tempat yang aman untuk menyalakan api unggun di dekat tempat perlindungan, tempat bagi para pelancong untuk bertemu dan bersosialisasi.

06

kamar mandi

Wisatawan dituntut untuk menemukan tempat setidaknya 15 meter dari tepi danau.

Mereka diizinkan untuk menggunakan toilet yang baru dipasang di Ranu Kumbolo, meskipun fasilitasnya belum dilengkapi dengan air yang mengalir. Wisatawan dipersilakan mengambil air dari danau.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here