Tips Cara Mengatasi Ketiak yang Selalu Basah

0
2543
views

befren.com – Jika mengalami kondisi ketiak yang selalu basah, mengakibatkan kita tidak percayadiri dan ingin menyembunyikan dari pengliatan orang lain dengan cara memakai jaket dan sebagainya. Hal itu menurut saya malah tambah parah karena tidak ada sirkulasi udara dan menyebabkan ketiak semakin basah. Sebenarnya, mengeluarkan keringat merupakan upaya tubuh menurunkan suhu secara alami. Misalnya, saat sedang berolahraga atau gugup, maka suhu tubuh meningkat sehingga perlu didinginkan.

Timbulnya keringat yang berlebih tanpa pemicu disebut hyperhidrosis. Umumnya, kondisi ini disebabkan karena kelenjar keringat yang terlalu aktif. Faktanya, hal ini dapat memicu rasa tidak nyaman secara fisik maupun emosional.

Keringat berlebih di sekitar ketiak disebut axillary hyperhidrosis. Hal ini sering membuat penderitanya tidak percaya diri menggunakan pakaian berwarna terang, karena noda keringat dapat tampak jelas atau membuat pakaian, terutama yang berbahan sutera, cepat rusak.

Pemakaian deodoran memang sedikit membantu menghilangkan bau badan, namun tetap saja membuat ketiak menjadi basah, sehingga jalan alternatif untuk menyamarkan masalah ketiak basah ini adalah dengan menggunakan baju berwarna gelap.

Tips Cara Mengatasi Ketiak  Basah

1. Teh Hitam


Jika Anda ingin mengurangi produksi keringat di ketiak Anda, cobalah obat ini. Rebus teh hitam dan dinginkan. Gunakan handuk kecil untuk membungkus teh ini dan kompres di bawah kedua ketiak Anda selama beberapa menit. Ulangi langkah ini selama 10-15 hari. Anda akan melihat produksi keringat Anda yang telah berkurang.

2. Toner

Rendam sepotong kapas ke dalam cairan toner. Bersihkan area ketiak Anda dengan kapas tersebut dan rasakan kesegaran dan bau ketiak yang telah diminimalisir.

3. Pembersih muka

Jika Anda punya pembersih muka yang mengandung benzoyl peroxide, oleskan seperti memakai pembersih tersebut pada muka Anda. Pertama, cairan ini akan membunuh bakteri di ketiak serta akan mengurangi baunya.

Tapi jika kulit Anda sensitif, segeralah erkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan pembersih wajah.

4. Minum air putih dalam jumlah yang cukup

Ketika tubuh memperoleh cairan dalam jumlah yang optimal, maka suhu tubuh akan menurun dan jadi lebih dingin. Nah, hal ini akan membantu kelenjar keringat untuk menghasilkan keringat dalam jumlah yang normal alias terlalu banyak. Masalahnya, tubuh yang suhunya cenderung panas akan memicu keluarnya keringat untuk menyejukkan suhu inti tubuh.

5. Hindari pakai baju ketat

Gunakan pakaian berbahan katun, wol, rami, atau sutra karena memiliki serat yang mempermudah tubuh, termasuk ketiak, untuk bernapas lega dan menurunkan suhu tubuh dengan cepat. Jangan gunakan kain berbahan sintesis seperti nilon, rayon, dan poliester atau bahan yang nggak tersedia ruang untuk masuknya udara dan bewarna gelap.

Silahkan Komentar
Berita sebelumyaDua Kepribadian #05
Berita berikutnyaWill You Marry Me #27
Dalam hidup, setiap masalah adalah pelajaran berharga. Setiap cobaan yg datang adalah proses pendewasaan diri
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here