Begini Cara Alami Menghilangkan Plak Gigi

0
201
views

befren.com – Salah satu hal yang paling menonjol pada wajah dan langsung bisa menarik perhatian orang adalah, senyuman. Tentu, tidak ada yang ingin tersenyum lebar jika mereka sadar bahwa gigi mereka menguning atau ada plaknya bukan?

Bahkan demi mendapatkan gigi yang putih tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan budget lebih untuk melakukan perawatan khusus. Untuk kamu yang ingin memiliki gigi putih dan bersih, maka tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Cara alami menghilangkan plak gigi di bawah ini bisa dilakukan secara rutin untuk mendapatkan gigi putih seperti yang diinginkan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara alami yang bisa Anda coba untuk mengurangi plak pada gigi.

1. Mengunyah apel

Menurut beberapa penelitian, mengunyah satu buah apel berpotensi merontokkan plak gigi jika dilakukan secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan apel yang bermanfaat bagi tubuh kita. Apel kaya akan kandungan asam alami yang mana bermanfaat untuk menghilangkan plak gigi. Hal ini akan memudahkan kita untuk membasmi plak gigi ketika menyikat gigi.

Caranya, cukup konsumsi satu buah apel secara rutin setiap hari. Selain tubuh kita menjadi lebih sehat, gigi juga menjadi lebih bersih dan terhindar dari plak gigi.

2. Kulit jeruk

Jangan membuang kulit jeruk setelah kamu memakan buahnya. Ini bisa digunakan untuk membersihkan gigi dan mencerahkan. Selain itu, kulit jeruk juga membantu mencegah noda dan melawan bakteri di gigi. Kamu hanya cukup menggosok kulit jeruk pada gigi selama beberapa menit, lalu bilas dengan air.

3. Biji wijen

Mengunyah biji wijen ternyata memiliki dampak baik untuk membersihkan plak-plak pada gigi. Ambil segenggam biji wijen dan kunyah selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa biji wijen menggunakan gosok gigi. Biji wijen juga dapat digunakan sebagai scrub untuk menghilangkan noda membandel di gigi.

4. Cuka

Di balik rasanya yang kecut, ternyata cuka dapat membersihkan gigi. Campurkan 2 sdt cuka, 1 sdt garam, dan beberapa tetes air. Gunakan cara ini 2-3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, sama seperti baking soda, menggunakan cuka baiknya tak terlalu banyak karena dapat merusak lapisan pelindung gigi.

5. Baking soda

Baking soda dipercaya untuk membantu menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras. Kamu bisa membuat baking soda menjadi pasta gigi dengan mencampurkan sejumput garam. Gunakan pasta ini saat kamu sikat gigi selama 2 menit dan bersihkan dengan air. Selain untuk menghilangkan karang, baking soda juga dapat membantu untuk memutihkan gigi.

6. Lidah buaya

Untuk membuat pasta gigi alami dari lidah buaya, kamu memerlukan bahan-bahan seperti:

1 gelas air
1/2 cangkir baking soda
1 sdt lidah buaya
4 sdt gliserin sayuran
1 sdt minyak atsiri lemon

Sikat gigi kamu dengan semua bahan yang sudah dicampur. Ini akan membuat gigi terlihat lebih putih dan cerah.

7. Mengunyah daun sirih

Mengunyah daun sirih memang tidak semua orang menyukainya. Namun daun sirih sangat membantu menghilangkan plak gigi dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Cukup ambil selembar daun sirih, bisa  tambahkan 1 batang cengkeh juga, haluskan tapi tidak terlalu halus lalu kunyah.

8. Menggunakan cengkeh

Cengkeh biasa digunakan untuk obat penyembuh sakit gigi. Selain untuk menyembuhkan sakit gigi, ternyata cengkeh juga mampu menghilangkan plak gigi. Tumbuk cengkeh hingga berbentuk bubuk dan oleskan pada plak gigi.

Silahkan Komentar
Berita sebelumyaAnnisa #10
Berita berikutnyaTruk Oleng Tabrak Pagar Pembatas
Dalam hidup, setiap masalah adalah pelajaran berharga. Setiap cobaan yg datang adalah proses pendewasaan diri
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here