Cara Ampuh Membasmi Kutu Kucing

0
180
views

befren.com – Pasti kamu dan keluarga tentu lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja lantaran untuk mencegah penularan Covid-19. Dan segala hal yang terkait dengan kebersihan di rumah wajib diperhatikan. Termasuk kebersihan hewan peliharaan yaitu kucing.

Kucing juga merupakan hewan peliharaan yang dapat dihinggapi oleh kutu jenis Ctenocephalides felis. Saat terinfeksi kutu kucing, cara menghilangkan kutu kucing harus segera dilakukan untuk menghindari kutu kucing berpindah ke manusia.

Nah! Cara menghilangkan kutu kucing, sangatlah penting untuk diketahui. Sebab, kutu tidak hanya dapat ditemukan di tempat tidur, tetapi juga dapat menjangkiti manusia. Jika kamu memiliki hewan peliharaan, maka perlu mewaspadai kutu yang dapat hidup di hewan peliharaan tersebut.Ketika kutu menggigit, kucing akan menggaruk badannya dengan cakar sehingga dapat mengakibatkan kulit kucing terluka atau mengalami infeksi. Bulunya pun semakin lama akan menipis, rontok dan mengakibatkan kulit kucing iritasi berwarna kemerahan lho.

Cara menghilangkan kutu kucing sangat penting untuk dilakukan sebagai pencegahan terhadap infeksi penularan bakteri ataupun gigitan kutu kucing pada manusia. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan kutu kucing yang dapat kamu lakukan.

Obat kutu kucing :

Obat kutu kucing dapat ditemukan dapat bentuk cairan, pil, atau tablet dan dikonsumsi oleh kucing peliharaan. Cara menghilangkan kutu kucing yang satu ini bekerja dengan membunuh kutu kucing saat kutu menggigit kucing peliharaan. Obat kutu kucing berefek dalam waktu 30 menit. Kandungan dalam obat kutu kucing bisa berupa nitenpyram ataupun spinosad. Selain itu, obat kutu kucing juga tidak meninggalkan sisa-sisa bahan kimia pada kucing.

Semprotan atau sampo kutu kucing :

Semprotan atau shampo kutu kucing hanya bisa membunuh kutu kucing saat digunakan, tetapi tidak dapat membunuh kutu kucing yang berada di sekitar kucing dan kembali menjangkiti kucing.

Senyawa dalam semprotan atau shampo kucing biasanya mengandung fipronil yang bisa digunakan pada anak kucing yang tidak bisa diberikan salep kutu kucing. Namun, suara dari semprotan dapat membuat kucing terganggu atau cemas.

Jika kamu ingin cara alami bisa dengan cara:

Basmi kutu kucing dengan lemon:

Gunakan air lemon, air rebusan lemon tadi menggunakan sponge dan sikat. Jangan langsung menyiram tubuh mereka dengan gayung, tapi gunakan sponge agar mereka tidak kaget dan meronta.Jeruk lemon memiliki zat asam yang dapat membuat kutu merasa tidak nyaman sehingga mereka akan pergi dan membuat tubuh kucing Anda terbebas dari kutu kucing.

Basmi kutu kucing dengan cairan cuka:

Cuka putih dapat dimanfaatkan untuk mengusir kutu dari badan kucing kesayangan kamu. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain cuka putih atau cuka sari apel, dan satu liter air.

Cuka putih tidak hanya dapat digunakan untuk mengusir kutu, tapi juga membunuh kutu hingga membasmi telur-telurnya. Kulit dan bulu kucing juga akan lebih sehat dan bersih dengan cuka.
Caranya: cukup tuangkan satu sendok teh cuka ke dalam wadah berisi satu liter air, lalu pijat secara halus di sekitar bagian tubuh yang banyak terdapat kutunya. Lakukan cara ini dengan rutin hingga kutu benar-benar hilang dari tubuh kucing kamu.

Basmi kutu kucing dengan garam:

Masih dengan bahan-bahan rumah tangga, garam untuk penyedap makanan juga ternyata bisa dijadikan obat kutu kucing. Khasiat air garam disebut dapat menghilangkan kutu kucing dan juga memberantas larva atau telur kutu kucing.

Caranya: cukup dengan membuat larutan air garam dengan air hangat dan kemudian gunakan untuk merendam atau membilas kucing dengan air tersebut.

Tapi pastikan jangan sampai air terlalu panas dan terlalu banyak ya, agar tidak membuat kucing tersiksa meo meo….

Basmi kutu kucing dengan sabun cuci:

Sabun cuci piring Formulasi yang terkandung pada sabun cuci piring efektif dalam membasmi kutu. Kamu hanya perlu membasahi tubuh kucing kemudian semprotkan cairan sabun cuci piring ke bulu hingga lapisan terdasar bulu. Diamkan beberapa menit kemudian bilas kucing sampai bersih.

Itulah cara bagaimana membasmi kutu kucing, semoga kucing kamu bebas dari kutu..

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here