Cara Tepat Mengatasi Laptop Tidak Bisa Terhubung dengan WiFi

2
147
views

befren.com – Mungkin sebagian dari kalian yang suka berselancar di dunia teknologi terutama internet, mempunyai pengalaman tersendiri. Salah satunya adalah pernah mengalami kendala yaitu laptop yang tidak bisa connect ke WiFi atau sangat lambat untuk terhubung WiFi ke laptop. Hal semacam ini kerap terjadi pada siapa saja, dan kalian tidak perlu panik ya..

Ok. Tenang saja, kali ini befren.com akan memberikan tips  bagaimana cara mengatasi laptop tidak bisa connect WiFi. Wah! kebetulan jika laptop kamu mempunyai masalah tersebut, kamu bisa baca tips ini samapai selesai, lakukan secara step by step agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, ini buat laptop kamu yang tidak bisa connect ke WiFi, atau laptop teman kamu, adik kamu, bahkan pacar kamu mengalami seperti ini, kamu bisa mencoba cara-cara yang sudah di jelaskan di bawah ini

Mengapa Laptop Tidak Bisa Connect WiFi?

1. Driver Sudah Kadaluarsa

Driver sudah outdate

Yang pertama adalah masalah driver. Driver memiliki peran penting dalam membaca WiFi di laptop.

Jika laptop tidak bisa connect ke WiFi, kamu bisa cek apakah di laptop sudah ter-install driver tersebut atau belum?

2. Adapter WiFi Belum di Aktifkan

Kedua adalah  WiFi belum di aktifkan pada laptop kamu. Agar bisa menggunakan WiFi, kamu harus mengaktifkan adapter WiFi di laptop.

Jika tidak terhubung ke WiFi, kamu harus cek terlebih dahulu ya apakah sudah aktif atau belum.

3. Kesalahan Dalam Setting Network Connection

Untuk penyebab selanjutnya adalah kesalahan dalam men-setting network connection pada control panel. Salah satu tanda kamu salah dalam men-setting network connection adalah WiFi di laptop menjadi limited.

Salah satu tanda WiFi yang limited di laptop adalah adanya tanda seru pada bar signal WiFi. Jadi jangan sampai salah men-setting network connection.

4. Masih Dalam Mode Pesawat

Nah! coba kamu cek apakah laptop masih menggunakan mode pesawat. Mode pesawat pada laptop tidak jauh berbeda dengan mode pesawat pada smartphone.

Jika kamu menggunakan mode pesawat di laptop. Kamu tidak akan bisa mendapatkan sinyal WiFi, berbeda di smartphone yang dimana menggunakan mode pesawat bisa menggunakan koneksi internet, itulah perbedaan WiFi laptop dengan WiFi smarphone.

5. Driver Belum Di-install

Penyebab terakhir adalah driver belum di-install. Sama seperti di poin sebelumnya, driver memiliki peran penting dalam membaca WiFi di laptop.

Jika laptop tidak bisa connect ke WiFi, kamu bisa cek apakah di laptop sudah ter-install driver tersebut atau belum.

Cara Tepat Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

1. Aktifkan Adapter WiFi di Laptop

Cara pertama adalah kamu harus mengaktifkan adapter WiFi di laptop. Setiap laptop memiliki adapter WiFi yang dimana untuk menyambungkan WiFi dengan laptop.

Jika tidak bisa terhubung ke WiFi, kamu bisa cek apakah adapter WiFi kamu sudah aktif atau belum. Nah, untuk mengaktifkannya kamu bisa menekan tombol Fn+F3.

[artikel number=4 tag=”tips” ]

2. Men-setting Ulang IP Address

Cara selanjutnya adalah kamu harus men-setting ulang IP address yang ada di laptop kamu agar bisa menggunakan WiFi. IP Address berperan penting dalam koneksi internet.

Nah, jika IP address bermasalah atau pernah kamu ubah sebelumnya. Itu bisa saja laptop kamu tidak bisa connect ke WiFi.

Berikut cara setting ulang IP Address:

1. Buka “Control Panel“.

2. Klik “Network and Internet“.

3. Klik “Network and Sharing Center“.

4. Klik “Change Adapter Settings“.

5. Pilih Wi-Fi lalu klik kanan, setelah itu kamu bisa klik “Properties“.

6. Pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” lalu pilih “Properties“.

7. Kamu bisa pilih “Obtain an IP address automatically” dan “Obtain DNS server address automatically“.

3. Install Ulang Driver WiFi Laptop

Cara selanjutnya adalah kamu bisa install ulang driver WiFi laptop. Driver memiliki peran penting di setiap laptop termasuk dengan menghubungkan WiFi ke laptop.

Nah, jika laptop tidak bisa connect WiFi. Kamu harus mengecek, apakah driver laptop sudah terpasang atau belum.

4. Restart Laptop

Selanjutnya dengan cara merestart laptop. Mungkin ada beberapa masalah di dalam sistem laptop kamu yang dimana tidak bisa terhubung ke WiFi.

Maka dari itu, kamu bisa restart laptop agar semua sistem tersebut akan bekerja secara ulang dan WiFi bisa terdeteksi di laptop.

5. Restart Router

Dan yang terakhir adalah restart router. Hal ini bisa saja terjadi jika router bermasalah yang menyebabkan WiFi tidak terbaca di laptop. Jika masih belum terhubung, kamu bisa menggunakan smartphone kamu untuk mengecek WiFi, apakah bisa di akses atau tidak, Jika tidak bisa diakses berarti itu bisa terjadi kendala dari pusat pihak penyedia layanan.

Jika WiFi kalian bermasalah bisa menghubungi pihak penyedia layanan tersebut.

Silahkan Komentar

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here