Titik Pijat Refleksi Untuk Sakit Kepala

0
207
views
Titik Pijat Refleksi Untuk Sakit Kepala ampuh

befren.com – setiap orang pasti mengalami yang namanya sakit kepala meskipun hanya penyakit ringan akan tetapi sakit kepala sering mengganggu aktivitas baik saat bekerja, belajar, maupun dalam kegiatan keseharian. Tak semua keluhan penyakit harus diatasi dengan obat. Sakit kepala ringan, misalnya, bisa diatasi dengan teknik pemijatan sederhana.

1. Puncak Kepala

Puncak kepala atau dalam akupresur disebut titik GP20. Titik yang terletak persis di dekat ubun-ubun ini hanya perlu ditekan dengan kekuatan sedang sebanyak 30 kali.

2. Pelipis

Di pelipis, ada banyak titik untuk mengurangi sakit kepala jenis migrain. Titik-titik itu terletak di sepanjang garis rambut, dekat ujung telinga. Tekan titik-titik ini secara bersamaan untuk memberikan hasil yang lebih baik.

3. Dahi

Terdapat dua titik di dahi untuk meredakan sakit kepala. Pertama adalah titik GV 24.5 atau disebut Yin Tang yang berada di antara kedua pangkal alis, persis di atas pangkal hidung.

Kedua adalah titik UB 2 yang disebut juga Zan Zhu, terletak di bawah kedua pangkal alis, dekat sudut mata bagian dalam. Berikan tekanan paling sedikit satu menit pada kedua sisi.

4. Tangan

Ini adalah titik yang terletak tepat di antara Ibu jari dan jari telunjuk. Anda bisa mencubit dengan perlahan dan menekannya tepat pada titik tersebut. Setelah itu, buat lingkaran kecil dengan Ibu jari Anda dalam satu arah selama 10 detik dan kemudian ke arah berlawanan untuk waktu yang sama. Ini membantu meredakan ketegangan di kepala dan leher.

5.Sudut mata bagian dalam

Titik akupresur ini juga terletak tepat di bawah alis. Jika Anda mempunyai penyakit sinus dan pilek karena dingin, maka Anda bisa mencoba untuk menekan pada titik akupresur ini. Dengan menggunakan kedua jari telunjuk Anda, berikan tekanan yang kuat dan merata pada titik tersebut, tahan selama 10 detik dan ulangin secara teratur.

6. Belakang kepala

Titik akupresur untuk menghilangkan sakit kepala juga terletak di antara telinga dan tulang belakang kepala Anda. Memberikan tekanan sedikit pada titik-titik akupresur ini membantu meringankan sakit kepala yang disebabkan oleh hidung tersumbat dan pilek. Ini berarti, letakkan jari telunjuk dan jari tengan dari kedua tangan, lalu tekan dengan kuat ke atas pada kedua sisi sekaligus selama 10 detik. Ulangi sampai rasa sakitnya mereda.

7. Kaki

Di kaki, terdapat 2 titik tekan untuk mengurangi sakit kepala, khususnya migrain.

Titik pertama adalah titik LV 3 atau Tai Chong yang terletak di punggung kaki, antara ibu jari dan telunjuk.

Titik kedua adalah titik GB 41 atau Zu Lin Qi yang terletak di punggung kaki, antara jari manis dan kelingking.

Perlu diperhatikan bahwa stimulasi titik-titik pijat ini hanya untuk keluhan sakit kepala primer dengan intensitas ringan dan sedang.

Teknik ini tergolong aman dan tidak berbahaya. Tapi sebaiknya metode ini tidak dilakukan oleh seseorang yang mengonsumsi obat pengencer darah, memiliki penyakit kanker, dalam kondisi yang memerlukan operasi, atau dalam kondisi lain yang bersifat gawat darurat.

(berbagai sumber)
Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here