Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami

0
255
views
Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami

befren.com – Semut merupakan salah satu binatang yang populasinya paling banyak di dunia lho. Semut juga termasuk di antara 10.000 spesies serangga. Semut memiliki kebiasaan sosial dan hidup bersama koloni.

Para ahli binatang memperkirakan setidaknya ada lebih dari satu juta semut per satu manusia di muka bumi ini. Maka dari itu, setiap rumah pasti juga ada semutnya. Semut akan keluar dari sarangnya untuk mencari makan, terutama di musim hujan dan ketika ada makanan berceceran atau minuman yang tumpah di lantai. Terdapat tiga kasta dalam koloni, yaitu ratu, laki-laki, dan pekerja. Beberapa spesies semut hidup di dalam sarang, dan yang lainnya keluar sebagai parasit atau pemburu makanan.Lantas bagaimana cara mengusir semut dengan bahan alami?

1. Semprotan Perasan Lemon

Cara mengusir semut yang selanjutnya menggunakan air perasan lemon. Selain memberi kesegaran pada rumah Anda, ternyata cairan lemon bisa menjadi insektisida alami. Air perasan lemon akan mengganggu jalannya semut, serta mengecoh ketika berkomunikasi dengan semut lain.

Caranya pun mudah, campurkan 1 buah lemon dengan 2 bagian air ke dalam botol spray. Semprotkan pada area yang rentan dikerubungi semut.

Anda juga meletakkan kulit lemon sisa perasan tadi, pada lubang-lubang dekat pintu, jendela atau celah di dinding yang diduga sebagai tempat persembunyian semut.

2. Cuka dan air

Bahan dapur yang satu ini dapat berguna untuk mengusir semut. Anda cukup membubuhkan larutan cuka bercampur air, lalu hewan kecil ini dapat mencium bau cuka yang sudah kering dan menghindarinya.

3.Cengkeh

Cara mengusir hewan ini tanpa perlu air adalah menggunakan cengkeh sebagai alternatif. Anda dapat menempatkan 5-10 cengkeh di tempat yang banyak semut. Aroma cengkeh yang kuat tidak disukai semut sehingga mereka akan pergi dengan sendirinya.

4.Garam

Garam sebenarnya tidak akan membunuh semut, tetapi garam dapat mencegah dan menghentikan semut yang datang. Anda dapat menaburkan garam ke retakan, lubang, atau daerah yang semut rawan datang. Pastikan bahwa daerah yang akan ditaburi tersebut dalam keadaan kering.

5.Bubuk atau Ampas Kopi

Cara mengusir semut dari rumah dengan bahan alami dan mudah yang ketiga ialah dengan bubuk kopi. Caranya cukup taburkan bubuk kopi pada daerah semut suka datang.

Selain dengan dengan bubuk kopi yang masih baru, ampas sisa minuman Anda pun masih bisa digunakan lagi. Taruh ampas di meja dapur, luar rumah, dan lemari tempat semut suka berbaris.

6.Kulit Telur

Cara mengusir semut di rumah dengan bahan alami yakni kulit telur. Selain bisa Anda manfaatkan sebagai pupuk tambahan, ternyata kulit telur juga cocok sebagai penghalang semut.

Caranya, Anda sangrai kulit telur hingga berubah warna menjadi hitam, kemudian tumbuk halus, dan taburkan ke daerah sarang semut.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here