Suka Minum Kopi Tapi Tidak Ingin Gigi Menguning? Begini Cara Mengatasinya

0
122
views

befren.com – Minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi dan pada awalnya digunakan sebagai makanan berenergi tinggi, hingga saat ini kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari banyak kalangan. Biasanya jika sering minum kopi maka akan meninggalkan noda di gigi.

Terdapat kandungan tanin (asam tanat) pada kopi dapat menyebabkan plak pada permukaan gigi menjadi kecoklatan, sehingga gigi tampak menguning. Tak hanya itu, tanin juga membuat pH pada kopi menjadi rendah atau bersifat asam.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi noda kopiĀ  pada gigi.

1. Kunyah permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet dapat meningkatkan jumlah air liur di mulut Anda, dan air liur tersebut dapat menyapu asam dan plak dari gigi Anda. Menurut American Dental Association, mengunyah permen karet tanpa gula selama 20 menit setelah makan dapat membantu mencegah kerusakan gigi.

2. Gunakan sedotan

Saat Anda minum melalui sedotan, maka akan semakin sedikit cairan kopi yang menyentuh gigi Anda. Dengan demikian, kesempatan kopi untuk menodai gigi Anda juga jadi semakin sedikit.

3. Soda kue dan hidrogen peroksida

Anda dapat membuat sendiri pasta pemutih dengan mencampur sedikit soda kue dengan sejumlah kecil hidrogen peroksida. Jika terlalu berpasir, itu berarti ada terlalu banyak soda kue, dan Anda bisa menggosok email Anda.

4. Waktu minum kopi jangan lupa minum air putih

Satu tegukan air putih dapat membersihkan cairan kopi dengan cepat sebelum mereka mulai masuk ke gigi Anda. Satu lagi, minum cukup air putih adalah cara terbaik untuk membantu Anda tetap terhidrasi sepanjang hari.

5. Minum kopi dengan cepat

Menurut Denise Estafan, seorang profesor di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas New York, dengan menghabiskan satu cangkir kopi Anda dengan lebih cepat, maka gigi Anda akan terhindar dari noda.

6. Bersihkan dengan benang

Jujur saja, ini cara yang sebenarnya sudah ditinggalkan. Selain itu, sulit untuk membersihkan gigi dengan benang secara teratur seperti yang disarankan para dokter gigi. Akan tetapi, menyisihkan beberapa menit untuk membersihkan gigi dengan benang setiap hari dapat membuat dampak besar pada kesehatan mulut Anda.

Cara ini menghilangkan plak secara umum, sebab menyikat saja tak bisa menghilangkan semua bakteri di mulut Anda. Apa pun yang tersisa dapat mengeras dan berubah menjadi karang gigi, yang kemudian dapat menyebabkan infeksi.

7. Menyikat gigi

Penyebab utama noda gigi adalah akumulasi plak. Jadi, menyikat gigi dengan pasta gigi pemutih dan menemui dokter gigi untuk pembersihan rutin adalah cara terbaik untuk mencegah noda kopi yang membekas.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here