Alternatif Mendaki Gunung di Jawa Tengah

0
206
views

befren.com – Mendaki gunung sudah menjadi aktivitas yang digemari oleh banyak kalangan, terutama anak muda. Kegiatan mendaki gunung termasuk dalam cabang olahraga alam bebas, kegiatan ini merupakan bentuk latihan fisik yang sangat membutuhkan kesegaran jasmani yang baik. beberapa komponen kesegaran jasmani (physical fitness) yang dibutuhkan oleh seorang pendaki yaitu : ketahanan (endurance), keseimbangan (balance), kekuatan (power), kelenturan (flexibilitas). komponen tersebut sangat dibutuhkan oleh pendaki karena akan menempuh perjalanan yang jauh dengan membawa beban barang bawaan yang ada di carrir. sehingga dianjurkan kepada para pendaki untuk melakukan latihan fisik secara teratur guna menjaga kondisi fisik. Bagi pecinta alam sendiri, mendaki gunung menjadi sebuah aktivitas yang harus di lakukan pada jangka waktu tertentu. Dan berikut ini adalah list gunung di Jawa Tengah yang cocok kalian coba.

Gunung Ungaran

Destinasi lainya adalah Gunung Ungaran dengan ketinggian 2.050 mdpl. Ini juga merupakan gunung yang ramah untuk pemula ya. Lokasinya berada di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Ada 3 jalur pendakian yang bisa kamu lalui, yakni lewat Gedong Songo, Jimbaran dan Promasan. Salah satu yang jadi favorit para pendaki adalah jalur Jimbaran.

Gunung Ungaran memiliki 3 puncak, yakni Puncak Gendol, Puncak Botak dan Puncak Ungaran. Di sekitaran puncak ada area untuk camp. Dari puncaknya, Teman Traveler bisa menyaksikkan banyak panorama istimewa. Mulai dari keindahan kota Semarang dan gunung-gunung di sekitarnya. Meskipun tidak terlalu tinggi, selalu persiapkan fisik ya.

Gunung Sindoro

Gunung Sindoro, salah satu deretan atau untaian gunung tinggi di Pulau Jawa, merupakan salah satu gunung yang cukup populer di kalangan para petualang. Mereka yang datang, baik yang berasal dari dalam negeri sendiri atau mancanegara, mudah terhipnotis dengan segala keindahan yang ada di sana.

Nama Sindoro sendiri adalah ternyata nama lain dari nama asli gunung tersebut, yaitu Sindara atau Sundoro. Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.153 mdpl, yang berlokasi di antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

Karena memiliki puncak yang cukup luas inilah, banyak pendaki menjadikan lokasi ini sebagai spot favorit untuk camping. Ada dua jalur pendakian populer untuk mencapai puncak Gunung Sindoro, yakni lewat Kledung dan Sikatok. Sebagai informasi, suhu di puncaknya cukup ekstrem, kamu perlu pakaian hangat yang nyaman ya.

Gunung Sumbing

Jika kamu para pendaki gunung yang percaya akan cerita rakyat dan hal-hal yang mistis, maka Gunung Sumbing di Jawa Tengah merupakan salah satu tempatnya. Perwujudan dari mitos kisah rakyat ketika sang ayah dari sebuah keluarga, memukul anaknya yang selalu bertengkar. Anak kedua yang banyak tingkah dan berbeda dengan kakaknya yang sopan juga bijaksana, berakhir dengan mulut sumbing karena pukulan sang ayah. Kisah tersebut pun di abadikan warga setempat sebagai nama gunung Si-ndoro dan Si-sumbing.

Mendaki Gunung Sumbing akan memberikan kamu adrenalin yang luar biasa. Karena gunung ini merupakan gunung tertinggi ketiga di pulau jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Selamet dengan tinggi sekitar 3.771 di atas permukaan laut. Jalan menuju puncak gunung pun berliku dan terjal, perlu kesungguhan ekstra untuk kamu yang ingin menaklukan puncak dan rintangan, hingga bisa melihat keindahan alam yang ada.

Ada tiga jalur populer untuk mencapai puncak Gunung Sumbing, lewata Garung Wonosobo, Bowongso Wonosobo dan Cepit Parakan di Temanggung. Semenatara untuk jalur yang paling populer adalah Garung. Dan jika ingin sepi bisa lewat Bowongso ya.

Gunung Andong

Gunung Andong, via Instagram/zahrulsilmi
Gunung Andong berada di Magelang, Jawa Tengah. Tempat ini memiliki ketinggian 1.726 mdpl dan cocok buat kamu para pendaki pemula. Jarak tempuhnya hanya sekitaran dua jam. Saat berada di Gunung Andong, kamu akan mendapatkan panorama yang begitu istimewa, bisa menyaksikkan Gunung Sumbing, Ungaran, Telomoyo, dan lain-lain hanya dengan memutar badan saja.

Selain ramah untuk pendaki pemua, saat di puncak Teman Traveler masih bisa internetan lho. Bahkan, dari jalur pendakian sampai di puncak kamu bisa bermain sosial media. Malahan, saat di puncak makin kencang saja. Jadi, kamu bisa langsung mengunggah berbagai pengalaman seru saat mendaki Gunung Andong ini.

Gunung Merbabu memang memiliki daya tarik yang sangat menggoda untuk didaki. Namun saat sedang padat-padatnya pengunjung seperti sekarang ini, ada baiknya memilih alternatif lain yang lebih sepi. Supaya aman dan lingkungan tetap terjaga.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here