Tips Sehat Saat Menjalankan Ibadah Puasa Bulan Ramadhan

0
142
views

befren.com – Puasa Ramadhan menurut syariat Islam adalah suatu amalan ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari segala sesuatu seperti makan, minum, perbuatan buruk maupun dari yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari yang disertai dengan niat karena Allah SWT, dengan syarat dan rukun tertentu.

Manfaat puasa untuk kesehatan

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia, terhitung sekitar 31,5 persen kematian secara global.

Mengubah pola makan dan gaya hidup adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa melakukan puasa secara rutin sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung. Studi kecil mengungkapkan bahwa puasa delapan minggu bergantian dapat mengurangi kadar kolesterol “jahat” LDL dan trigliserida darah masing-masing sebesar 25 persen dan 32 persen.

2. Menurunkan Berat Badan

Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan membatasi asupan kalori dan meningkatkan metabolisme. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa puasa jangka pendek dapat menyebabkan peningkatan berat badan dari waktu ke waktu.

3. Mengontrol Gula Darah

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang bisa sangat berguna bagi mereka yang berisiko diabetes. Faktanya, menurut National Institutes of Health menuliskan satu penelitian pada 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

Sementara itu, review lain menemukan bahwa puasa intermiten dan puasa alternatif sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori dalam mengurangi resistensi insulin.

Mengurangi resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga memungkinkannya untuk memindahkan glukosa dari aliran darah ke sel-sel tubuh.

Ditambah efek penurunan gula darah potensial puasa, ini bisa membantu menjaga gula darah tetap stabil, mencegah lonjakan gula darah.

4. Mengurangi Sakit Sendi

Puasa bermanfaat untuk mengurangi sakit pada sendi,dengan berpuasa secara teratur dapat meningkatkan sel pembasmi bakteri yang terbukti bermanfaat dalam penyembuhan radang pada sendi.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa bermanfaat meningkatkan neurotropik yang berfungsi untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak. Dan berdampak pada meningkatnya fungsi otak. Dengan begini, kemampuan berpikir seseorang tetap terjaga dan meningkatkan kecerdasan.

Tips puasa sehat

1. Tidur yang cukup

Untuk kita yang berpuasa, tidur penting banget untuk kelancaran ibadah kita lho. Tidur yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga bikin kita nggak gampang sakit saat puasa, mengurangi stres, memperbaiki mood, dan membuat kita lebih mampu berkonsentrasi serta berpikir kreatif saat puasa seharian. Tidur yang cukup juga bisa menjadi sumber tenaga kita ketika waktunya berpuasa seharian lho.

Tidur malam yang cukup adalah sekitar 6-8 jam setiap malam. Nah, supaya kita bisa mendapat tidur yang cukup di tengah kesibukan kita, ada beberapa tips yang bisa kita coba seperti mengurangi penggunaan alat elektronik sebelum tidur, menyiapkan sahur segera setelah selesai berbuka untuk dipanaskan, atau menggunakan aromatherapy

2. Perbanyak minum air putih

Ketika puasa saat cuaca sedang panas, tantangan terbesar kita adalah untuk menahan rasa haus. Kalau kita menahan haus dengan cara yang salah, tubuh kita bisa mengalami dehidrasi, kulit kering, bahkan jika parah bisa bikin kita mengalami gangguan ginjal lho. Nah, supaya ibadah puasa kita nggak terhalang sakit karena dehidrasi, ada rumus yang bisa kita gunakan untuk mengatur frekuensi dan jumlah air yang kita minum supaya puasa kita tetap sehat lho.

3. Makan buah dan sayur

Saat sahur dan berbuka, daripada makan makanan yang digoreng atau junk food, sebaiknya makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak ya. Ini karena buah dan sayur umumnya mengandung serat yang tinggi dan bisa bikin kita merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit sehingga bikin kita lebih sehat selama bulan puasa.

Nah, supaya nggak sakit perut karena pencernaan kita kaget dengan buah dan sayur, terutama ketika berbuka puasa, ada beberapa jenis tips memilih buah dan sayur untuk dikonsumsi saat puasa nih.

