Cara Aman Bagi Pengguna Menggunakan WiFi Gratisan

0
131
views
Meskipun biasanya gratis dan efisien untuk digunakan, Wi-Fi publik membawa risiko keamanan karena peretas dapat dengan mudah menggunakan hot spot untuk mencuri informasi dari perangkat yang terhubung

befren.com – Kebutuhan akan akses internet kian berkembang, telah banyak tempat umum seperti kafe dan restoran menyediakan hotspot Wi-Fi tujuannya adalah sebagai fasilitas bagi para pengunjung untuk meningkatkan trafik pengunjung.

Meskipun biasanya gratis dan efisien untuk digunakan, menggunakan Wi-Fi publik memiliki risiko keamanan karena peretas dapat dengan mudah menggunakan hot spot untuk mencuri informasi dari perangkat yang terhubung. Informasi ini termasuk informasi pribadi, nama pengguna dan bahkan kata sandi.

Mengenai masalah ini, befren.com telah mengumpulkan tips tentang cara aman menjelajahi web menggunakan Wi-Fi publik.

Gunakan layanan online dengan keamanan HTTPS

HTTPS memiliki kemampuan untuk mengamankan transaksi data antara perangkat pengguna dan penyedia layanan online dengan menggunakan enkripsi. Hal ini mempersulit para peretas untuk menemukan data yang berjalan di dalam jaringan.

Sayangnya, tidak semua layanan online dilengkapi dengan keamanan HTTPS. Chrome adalah salah satu dari sedikit orang yang memiliki protokol ini dan situs web yang dipindai tanpa keamanan HTTPS akan ditandai sebagai “tidak aman”.

Jangan terlalu banyak memberi informasi

Kadang-kadang, penyedia hotspot Wi-Fi akan meminta informasi tambahan seperti e-mail atau nomor telepon. Biasanya, untuk tujuan pemasaran, penyedia ini akan dapat mengidentifikasi pengguna ketika mereka terhubung ke hotspot baru dengan penyedia yang sama.

[artikel number=4 tag=”tips” ]

Kuncinya adalah tidak memberikan informasi jika pengguna merasa nyaman. Sebaiknya tetap waspada dan tidak mudah memberikan jenis informasi ini.

Gunakan Wi-Fi yang teridentifikasi

Saat scan hotspot Wi-Fi, pasti banyak yang terdeteksi di handphone kita. Daripada memilih secara acak, lebih baik memilih hotspot yang diidentifikasi dengan baik, seperti yang dioperasikan oleh kafe atau restoran yang digunakan pengguna.

Selain itu, disarankan agar perangkat tidak terhubung ke terlalu banyak hotspot di tempat baru. Semakin banyak hotspot yang terhubung ke sebuah perangkat, semakin besar resiko keamanannya.

Batasi Airdrop dan file sharing

Munculnya berbagi file nirkabel telah mempermudah hacker meretas pengguna yang terhubung ke Wi-Fi publik. Fitur ini harus dimatikan saat tidak digunakan.

Gunakan VPN

Jaringan pribadi virtual (VPN) menyembunyikan identitas pengguna dengan cara enkripsi data. Transaksi data juga dialihkan ke server aman.

Karena itu, menggunakan VPN adalah salah satu cara paling efektif untuk mengamankan perangkat ketika terhubung ke Wi-Fi publik. Ini dapat dipasang melalui layanan desktop dan seluler, seperti Google Play Android.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here