Cara Memberikan Keterangan Gambar di Microsoft Word

0
951
views

befren.com – Perangkat lunak yang dapat mengolah kata (word processor) merupakan andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word saja.

Microsoft Word biasanya sangat terkenal di dunia perkantoran, tak hanya dapat mengolah kata, aplikasi Microsoft Word dapat menyisipkan obyek lain seperti gambar, clip art, grafik dan lain sebagainya. Untuk menambah kesan profesional, Microsoft Word memberikan fitur untuk menyisipkan sebuah gambar yang memiliki keterkaitan erat dengan dokumen Word sehingga dapat membantu memperkuat isi dokumen tersebut.

Tidak sedikit gambar hanya sekedar disisipkan saja ke dokumen tanpa diberi keterangan (caption) yang bisa menjelaskan gambar tersebut. Keterangan  pada gambar dapat membantu pembaca memahami gambar yang disertakan.

Pertama jalankan aplikasi Microsoft Word dan selanjutnya buka dokumen yang telah terisi gambar yang ingin diberi keterangan. Klik gambar untuk menyeleksinya, pastikan Anda telah berada di tab References (A) dan kemudian klik tombol Insert Caption (B) sesuai gambar di bawah ini.

Ada yang lebih praktis dan gambang, yaitu hanya mengklik kanan tombol mouse tepat di gambar untuk menampilkan daftar menu pintas dan kemudian pilih Insert Caption…

Di kotak dialog Caption yang muncul, pilih label yang akan disertakan (1). Bila ingin menggunakan label sendiri, misalnya label Gambar, buat label terlebih dahulu menggunakan tombol New Label… (2). Tulis keterangan (caption) yang akan disisipkan ke gambar (3) dan kemudian klik tombol OK (4).

Sekarang keterangan (caption) telah disisipkan ke gambar di dokumen Microsoft Word.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here