Cara Menghilangkan Ketombe Membandel

0
200
views

befren.com – Ketombe adalah serpihan kulit kepala yang mengering dan mengelupas. Biasanya disertai gatal pada kulit kepala dan meninggalkan serpihan putih pada bahu pakaian atau bantal dan tempat bekas kepala bersender.

Di samping rasa gatal yang mengusik kenyamanan, noda putih yang berjatuhan kerap menurunkan kepercayaan diri karena mengganggu penampilan. Mengingat, masalah rambut dan kulit kepala sering dihubungkan dengan kurangnya menjaga kebersihan dan merawat diri.

Kelembapan rambut harus terjaga

Rambut yang lembap adalah pangkal kulit kepala yang sehat. Mengingat beragam jenis kerusakan rambut disebabkan kondisi kering, mulai dari rambut bercabang, patah, rontok, tak terkecuali ketombe.

Mengatasi itu, Anda bisa menggunakan produk sampo dengan kandungan antioksidan untuk menetralkan zat radikal bebas serta menjaga kadar keratin untuk menjaga kelembapan dan kekokohan rambut.

Cara lain, jangan terlalu sering keramas karena bisa menurunkan kadar minyak alami pada kulit kepala. Idealnya cukup keramas tiga kali dalam seminggu agar rambut tidak terlalu kering.

Menghindari stres

tres selalu menjadi pangkal segunung gangguan kesehatan, tak terkecuali masalah ketombe dan kesehatan kulit kepala. Mengacu pada situs Healthline, tingginya stres melemahkan sistem imun sehingga infeksi akibat jamur di kulit kepala sukar sembuh. Kulit kepala pun mudah mengelupas alias berketombe.

Jamur menjadi salah satu penyebab ketombe. Salah satunya Seborrheic dermatitis yang merupakan penyakit akibat pertumbuhan jamur berlebih di kulit kepala. Selain gatal, radang, dan kemerahan, kulit kepala mudah terkelupas layaknya ketombe.

Seborrheic dermatitis berbeda dengan ketombe biasa. Serpihan kulit kepala akibat ketombe berbentuk tipis dan ringan, sedangkan serpihan akibat Seborrheic dermatitis kuning dan lengket. Jika pekerjaan, studi, dan berbagai kondisi hidup sedang sulit, pastikan memiliki pelampiasan stres yang tepat. Jangan biarkan stres mengganggu kesehatan.

Penggunaan sampo yang cocok

Belum ada penjelasan ilmiah tentang produk yang cocok dengan tipe kulit kepala masing-masing orang. Namun mengingat setiap produk memiliki kandungan dan dampak yang berbeda, perlu memperhatikan benar produk mana yang cocok dengan jenis rambut dan kulit kepala. Jangan sampai gara-gara salah produk malah menyebabkan ketombe.

Pun dalam menggunakan kondisioner, terutama untuk wanita, pastikan hanya diaplikasikan dari tengah hingga ujung batang rambut. Jangan dioleskan pada kulit kepala karena bisa menyebabkan kulit kepala lembap dan lengket, alhasil bisa membuat peradangan ketombe.

  • Zinc pyrithione. Zat khusus yang terkandung di dalam sampo ini bersifat antibakteri dan antijamur. Jenis sampo ini dapat mengurangi perkembangan jamur penyebab ketombe dan dermatitis seboroik.
  • Ketoconazole. Ketoconazole merupakan agen antijamur berspektrum luas yang digunakan ketika sampo jenis lain tidak mampu membasmi ketombe. Sampo ini ada yang dijual bebas atau melalui resep dokter.
  • Asam salisilat. Asam salisilat bisa mengatasi kerak pada kulit kepala karena ketombe. Namun, kandungan ini bisa membuat kulit kepala menjadi kering sehingga menyebabkan makin banyaknya kulit yang terkelupas.
Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here