Tips Mencegah Penuaan Dini

0
357
views

befren.com – Setiap orang ingin selalu tampil awet muda, berbagai macam produk kecantikan bertebaran di mana-mana, ada yang murah dan bahkan harganya dapat menguras dompet Anda. Tidak ada manusia yang selalu tampil muda, akan tetapi pasti ada jalan untuk memperlama proses penuaan pada manusia. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan penuaan. Antara lain, faktor genetik, stres, alkohol, rokok, asupan nutrisi buruk, dan sering terpapar sinar matahari serta polusi. Penuaan diduga juga merupakan proses multidimensional yang tak hanya terkait dengan faktor jasmani, tapi psikologis dan sosial.

Baik wanita maupun pria, ketika mereka menginjak usia 30 tahun, mereka mulai menemukan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan pada kulit.

Penuaan lebih cepat biasanya :

Sering selalu merasa lemas : Kekuatan otot berkorelasi langsung dengan usia. Semakin tua usia, maka Anda akan semakin benar-benar kehilangan massa otot dan membuat tubuh lebih mudah merasa lelah. Kendati begitu, Anda dapat meningkatkan kembali kekuatan dan membangun massa otot. Latihan beban merupakan olahraga terbaik yang dapat mewujudkan hal tersebut.

Emosional : Biasanya, tanda penuaan dini bisa dilihat dari cara Anda yang tidak mampu lagi menikmati aktivitas sehari-hari. Aspek mental dan fisik pada tubuh kita terkait erat, sehingga penting untuk memperhatikan kesehatan jiwa.

Rambut mulai rontok : Sebagian dari Anda biasanya lebih memperhatikan tanda-tanda penuaan dini hanya dari yang tampak jelas, seperti kulit dan wajah. Terkadang, Anda malah tidak menggubris perubahan pada rambut yang ditandai dengan kemunculan uban sebelum waktunya.

Beberapa Tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penuaan dini

Menggunakan Pelembab : Dengan bertambahnya usia, produksi kelenjar juga berkurang. Bersama dengan sinar matahari, radikal bebas, cuaca, dan faktor lingkungan lainnya, kulit akan menjadi mudah kering.

Kulit yang kering ini akan mempermudah munculnya garis-garis halus hingga keriput. Karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kelembapan kulit dengan rajin menggunakan pelembap.

Gunakan pelembab segera setelah mandi atau mencuci wajah untuk mengunci air, sekaligus mengganti pelembap alami kulit yang hilang. Jangan lupa untuk menggunakan pelembap untuk bibir karena area yang satu ini juga tidak luput dari proses penuaan.

Cukup tidur : Ketika kulit mulai mengalami penuaan, bahkan kurang tidur beberapa jam saja bisa menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata Anda. Jadi, jangan pernah lewatkan waktu tidur Anda.

Makanan kaya anti-oksidan: Apa yang Anda makan juga memainkan peran besar dalam memperlambat penuaan kulit. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti berry, brokoli dan paprika. Mereka dapat membantu membangun kolagen segar di bawah kulit Anda.

Natural : Semakin sering Anda menggunakan bahan-bahan alami pada kulit, semakin sehat kulit Anda. Menggunakan bahan-bahan anti-penuaan alami seperti kunyit, susu dan lidah buaya dapat membuat kulit lebih sehat dan lebih minim efek samping.

Mimum air putih : Ketika usia Anda bertambah tua, kulit akan menjadi lebih kering. Anda akan mulai menyadari bahwa kulit Anda menghasilkan sedikit minyak atau tidak seperti sebelumnya. Maka, pastikan bahwa Anda selalu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum banyak air. Hal ini juga membantu untuk membuang racun dari tubuh.

Nah, itulah beberapa tips cara mencegah penuaan dini

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here