Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Pakaian

0
498
views

befren.com – Saat pakaian yang kita gunakan terkena noda pasti sangat menyebalkan, apalagi terkena noda luntur itu dapat mengganggu penampilan kita. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ada beberapa tips yang mungkin dapat kalian lakukan.

1. Larutan cuka asam, garam dan detergen

Anda juga bisa memanfaatkan satu lagi bahan di dapur Anda, yakni cuka asam. Tambahkan garam dan detergen dengan rasio cuka yang sama banyaknya dengan sabun detergen. Tambahkan air panas ke dalam ember hingga seluruh bagian pakaian terendam.

Bila tidak terendam semua, maka noda luntur akan berberak ke arah bagian yang tidak terendam. Diamkan pakaian di dalam ember selama 30 menit dan lihat hasilnya setelah Anda bilas.

2. Cairan pelarut

Cara ini dapat dilakukan untuk pakaian berwarna yang terkena luntur. Cairan pelarut seperti alkohol gosok bisa menjadi solusi untuk menghilangkan noda luntur pada pakaian berwarna Anda. Teteskan cairan ini pada kain lap putih dan tekan-tekan pada bagian yang ternoda. Anda bisa melihat noda luntur mulai memudar. Ketika sudah bersih, bilas pakaian dengan air hangat sebelum mencucinya seperti biasa. UIangi langkah ini hingga noda benar-benar hilang.

3. Penghapus noda

Ada banyak produk penghilang noda yang diformulasikan khusus menghilangkan noda luntur. Pilihlah yang aman untuk bahan pakaian Anda dan selalu ikuti petunjuk di kemasan.

4. Larutan vetsin dan detergen

Campur detergen dengan vetsin dengan perbandingan 2 : 3. Tambahkan air panas, sesuaikan dengan pakaian yang akan Anda rendam. Setidaknya Anda harus memastikan pakaian berwarna tadi cukup terendam secara utuh dalam air rendaman. Diamkan selama 30 menit dan kucek. Kemudian cuci lagi dengan detergen murni dan bilas.

5. Larutan citrun dengan detergen

Bubuk citrun ini terkenal sangat efektif dalam mengatasi noda, termasuk noda luntur dan noda tinta yang biasanya sangat sulit teratasi.

Cukup dengan memadukan bubuk citrun dengan detergen dan air yang cukup untuk merendam pakaian hingga seutuhnya terendam. Diamkan selama 30 menit dan cuci kembali dengan detergen, kemudian bilas. Akan lebih baik kalau Anda menambahkan sesendok makan garam yang akan menambah kinerja larutan tadi.

6. Baking soda

Bila noda luntur yang Anda hadapi belum parah, hanya mengenai beberapa bagian dengan warna yang tidak terlalu mencolok, maka Anda perlu tau kalau Anda juga bisa mengatasi noda luntur tadi dengan campuran detergen dengan baking soda. Meski tidak seefektif cairan asam atau vetsin, cara ini juga cukup banyak diminati karena bahannya lebih mudah dicari dan mudah didapatkan.

7. Alkohol

Kalau noda luntur yang Anda hadapi berasal dari tinta, salah satu cara yang cukup efektif untuk menghilangkannya adalah dengan penggunaan cairan alkohol. Cairan ini bisa Anda gosokan dulu pada noda hingga memudar. Kemudian sebelum cairan alkohol mengering, segera celupkan dan kucek pakaian dalam cairan sabun detergen. Lakukan beberapa kali hingga akhirnya bersih sempurna.

8. Cairan aseton pembersih kuteks

Kalau Anda menyimpan aseton atau pembersih kuteks di rumah, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan noda luntur. Caranya aplikasikan cairan aseton pada noda di atas pakaian. Diamkan selama setengah jam. Kemudian kucek lalu bilas dan cuci seperti biasa.

9. Pemutih tanpa klorin

Penggunaan produk ini tentu saja digunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian berwarna putih. Pemutih dapat menghilangkan luntur pada baju putih secara efektif. Namun, larutan ini bisa menjadi terlalu kuat untuk pakaian berbahan lembut. Pastikan label pakaian Anda memuat simbol pemutih.

Rendamlah pakaian Anda yang terkena noda luntur di dalam mesin cuci. Masukkan cairan pemutih dalam satu takaran tutup botol pemutih. Atau, jika Anda mencuci dengan tangan, masukkan satu tutup botol pemutih ke dalam satu ember air dingin. Celupkan pakaian yang terkena noda luntur ke dalam larutan tersebut hingga 1-2 jam sebelum dicuci seperti biasa. Ikuti instruksi pada botol pemutih untuk mengetahui rincian takaran dan panduan keselamatan.

10. Deterjen cair

Isi baskom dengan air panas. Pastikan panasnya tidak melebihi yang disarankan pada label pakaian Anda. Tuangkan deterjen cair ke dalamnya. Rendam pakaian selama sedikitnya 30 menit, paling lama tiga jam, sebelum mencucinya di mesin cuci. Cuci pakaian dengan suhu terpanas tanpa merusak pakaian. Ulangi proses ini jika noda masih ada.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here