Tips Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30-an

0
654
views
Ilustrasi uang rupiah

Apakah Anda telah mempersiapkan perencanaan keuangan Anda dengan benar?Perencanaan keuangan merupakan salah satu ilmu yang dibutuhkan semua orang. Ketika sudah menginjak usia 30an, perencanaan keuangan menjadi semakin penting.Setiap orang memiliki tujuan keuangannya masing-masing. Ketika sudah menginjak usia 30an dan menikah, tujuan keuangan akan semakin bertambah lagi ya.. Kini tujuan keuangan yang harus dipenuhi bukan hanya menyangkut kepentingan Anda loh, tetapi juga keluarga. Untuk mencapai seluruh tujuan keuangan tersebut dibutuhkan perencanaan yang baik. Jika sebelumnya Anda tidak pernah merencanakan keuangan dengan benar, inilah saatnya menata ulang keuangan Anda dan keluarga. Dengan menata ualang begitu seluruh kebutuhan keluarga akan terpenuhi.

Untuk melakukan perencanaan keuangan sebaiknya dimulai sedini mungkin. Jangan pernah menunda waktu kalau sudah berumur 40 baru memikirkan perencanaan keuangan itu adalah hal yang salah. Dengan umur yang sudah berkepala tiga kita wajib memikirkan perencanaan keuangan dengan begitu ada banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi dan memenuhi tujuan keuangan yang diinginkan. Sayangnya banyak orang yang tidak memahami kebutuhan ini. Setelah menikah barulah semua terlihat seolah terlambat. Pada usia 30an ini ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Misalnya membeli kendaraan, rumah, menyiapkan biaya pendidikan anak, dll. Tidak perlu khawatir jika sebelumnya Anda belum pernah merencanakan keuangan atau berinvestasi. Hari terbaik untuk mulai merencanakan keuangan dan berinvestasi adalah hari ini. Yuk kita mulai mengenal apa yang dimaksud perencanaan keuangan.

[artikel number=5 tag=”tips” ]

Mengenal Perencanaan Keuangan dulu ya..

Perencanaan keuangan memang terdengar seperti sesuatu yang rumit. Padahal sebenarnya sebagian dari praktek perencanaan keuangan sudah Anda lakukan setiap bulan.
Loh kok bisa? Ia bisa dong…
Sederhana saja. Misalnya ketika Anda menerima gaji, pasti Anda memiliki pemikiran akan menggunakan uang tersebut untuk apa. Ketika Anda merencanakan sesuatu terkait keuangan maka Anda sudah melakukan perencanaan keuangan.Hanya saja tidak semua orang melakukan perencanaan keuangan dengan baik dan benar Kebanyakan orang mengatur keuangannya secara tidak bijaksana. Akhirnya tidak semua tujuan keuangan bisa tercapai.

Bagaimana cara merencanakan keuangan dengan baik?

Mulailah menyelesaikan ‘permasalahan’ keuangan secara satu per satu. Mulai dari tahap pertama yaitu mengelola arus kas atau cashflow serta menyiapkan dana darurat. Jika tahap pertama sudah selesai maka Anda dapat merencanakan proteksi dengan asuransi. Kemudian berlanjut ke pencapaian tujuan keuangan hingga ke perencanaan dana hari tua. Di usia 30an ini Anda sudah wajib merencanakan dana hari tua. Banyak orang yang terlambat merencanakan dana hari tuanya. Walaupun pensiun masih sekitar 20 tahun lagi, Anda sudah harus merencanakannya sejak saat ini.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here