Tips dan Trik Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca

2
641
views

Kartu memori SD merupakan salah satu komponen penting untuk perangkat smartphone ataupun tablet. Kartu SD (Secure Digital) ini sendiri adalah memory Card flash ultra kecil yang dirancang untuk menyediakan memori berkapasitas tinggi dalam ukuran yang kecil.. Meskipun telah banyak gadget yang mempunyai memori internal besar, akan tetapi tetap saja pengguna membutuhkan memori eksternal (MicroSD) untuk menampung datanya.

Akan tetapi kerusakan kartu Memori  SD tidak dapat di pungkiri ketika beberapa file tidak terbaca, file tertentu seperti foto, video dan lain-lain hilang, atau bisa terbaca pada explorer namun tidak bisa dibuka, yang paling parah ya HP tidak bisa mengenali kartu memory tersebut. Jika anda mengalami hal semacam ini , anda jangan panik , karena hal ini sudah wajar di alami oleh para pengguna ponsel. Saya akan berbagi tips dan trik bagaimana menangani tersebut. Ada  lima cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki memori yang rusak atau tidak terbaca.


Cara 1: Membersihkan Kartu Memori

  • Keluarkan kartu memory dari Android kamu. Pastika anda sudah mematikan Android kamu terlebih dahulu.
  • Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih). Gosok perlahan hingga bersih. Upayakan bagian tersebut tidak terkena kulit kita lagi, karena itu bisa mengotorinya
  • Jika yakin sudah bersih, masukan kembali kartu memori ke dalam slot memori lalu periksa apakah sudah terbaca atau belum.
  • Jika masih tidak terbaca, Silahkan coba cara lainnya dibawah ini.

Cara 2: Melakukan Format dari Android

  • Masuk ke menu Setting > Storage.
  • Di dalam menu tersebut terdapat pilihan Erase SD card. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori bersih seperti baru. Asal bukan kerusakan fisik yang parah

[artikel number=5 tag=”tips” ]

Cara 3: Cek Error dari PC

  • Hubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data.
  • Pastikan Android kamu terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).
  • Buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai.
  • Eject kartu memorinya, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.   

 Cara 4: Format dari PC
Jika kartu memori (MicroSD) terbaca dan terlihat baik-baik saja di komputer namun tetap tidak terbaca di Android. Coba gunakan cara ini:

  • Buat folder baru di HardDisk, beri nama sembarang asal kamu ingat kalau folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi kartu memori yang rusak tadi.
  • Copy seluruh isi kartu memori lalu Paste ke dalam folder yang sudah dibuat tadi.
  • Jika sudah yakin tersalin semua, format kartu memori tersebut.
  •  Lalu kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah diformat tadi.
  • Sekarang cek lagi, masih gagal atau tidak.

Cara 5 Terakhir Dengan Command Prompt
Apabila kamu mendapatkan pesan “Error” pada 2 cara di atas lalu PC tidak bisa memformat lagi kamu bisa mencoba langkah berikut.

  1.  Masukan kartu memori ke card reader.
  2. Tancapkankan ke PC kamu.
  3. Carilah driver kartu memorinya.
  4.  Lalu Klik START > Run > lalu ketik CMD. Maka akan muncul jendela Command Prompt.
  5. Kemudian ketik ‘FORMAT i:/FS:FAT’. (i) adalah drive kartu memori yang akan di format, jika drive memorinya terletak pada drive G maka tulis G. (FORMAT G:/FS:FAT).
  6. Tunggu beberapa saat samai peroses selesai.

Tips tersebut hanya ampuh untuk apabila kerusakan yang terjadi bukan pada kerusakan fisik seperti retak atau patah.  Jika cara diatas tidak berhasil sebaiknya Anda membeli yang baru.

Silahkan Komentar

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here