Tips Mengatasi smartphone Yang Mati Karena Tercebur Air

- Advertisement -
- Advertisement -

A

pakah kamu pernah mengalami kalau smartphone tak sengaja tercebur air?  Dan bagaimana cara mengatasi smartphone yang mati karena tercebur air tersebut ? Saat ini banyak smartphone canggih yang sudah dilengkapi dengan berkemampuan agar tahan berada di dalam air. Tapi nyatanya banyak smartphone ataupun ponsel konvensional yang tidak dirancang untuk hal seperti itu. Jika kamu tidak sengaja menjatuhkan smartphone kamu ke dalam air, pasti hal ini membuat kamu panik dan bingung harus mau diapakan smartphone kesayangan kamu. Jika kamu terjebak dalam situasi seperti ini, jangan panik dulu, lakukanlah tindakan yang tepat

Masalah yang sering terjadi adalah kecerobohan pemilik ataupun ketidaksengajaan sehingga smartphone menjadi rusak karena tercebur, tersiram bahkan tenggelam di kolam.

Banyak orang yang menyayangkan smartphone yang tercebur karena banyak data penting yang tersimpan didalamnya, namun tidak sedikit pula menyayangkan smartphone yang tercebur karena tidak punya biaya untuk membeli smartphone yang baru.

Ada beberapa tips yang bisa kamu praktekkan adalah sebagai berikut:

Tips mengatasi smartphone yang mati karena tercebur air yang pertama adalah tetap tenang dan jangan panik. Kepanikan tidak akan membawamu ke jalan keluar. Coba tenangkan pikiran kamu, pikiran yang tenang akan membuat otakmu mudah dalam mencari solusi. So, jangan perberat otak kamu dengan perasaan panik, just keep calm and solve the problem.

Ketika smartphone tercebur, segera ambil smartphone kamu dan JANGAN DINYALAKAN. Menyalakan smartphone dalam keadaan basah dapat menimbulkan konsleting atau hubungan arus pendek, imbasnya smartphone kamu akan bertambah rusak karena muncul masalah baru.

1

Letakkan pada Bidang Datar

Letakkan smartphone di bidang datar

Tips mengatasi smartphone yang mati karena tercebur air selanjutnya adalah letakkan smartphone pada bidang datar. Hal ini berfungsi agar air tidak merambat ke komponen lain dan bisa menambah kerusakan. Pastikan kamu tidak memiring-miringkan smartphone seperti memiring-memiringkan telinga ketika kemasukkan air ya, karena kedua hal itu sangat berbeda. Untuk meminimalisir kerusakan, alangkah lebih baiknya diamkan smartphone di meja ataupun lantai yang datar.

2

Copotlah Battery, SIM Card dan Micro SD

Melepaskan Sim Card

Tips selanjutnya adalah lepaskan printilan-printilan seperti baterai, kartu SIM dan Micro SD agar proses pengeringan dapat menjangkau slot-slot kecil di dalam smartphone kamu.

3

Jangan Keringkan Menggunakan Hair dryer

Jangan Keringkan Menggunakan Hair dryer

Banyak orang yang mengatasi smartphone yang tercebur air dengan mengeringkannya dengan hair dryer. Namanya saja hair dryer yang merupakan pengering rambut, jadi ketika digunakan untuk mengeringkan ponsel tentu tidak cocok. Hair dryer adalah pengering dengan memanfaatkan tiupan disertai panas. Beberapa komponen kecil dalam smartphone mungkin tidak tahan terhadap panas, jadi bisa saja terjadi kerusakan pada komponen lain. Hair dryer bisa saja digunakan, namun jangan terlalu dekat. Usahakan jarak smartphone dan hair dryer cukup jauh sehingga smartphone tidak terlalu terpapar panas dari hair dryer.

4

Mengeringkan dengan Handuk dan Tisu

Mengeringkan smartphone dengan tisu

Tips berikutnya adalah coba keringkan smartphone dengan kain yang dapat menyerap air dengan cepat seperti handuk atau tisu. Penggunaan tisu dapat menjangkau celah-celah sempit yang ada pada internal smartphone sehingga memudahkan kamu untuk mengeringkan bagian yang ada di dalam smartphone.

 

5

Masukkan dalam Kantong Berisi Beras

Smartphone dalam beras

Ambil wadah untuk menampung beras isi tempat sampai hampir penuh kemudian masukan smartphone kedalam beras tutup dan diamkan selama 24 jam agar embun air terserap beras. Tapi efektif tidaknya tergantung keadaan smartphone  kamu. Konsepnya adalah kumpulan beras memiliki kemampuan untuk menyerap air, coba saja kamu masukkan tangan kamu yang basah ke dalam wadah berisi beras, setelah beberapa saat angkat tangan kamu, secara otomatis tangan kamu akan menjadi kering. Konsep inilah yang dijadikan dasar untuk mngeringkan smartphone dalam beras.

[artikel number=5 tag=”tips” ]

 

KHUSUS UNTUK SMARTPHONE YANG TERCEBUR KE DALAM
AIR YANG KOTOR ATAU AIR LAUT

Untuk smartphone yang tercebur kedalam air yang kotor ataupun air laut, sebelum melakukan cara diatas cobalah bersihkan smartphone kamu dari segala kotoran yang menempel. Pastikan semua kotoran telah hilang lalu kamu tinggal lakukan langkah-langkah diatas.

Bawalah ke tempat Service

Ketika sudah melakukan semua tips diatas tetapi smartphone masih belum nyala juga, langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah membawa smartphone yang tercebur ke tempat service terdekat. Karena bisa saja perlu ada komponen yang harus diganti sebelum smartphone kamu dapat bekerja normal kembali.

Itu dia mengatasi smartphone yang mati karena tercebur air. Mungkin ada yang berhasil tapi ada juga yang terpaksa membeli HP baru lagi karena tergantung pada keadaan smartphone  masing-masing dan setiap smartphone memiliki detail dan kerusakan yang bisa saja berbeda.

sumber: ilmuonline
- Advertisement -
Bambang
Bambanghttps://www.befren.com
Kita tak perlu harus menjadi serba bisa, yakin dan tekuni satu bidang yang di suka dan menjadi hebatlah dengannya.

Latest news

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here