4. Minum vitamin

Ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh kita biasanya lebih rentan terkena penyakit karena nggak cukup mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Nah, supaya sistem kekebalan tubuh kita tetap kuat dan tubuh tetap sehat selama puasa, selain makan buah dan sayur, kita juga sebaiknya minum vitamin yang sekarang mudah ditemukan dalam bentuk tablet atau gummy untuk membantu tubuh kita agar tetap fit.

Di dalam multivitamin yang biasa kita konsumsi, biasanya terdapat berbagai jenis vitamin dalam satu tablet yang masing-masing memiliki manfaatnya sendiri untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Selain itu, tablet vitamin juga biasanya mengandung tambahan mineral seperti kalsium yang menyehatkan tulang, magnesium yang membuat tubuh lebih rileks, dan antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit. Kita pun cukup mengkonsumsi vitamin sekali sehari saja saat sahur untuk menjaga kesehatan kita selama puasa seharian.

5. Olahraga kecil

Puasa bukan menjadi alasan untuk nggak olahraga sama sekali lho, karena ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa bikin badan kita tetap sehat tanpa menghabiskan tenaga terlalu banyak dan bikin kita lapar. Olahraga saat puasa bahkan bisa memberikan macam-macam manfaat untuk kita seperti menjaga kekuatan dan kebugaran tubuh sehingga kita tetap semangat beraktivitas.

Supaya olahraga saat puasa nggak bikin kita kelaparan atau lemas, sebaiknya pilih waktu olahraga yang tepat ya, yakni sekitar 30-90 menit sebelum berbuka puasa sehingga setelah berolahraga kita bisa langsung mengisi perut dengan makanan dan minuman. Selain itu, jenis olahraga juga perlu kita perhatikan ya. Pastikan kita memilih olahraga yang intensitasnya ringan atau sedang aja seperti yoga, pilates, barre, renang, atau sepeda.

Cara membuat badan ideal saat puasa

Biasanya saat menjalankan puasa, kita akan mengalami penurunan berat badan. Namun pada kenyataannya justru kita malah mendapati berat badan naik dengan cepat. Sebenarnya hal semacam ini wajar saja, sebab saat puasa kita lebih sering mengonsumsi makanan dan minuman yang manis.

1. Jangan terlalu banyak makan gorengan

Takjil bertema goreng-gorengan sering menjadi menu pilihan yang sulit dihindari. Selain karena nikmat, mudahnya menemukan gorengam membuat kita tanpa sadar memilihnya untuk dikonsumsi. Sering berbuka puasa dengan menu goreng-gorengan sebenarnya justru membuat tubuh sulit mencerna. Selain itu, gorengan akan membuat kita jadi lebih cepat gendut terutama bagian perut yang akan mudah terlihat buncit.

2. Atur waktu makan dengan baik

Saat waktu berbuka tiba, bukan berarti kita bisa seenaknya makan semua yang ada di meja. Pilihlah makanan ringan terlebih dulu untuk berbuka puasa seperti kurma dan minuman hangat. Tunggu beberapa saat jika ingin melanjutkan dengan makanan inti yang lebih berat. Jika lapar datang usai tarawih, boleh saja kita makan lagi. Akan tetapi setelah makan berilah jeda dan jangan langsung tidur. Begitu juga saat sahur, usahakan lakukan aktivitas dibanding melanjutkan tidurmu.

3. Telur

Telur juga termasuk makanan yang enak dikonsumsi untuk menambah berat badan dengan cara sehat. Kandungan protein, vitamin, serta mineral dalam telur dapat membantu tubuh mendapatkan energi dengan tepat.

Karena itu, mulailah konsumsi 2 butir telur setiap pagi untuk bisa segera mendapatkan berat badan yang diinginkan.

Cara yang paling direkomendasikan untuk mengonsumsi telur adalah dengan direbus.

Namun, kamu juga bisa memilih cara lain yakni dengan dibuat telur dadar. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan untuk rutin mengkonsumsi telur, ya!

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here