Cara Mengatasi Laptop Muncul “Your PC ran into a problem and needs to restart. Were just collecting some error info, then we’ll restart for you”

0
183
views

befren.com – Saat Windows 10 atau OS pendahulunya, mengalami masalah, kalian pasti mengalami kebingungan dan itu bagi yang belum pernah ngotak-ngatik OS. Namun masalah ini jarang terjadi namun biasanya Windows akan mengalami crash dengan layar membiru disertai pesan bertuliskan “Your PC ran into a problem and needs to restart. “Were just collecting some error info, then we’ll restart for you”.

Ada pula masalah yang serupa terjadi dan sering dialami pengguna lainnya. Intinya dimana mereka mendapatkan kesalahan dengan melihat layar biru tanpa bisa menyalakan computer atau booting sama sekali. Istilah ini biasa disebut dengan Blue Screen of Death (BSOD).

Pernahkah kalian mengalami hal tersebut, lantas apa yang kalian lakukan? ke tempat servis atau diperbaiki sendiri? Jika ingin mengatasi sendiri tips berikut, setidaknya bisa mendiagnosis, dan mudah-mudahan bisa memperbaiki kesalahan dari masalah windows 10 yang muncul Were just collecting some error info, then we’ll restart for you”.

Atasi masalah tersebut dengan beberapa poin yang dapat membantu kalian:

Mencari Tau Penyebab Masalah Layar Biru

Back up Sebelum mulai

Mungkin menyimpan banyak file penting di komputer. Entah itu berupa gambar dan video, hingga dokumen penting. Sayangnya semua ini bisa hilang dengan sangat mudah jika  tidak membuat backup terlebih dahulu.

Meskipun harus selalu melakukan ini setiap saat, jika mulai mengalami masalah dengan PC . Maka membuat cadangan file perlu menjadi prioritas utama. Ini bisa membuat frustrasi karena kehilangan data berharga sia-sia hanya dalam waktu yang sangat singkat.

Ada banyak cara yang dapat gunakan untuk membuat sebuah backup untuk komputer windows.

Buat Kembali Masalah Itu Terjadi

Salah satu tips yang dapat lakukan adalah dengan mendiagnosis program mana yang membuat kesalahan itu bisa terjadi di windows 10 .

Terkadang kesalahan layar biru bisa terjadi ketika telah membuka sebuah program tertentu. Sehingga jika memang secara kebetulan mengalami layar biru ketika membuka salah satu program di komputer. Maka cobalah untuk membukanya kembali, apakah itu masalah yang sama muncul atau tidak.

Jika iya, maka dapat dipastikan bahwa itulah masalahnya. Selanjutnya adalah menghapus program itu dan menginstalnya kembali.

Periksa Kode Kesalahan

Kesalahan layar biru terkadang akan menampilkan kode kesalahan yang ditampilkan di bagian bawah pesan. Kode kesalahan itu biasanya bertuliskan seperti “0xc00007b”.

Jika terjadi seperti itu lakukan install ulang aplikasi .Net Framework

Dalam banyak kasus, kesalahan ini dapat diakibatkan karena .NET framework. Jadi coba instal ulang versi .NET terbaru. Download dan instal Aplikasi .Net untuk memperbaiki kesalahan 0xc000007b.

Setelah berhasil menginstall ulang aplikasi .Net Framework > restart PC .

Cara Mengatasi Blue Screen of Death

Salah satu hal pertama yang perlu diselidiki adalah, apakah membuat perubahan pada sistem . Biasanya ini akan terjadi ketika baru saja menambahkan software baru atau update ke program yang ada.

Jika layar biru terjadi saat menggunakan sebuah program, atau memuatnya, mungkin perlu menghapus pemasangan perangkat lunak dan kemudian menginstal ulang lagi. Blue Screen juga bisa disebabkan pada:

1. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Penyebab laptop Blue Screen ini adalah terjadinya kesalahan pada saat instalasi driver VGA kamu.
Solusi: Instal ulang driver VGA kamu, pastikan dengan driver yang sudah ter-update.
2. BAD_POOL_CALLER
Penyebab laptop Blue Screen ini adalah kesalahan pada saat instalasi OS ( biasanya terjadi pada Windows XP)
Solusi: Pastikan kaset CD installer tidak rusak atau corrupt cara terakhir untuk memperbaiki bluescreen adalah dengan menginstall ulang laptop. dan pastikan CD windows atau ISO tidak corrupt, jika setelah install ulang juga masih tidak berhasil kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hardware.
3. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Penyebab laptop Blue Screen ini adalah terjadi kerusakan pada hardware, utamanya pada Memory (RAM), VGA, dan memory pada processor (L2 cache).
4. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Penyebab laptop Blue Screen ini bisa terjadi karena posisi jumper pada hardisk yang salah lalu bisa juga karena Driver IDE controller yang salah dan Virus Boot sector.
Solusi: Periksa kondisi kabel IDE , bersihkan virus pada boot sector dan atur kembali jumper pada hardisk

Update driver

Pada beberapa kasus di masa lalu dimana pengguna rentang mengalami kesalahan yang disebabkan oleh driver graphic card-nya yang corrupt. Jika telah meningkatkan versi driver baru-baru ini, dan mengalami kesalahan setelah itu. Maka mungkin layak kembali ke versi sebelumnya

Sebagai alternatif, kunjungi forum di situs pabrikan untuk mengetahui apakah ada masalah dengan pembaruan.

Untuk mencopot pemasangan program atau driver itu. Kalian harus mengklik area pencarian di taskbar lalu ketik update yang terinstal dan pilih opsi yang muncul dengan nama itu.

Sekarang akan dibawa ke Control Panel di mana dapat memeriksa tanggal driver dan menghapus yang mungkin merupakan penyebabkan masalahnya.

Update Windows

Hal lain yang jelas untuk memeriksa adalah bahwa Windows itu sendiri up to date.

Untuk melakukan ini klik pada tombol Start dan klik ikon cog, lalu klik Update & security. Saat panel Update muncul klik Check for Updates.

Periksa Perangkat Keras

Jika menggunakan PC desktop, sebaiknya membuka mesin dan memastikan semua perangkat keras yang terpasang dengan benar.

Jika kartu tidak sepenuhnya dimasukkan ke dalam slotnya maka ada kemungkinan di luar itu bisa menyebabkan crash.

Tentu saja jika telah mengupgrade VGA, graphic card, atau mungkin RAM baru-baru ini. Maka ini akan menjadi hal yang perlu diselidiki, karena perangkat keras baru bisa menyebabkan masalah.

 

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here