Cara Melatih Anak Berpuasa Sejak Usia Dini

0
267
views

befren.com – Melatih anak untuk menjalankan ibadah puasa adalah kewajiban setiap orangtua yang beragama islam. Melatih anak berpuasa sama saja mengenalkan anak pada kedisiplinan dan juga pendidikan agama. Pastikan pula nutrisinya terpenuhi selama berpuasa.

Pendidikan agama sangatlah pentingnya untuk diterapkan kepada anak sedini mungkin, termasuk urusan belajar berpuasa. Namun, tidak dapat dimungkiri, mengajarkan anak berpuasa tidaklah semudah yang dibayangkan.

Sulit dibangunkan saat sahur, tidak tahan lapar dan haus, malas beraktivitas lantaran berpuasa, belum lagi harus membujuknya dengan berbagai penghargaan jika dia berhasil menjaga puasanya.

Dalam mengajarkan anak makna puasa, sebaiknya lakukan dengan bahasa yang ringan agar mudah dimengerti oleh anak. Tidak hanya menahan lapar dan haus saja, ajarkan anak makna Ramadhan yang sesungguhnya. Dengan begitu, anak akan memiliki gambaran bahwa melakukan puasa termasuk ibadah dan masuk dalam ajaran agama.

Untuk menangani anak berpuasa dalam menyiapkan makanan berbuka puasa, membangunkan sahur, mengajak tarawih dan lainnya. Dengan begitu, anak akan terbiasa dengan suasana Ramadhan di sekitar mereka. Anak usia 6 tahun ke atas sudah bisa diajarkan berpuasa secara bertahap terlebih dahulu. Tidak mempermasalahkan pemberian penghargaan kepada anak sebagai salah satu bentuk motivasi agar mereka semakin semangat dalam menjalankan ibadahnya. Tetapi, sebaiknya pemberian penghargaan ini bukan dalam bentuk materi, melainkan dengan memasakkan makanan kesukaan anak.

“Jika berpuasa setengah hari, menu berbukanya biasa saja, tapi kalau puasanya full, nanti bunda buatkan makanan kesukaan adik yang paling enak”.

Terdapat dua sisi puasa yang harus diperkenalkan kepada anak. Pertama sisi konkret, misalnya tidak boleh makan dan minum, tidak boleh bicara kasar atau marah. Dengan mengenalkan sisi puasa yang nyata ini, orang tua pun selayaknya mengelola emosi mereka dengan baik ketika berhadapan dengan anak. Kedua dari sisi abstrak, puasa adalah suatu bentuk ibadah yang bertujuan menyucikan diri dan mendapat ganjaran yang setimpal dari Allah SWT.

Memastikan Nutrisi pada Anak Tercukupi

Mengajarkan anak untuk berpuasa tidak terlepas dari mengajarkan pentingnya sahur dan berbuka dengan asupan gizi yang baik untuk kesehatannya. Nah, sebagai orang tua, Anda perlu menyiapkan dan memastikan anak Anda untuk mengonsumsi karbohidrat, protein, sayur, dan buah yang cukup.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here