Tips Belajar di Rumah Saat Corona Melanda

0
193
views

befren.com – Untuk menekan laju penularan virus corona, sejumlah pemerintah daerah memberlakukan aturan belajar di rumah bagi siswa sekolah. Aktivitas belajar di sekolah dihentikan selama 14 hari.Kebijakan ini kebanyakan diberlakukan sejak 16 Maret 2020, ketika eskalasi kasus di sejumlah daerah mengalami lonjakan. Upaya memutus rantai penularan dengan meliburkan seluruh satuan pendidikan, menjadi sebuah hikmah tersembunyi di balik persoalan, blessing in disguise. Hal ini menjadi sebuah kesempatan berharga bagi dunia pendidikan. Nah, Bagaiaman cara kita belajar di rumah. Berikut yang perlu kalian persiapkan.

  • Membuat jadwal rutin: Salah satu problem yang membuat belajar di rumah tidak efektif adalah karena anak menganggap momen di rumah ini sebagai liburan dan sangat “fleksibel”. Maka dari itu, sangat penting buat orangtua untuk membuat jadwal rutin, seolah anak memang sedang sekolah.
  • Meningkatkan antusias anak : Orangtua harus berupaya meningkatkan antusiasme anak belajar di rumah. Bisa dengan menggunakan aplikasi pembelajaran kekinian yang marak direkomendasikan saat ini atau juga berdiskusi dengan guru. Cobalah untuk bereksperimen, mencoba-coba cara baru, supaya anak tidak jenuh dan menikmati proses belajar mengajar di rumah.
  • Menerapkan disiplin : Sangat penting menerapkan disiplin di suasana fleksibel di rumah. Doronglah supaya anak disiplin dengan jadwal yang sudah dibuat. Mulai dari bangun tidur, sarapan, berolahraga, belajar, tidur siang, dan bermain. Untuk menerapkan disiplin ini orangtua perlu bekerja sama, karena mustahil untuk menjalaninya sendiri. Aturan yang dibuat harus dijalani bersama-sama, baik oleh anak maupun orangtua.
  • Fokus pada apa yang disukai anak : Salah satu cara lain supaya proses belajar menjadi menyenangkan adalah dengan fokus pada apa yang disukai anak. Misalnya, anak suka matematika, orangtua bisa memulai waktu belajar dengan mata pelajaran tersebut. Kemudian, perlu untuk dipahami oleh orangtua untuk tidak terlalu fokus pada perkembangan pembelajaran anak melainkan apa yang bisa dipelajari anak. Jangan biarkan anak menjadi bosan saat belajar di rumah. Pandemi corona memang sangat mengganggu aktivitas dan merisaukan kesehatan, namun ini harus dijalani hingga keadaan menjadi lebih baik.
Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here