Cara Memperbaiki Galaxy S9 yang Tidak Dapat Terhubung ke 4G LTE

0
173
views
Galaxy S9

befren.com – Baru-baru ini, seorang teman saya menghubungi saya menanyakan masalah konektivitas internet Galaxy S9-nya. Dia tidak dapat terhubung ke 4G LTE. Wi-Fi berfungsi dengan baik di telepon, itu adalah data seluler yang menolak untuk terhubung. Untuk membantu teman saya, saya melakukan sedikit riset dan menemukan bahwa ada sejumlah besar pemilik Galaxy S9 yang menghadapi masalah yang sama.

Galaxy S9 tidak dapat tersambung ke 4G LTE karena sejumlah alasan. Ini bisa menjadi Data Anda, bisa jadi pengaturan APN Anda, bisa jadi SIM Anda salah dimasukkan di ponsel, atau bisa juga Operator Jaringan Anda. Sangat mudah untuk memperbaiki masalah konektivitas 4G LTE pada Galaxy S9, tetapi jika Anda tahu penyebab akar masalah.

Cara memperbaiki Galaxy S9 yang tidak dapat terhubung ke 4G LTE

Dalam panduan ini, saya telah mencantumkan semua kemungkinan solusi. Coba semua solusi ini satu per satu untuk menemukan solusi yang memperbaiki Galaxy S9 yang tidak dapat terhubung ke 4G LTE.

Matikan flight mode

Pertama-tama, Anda harus memeriksa apakah Mode Penerbangan/ flight mode dimatikan atau tidak. Jika aktif, matikan terlebih dahulu. Konektivitas 4G LTE tidak berfungsi saat mode penerbangan dalam keadaan berjalan.

Pastikan SIM Anda memiliki Data 4G

Hal pertama yang perlu diperiksa di sini apakah SIM ponsel Anda memiliki Data 4G atau tidak.

Setelah kalian memiliki smartphone yang mendukung jaringan 4G, selanjutnya adalah kalian harus menggunakan sim card atau kartu sim yang sudah mendukung jaringan 4G. Apabila kartu sim yang kalian gunakan belum mendukung 4G, maka kalian tidak bisa menggunakan jaringan internt 4G.

Kalian tidak perlu khawatir, karena sekarang ini sudah hampir semua kartu sim operator seluler sudah mendukung 4G. Jadi kalian bisa membeli kartu tersebut di counter-counter terdekat, kalian bisa memilih kartu sim sesuai keinginan kalian yang menurut kalian harga paket datanya cocok. Tapi kalian harus memastikan bahwa kartu sim yang kalian miliki itu sudah support 4G.

Periksa Pengaturan APN & Tipe Jaringan Pilihan

Buka Settings> Connections > SIM Card Manager.
Klik pada kartu SIM yang Anda gunakan.
Sekarang klik pada Access Point Names > Klik pada tombol Menu> Reset ke default.
Kembali ke opsi SIM> Jenis Jaringan yang Disukai.
Pastikan bahwa itu diatur ke 2G / 3G / 4G (Otomatis).
Nyalakan ulang ponsel Anda setelah melakukan pengaturan ini.

Reset Pengaturan Jaringan

  • Di Galaxy S9, buka Settings.
  • Di Settings> Tentang Telepon> RESET.
  • Sekarang di RESET> Reset Network Settings.
  • Reset Network Settings sekarang dan restart telepon.

Ini akan mengatur ulang pengaturan untuk WiFi, Data Seluler, dan Bluetooth. Periksa apakah 4G LTE berfungsi sekarang atau tidak.

Periksa Konfigurasi SIM untuk Data Seluler

Kadang-kadang, kami menggunakan 2 kartu SIM dalam Galaxy S9 dual-SIM diaktifkan. Jika salah satu SIM memiliki 4G LTE, dan yang lainnya tidak, itu dapat menyebabkan masalah juga. Bertanya-tanya bagaimana? Nah, jika SIM tanpa 4G LTE dipilih untuk bekerja untuk Mobile Data di SIM Card Manager, itu tidak akan membiarkan Anda terhubung ke 4G. Dalam kasus seperti itu, Anda harus memilih SIM yang tepat untuk Data Seluler. Ikuti langkah-langkah ini untuk memilih SIM.

  • Buka Settings di telepon Anda.
  • Di Settings > Koneksi.
  • Di Koneksi> SIM Card Manager.
  • Anda akan menemukan data Seluler di bawah kartu SIM pilihan.
  • Klik pada Data Seluler dan pilih SIM yang memiliki Data 4G.

Copotlah keluar kartu SIM dan pasang lagi

Jika kartu SIM tidak dimasukkan dengan benar di tempat SIM, itu dapat menyebabkan masalah konektivitas yang parah. Gunakan alat Pelepas Kartu SIM untuk menarik SIM keluar dari telepon. Tempatkan SIM  dengan benar dan kembalikan. Nyalakan ulang ponsel Anda setelah melakukan ini. Periksa Data Seluler kalian sekarang.

Boot telepon dalam Safe Mode

Aplikasi yang baru saja diinstal juga dapat membuat konflik dengan data Seluler di ponsel Anda. Anda dapat menonaktifkan semua aplikasi dan melihat apakah data Seluler berfungsi tanpa aplikasi. Untuk melakukannya, Anda dapat mem-boot Galaxy S9 Anda dalam Mode Aman. Ikuti langkah-langkah ini untuk melakukan ini.

  • Pertama-tama Anda akan diminta untuk mematikan Galaxy S9  Anda dan kemudian melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Anda akan memiliki tombol Power di sisi kanan Galaxy S9  tekan dan tahan.
  • Segera setelah logo Samsung Galaxy muncul di layar, lepaskan tombol Power dan tekan dan tahan tombol Volume down hingga layar kunci muncul di perangkat Anda.
  •  Setelah Galaxy S9  Anda benar-benar di-reboot, Anda akan melihat logo Safe Mode di bagian bawah layar di sisi kiri.
  • Semua aplikasi telah dinonaktifkan sekarang. Periksa konektivitas 4G.
  • Jika telepon berfungsi dengan baik sekarang, Anda harus mencoba mencopot pemasangan aplikasi yang baru diinstal satu demi satu.

Hubungi Operator Jaringan Anda

Anda telah mencoba semua solusi yang diberikan di atas, tetapi jika tidak ada yang berhasil.  Alangkah baiknya kalian menghubungi  Operator Jaringan Anda untuk dapat membantu Anda mengenai Tidak Dapat Terhubung ke 4G LTE . Kunjungi pusat layanan Operator Operator terdekat Anda untuk dan ajukan masalah tersebut.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here