Cara Mengetahui Samsung Asli atau Replika

0
479
views

befren.com – Bingung handphone yang kita beli itu asli apa palsu, apalagi jika membeli tidak membelinya di tempat resminya, salah satu contohnya dari teman atau di marketplace.

Jangan bingung, berikut cara memecahkan unek-unek yang ada dipikiran kamu.

1. Cek Melalui Website IMEI.info

Lakukan pengecekan kode IMEI melalui website.

Caranya seperti di bawah ini:

  • Kunjungi situs IMEI.info
  • Setelah berhasil masuk, silahkan masukan kode IMEI yang tertera pada dus. Lalu centang bagian i’m not a robot, setelah itu klik Check.
  • Centang bagian i’m not a robot, setelah itu klik Check
  • Setelah itu akan muncul informasi mengenai ponsel tersebut, mulai dari bentuk, tipe, tahun rilis, dan lain-lain
  • Jika ingin mengetahui spesifikasi lengkap mengenai ponsel tersebut, kamu bisa klik di bagian Read More. Maka akan muncul sejumlah informasi mengenai ponsel Samsung tersebut.

2. Cek Kode IMEI

Cara kedua untuk mengetahui Samsung asli dan palsu, kamu bisa melakukan cek kesamaan kode IMEI yang tertera pada ponsel dan di bagian dus. Untuk mengecek kode IMEI, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Ketik *#06# kemudian tekan tombol Call pada telepon
  • Setelah itu akan muncul informasi IMEI. Biasanya akan ada 2 IMEI, namun beberapa ponsel hanya memiliki 1 IMEI saja. Setelah itu, kamu bisa mencocokan kode IMEI yang tertera di ponsel dengan di dus. Pastikan jika kode IMEI tersebut benar-benar saja. Jika tidak, bisa dipastikan jika HP Samsung tersebut palsu.

3. Cek Kondisi Fisik

Untuk kamu yang sebelumnya menggunakan HP Samsung, pastinya sudah tahu perbedaan mana Samsung asli dan palsu. Hal tersebut bisa kamu lihat pada bagian fisiknya. Biasanya , untuk HP Samsung asli memiliki cover yang lebih kuat dengan warna yang tidak terlalu mencolok. Selain itu, logo Samsung yang tersemat di HP pun juga tidak terasa timbul. Apalagi kamu menemukan HP Samsung dengan cover yang lebih ringkih, warna yang terlalu terang atau mencolok, serta logo yang terlihat timbul, kasar, ataupun mudah tergores. Maka bisa dipastikan jika HP Samsung tersebut adalah produk replikasi atau palsu.

4. Cek dengan Kode Rahasia

Selain dengan cek kode IMEI, kamu juga bisa cek melalui kode rahasia untuk mengetahui apakah HP Samsung tersebut palsu atau bukan. Kode rahasia yang bisa kamu gunakan adalah *#0*#. Kode ini bisa kamu gunakan untuk mengetahui informasi HP Samsung. Jika setelah kamu klik tombol Call langsung masuk ke menu LCD TEST, maka dipastikan HP Samsung kamu asli. Namun, jika tidak bisa masuk ke menu LCD TEST. Maka kemungkinan HP tersebut palsu.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kode rahasia *#*#4636*#*#. Kode ini bisa kamu gunakan untuk memperoleh spesifikasi HP Samsung. Pastikan jika semua spesifikasi tersebut sama dengan HP Samsung yang kamu miliki.

5. Cek Kode Negara Produksi

Jika beberapa cara di atas masih kurang meyakinkan apakah HP Samsung asli atau bukan. Maka kamu bisa cek kode negara produksi. Cara cek kode negara produksi bisa kamu lakukan melalui situs IMEI.info. Namun jika masih bingung kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Silahkan kunjungi situs IMEI.info

  • Setelah berhasil masuk, centang bagian i’m not a robot. Lalu klik Check
  • Setelah itu akan muncul informasi mengenai ponsel tersebut, mulai dari bentuk, tipe, tahun rilis, dan lain-lain
  • Jika ingin mengetahui spesifikasi lengkap mengenai ponsel tersebut, kamu bisa klik di bagian Read More. Maka akan muncul sejumlah informasi mengenai ponsel Samsung tersebut

6. Cek Harga di Pasaran

Biasanya orang akan lebih tertarik pada HP yang dijual dengan harga murah. Namun jika harganya terlalu murah dari harga pasaran. Sebaiknya, kamu tidak langsung terkecoh untuk membelinya. HP Samsung yang dijual dengan harga murah, bahkan 2 kali lebih murah dari harga pasaran. Bisa jadi HP tersebut merupakan produk replika atau KW. Dimana sebelum membeli HP Samsung tipe tertentu, sebaiknya kamu cek terlebih dahulu harga yang ada di pasaran. Jika harganya terlalu murah dari harga pasaran. Maka kamu harus lebih waspada mengenai keaslian HP tersebut.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here