Tips Mengatasi Hp Cepat Panas

0
101
views

befren.com – Panas dalam perangkat-perangkat elektronik apapun sebenarnya adalah hal yang sangat wajar. Karena panas merupakan salah satu bentuk energi yang “dilepas” sebagai konsekuensi dari energi yang disalurkan oleh baterai untuk menghidupi perangkat, begitu pula dengan hp.

Jika Hp panas di bagian belakang, patut mencurigai baterai sebagai salah satu penyebabnya. Terutama jika panas yang muncul terasa di seluruh bagian belakang hp. Jika cukup yakin baterai merupakan salah satu penyebabnya, solusi yang bisa dilakukan cukup mengganti baterai hp, namun permasalahan tidak hanya muncul dari baterai saja. Berikut befren.com ulas secara detail, mengapa hp cepat panas?

Virus dan Malware

Virus dan Malware juga termasuk dalam beberapa faktor yang mengakibatkan cepat panas pada hp. Hal ini disebabkan karena kegiatan operasi yang terjadi secara terus-menerus dan sering kali para pengguna hp tidak menyadari karena letaknya yang berada di background sistem hp yang bertugas untuk mengakses berbagai informasi. Apalagi di barengi dengan penggunaan beberapa aplikasi.

Baterai

Sudah di jelaskan di atas salah satunya adalah penyebab hp cepat panas dikarenakan baterai bermasalah.  Baterai yang sudah rusak atau menurun fungsinya akan lebih cepat panas dibanding baterai baru. Oleh karena itu, solusi paling mudah untuk menangani hp cepat panas akibat baterai adalah bawa ke tukang servis dan minta ganti baterai.

Tempat yang tidak tepat

Hp bisa menghasilkan panas sendiri saat kinerjanya meningkat dan terlalu banyak menghabiskan tenaga. Sumber panas utama dari hp adalah dari baterainya sendiri. Karena hp bisa menghasilkan panas sendiri, maka dari itu hindari terpapar panas dari luar. Panas yang tinggi dari luar bisa menyebabkan hp cepat panas dan merusak komponen di dalamnya.

Aplikasi

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang (background) akan menguras baterai. Semakin banyak baterai terkuras maka semakin cepat hp panas. Selain itu, jika ada aplikasi yang mengonsumsi daya baterai secara berlebihan akan membuat hp cepat panas.

Casing

Penyebab hp cepat panas ternyata bisa datang dari masalah sepele seperti salah pemilihan casing. Casing yang terlalu ketat akan menghambat sirkulasi udara di sekitar hp. Jika suhu hp meningkat akibat terlalu lama digunakan, casing akan menghambat panas keluar dari hp sehingga menyebabkan hp cepat panas.

Menggunakan hp saat di charger

Kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan beberapa orang pada saat sedang mencharge hpadalah tetap menggunakannya terutama bagi para pecinta game online atau bagi yang tidak bisa lepas dari kegiatan yang berhubungan dengan internet. Hal ini yang mengakibatkan hp cepat panas karena dalam keadaan seperti ini baterai maupun CPU mengeluarkan panas yang berlebihan. Jika tidak berhenti menggunakan hp saat sedang di charge akan mengakibatkan baterai cepat rusak dan memperlambat kinerja hp.

Bermain game

Saat sedang asik bermain game pasti ada beberapa perangkat hp seperti CPU, GPU, dan RAM yang bekerja lebih besar dibandingkan ketika membuka aplikasi-aplikasi lain. Hal ini juga dapat mengakibatkan hp merasakan peningkatan suhu panas yang berlebih. Bermain game memang tidak dilarang, namun pastikan untuk pause sejenak saat hp terasa sudah terlalu panas.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here