Bagaimana Menggunakan Gmail Secara Offline?

0
1246
views
Ilustrasi logo gmail

B

agiamana jika Anda tidak mendapatkan jaringan internet untuk buka email Gmail? Jangan khawatir semua bisa diatasi bersama tips dan tricks di befren.com

Ini adalah fitur yang telah digembar-gemborkan oleh pengguna Gmail sejak layanan email Google pertama kali diluncurkan, dan akhirnya di sini – kemampuan untuk mencari dan membaca pesan Anda tanpa koneksi internet yang aktif.

Sampai sekarang, jika Anda bepergian dan ingin bekerja melalui backlog email di pesawat atau kereta api, Anda harus menggunakan klien email pihak ketiga, tetapi fitur ini sekarang tersedia sebagai bagian dari Gmail itu sendiri.

Sebelum memulai, ada berita buruk bagi penggemar Firefox, Edge, Opera, dan berbagai browser lainnya – Anda hanya dapat mengakses Gmail Offline menggunakan Chrome. Google juga memperingatkan agar tidak menyinkronkan email Anda di PC bersama.

Offline Gmail Klasik

Jika Anda mempertahankan Gmail klasik, mulailah dengan mengunduh aplikasi Gmail Offline dari Chrome Web store. Tekan ‘Add to Chrome‘, berikan izin aplikasi untuk menampilkan pemberitahuan dan pilih dari daftar pintasan yang muncul. Sekarang pilih ‘Allow offline mail’, lalu ‘Lanjutkan’. Anda sekarang dapat mengakses email secara offline kapan saja dengan menavigasi ke chrome: // apps.

Gmail Offline memiliki desain yang disederhanakan yang menyembunyikan semua alat yang paling umum digunakan, tetapi Anda dapat menemukan opsi untuk memindahkan pesan ke folder, melaporkan spam, menerapkan label, dan banyak lagi di bawah menu di kanan atas.

Memilih tombol ‘Pengaturan’ di kanan atas memungkinkan Anda memilih berapa banyak email yang akan diunduh (dari minggu lalu, dua minggu atau bulan) dan menawarkan tombol sederhana untuk mengaktifkan pesan keluar kantor Anda – sangat berguna jika Anda sedang menuju suatu tempat tanpa akses internet.

[artikel number=4 tag=”tips” ]

Anda juga dapat menulis email dengan cara biasa, termasuk lampiran, dan ini akan dikirim secara otomatis saat Anda online.

Gmail Offline Baru

Jika Anda telah meningkatkan ke Gmail baru, dengan Secure Mode, snoozing, pushing and nudging, mode offline sudah terpasang. Proses penemuan ini tidak terlalu elegan – aplikasi untuk Gmail klasik terlihat jauh lebih menarik – tetapi befren.com yakin Google akan mengusahakannya.

Klik ikon roda gigi dan pilih ‘Pengaturan’, lalu klik ‘Offline’ dan pilih ‘Aktifkan Enable offline mail. Anda sekarang dapat memilih email mana yang akan disinkronkan (dari tujuh, 30, atau 90 hari terakhir) dan apakah akan menyertakan lampiran.

Anda juga harus memutuskan apakah email yang disinkronkan harus disimpan di PC Anda setelah Anda keluar dari akun Gmail Anda. Lebih aman untuk menghapusnya setiap kali, tetapi menyinkronkan ulang semuanya bisa menghabiskan banyak waktu. Tekan ‘Simpan perubahan’.

Sekarang, asalkan Anda sudah masuk ke akun Anda, Anda dapat go offline dan terus menggunakan Gmail seperti biasa. Setelah Anda kembali online, kotak masuk Anda akan diperbarui dan semua pesan di kotak keluar Anda akan dikirim.

Ingin menyingkirkan email Anda yang disinkronkan? Tekan ikon ‘more’ di Chrome (tiga titik dalam garis vertikal) dan pilih ‘Pengaturan’. Gulir ke bawah dan pilih ‘Lanjutan’. Klik ‘Pengaturan konten’ dan pilih ‘Cookie’, lalu klik ‘Hapus semua’ di bawah ‘Lihat semua cookie dan data situs’.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here