Perbedaan Harga dan Spesifikasi Huawei Mate 20 dan Huawei Mate 20 Pro

0
104
views
Huawei Mate 20, Mate 20 Pro

befren.com – Dua ponsel terbaru yang sangat menarik serta harga & spesifikasi ponsel Huawei Mate 20 dan Huawei Mate 20 Pro mungkin bikin penasaran para pengguna gadget yang mengusung spesifikasi yang tinggi.

Ponsel flagship terbaru Huawei, publik tentu juga memperhitungkan harga & spesifikasi HP Huawei Mate 20 dan Huawei Mate 20 Pro.

Dengan memperhitungkan harga & spesifikasi HP Huawei Mate 20 dan Huawei Mate 20 Pro, kita bisa tahu kelebihan dan kekurangan kedua ponsel ini.

Deputy Country Director Huawei Indonesia Consumer Business Group Lo Khing Seng mengatakan kedua ponsel ini akan menjadi unggulan dalam portfolio produk Huawei di Indonesia.

“Kami punya performa lebih baik dengan ‘kecerdasan’ (AI) yang lebih baik pula. Kami juga sering dijadikan benchmark,” ujar Lo dalam acara peluncuran Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro di Jakarta.

Huawei Mate 20 Pro
Huawei Mate 20 Pro

Baik Huawei Mate 20 maupun Huawei Mate 20 Pro sama-sama ditenagai System-on-Chip (SoC) Kirin 980 yang dibuat dengan proses fabrikasi 7nm dan diklaim memiliki kinerja pengolahan AI mumpuni.

Spesifikasi lain dari kedua ponsel memang terbilang mirip.

Huawei Mate 20 dan Huawei Mate 20 Pro sama-sama dibekali RAM berkapasitas 6 GB dan media penyimpanan internal 128 GB.

Huawei Mate 20 sebenarnya memliliki varian lain dengan kapasitas RAM lebih kecil, namun Huawei hanya memasarkan varian RAM 6 GB di Indonesia.

Huawei Mate 20 dijual seharga Rp 8.999.000 di Indonesia.

Semetara, Huawei Mate 20 Pro dibanderol Rp 11.999.000.

Namun perbedaan di antara keduanya pasti ada, ini lebih mengarah ke segi desain fisik dan fitur. Salah satu yang yang mungkin paling mentereng tampak pada tipe panel dan ukuran layar Mate 20 dan Mate 20 Pro.
Bagian “poni” layar Huawei Mate 20 Pro lerlihat jauh lebih lebar dibandingkan Mate 20, karena Huawei Mate 20 Pro dibekali teknologi 3D face recognition yang membutuhkan tempat ekstra.

Adapun kamera depan kedua ponsel sama-sama beresolusi 24 megapiksel dengan lensa berbukaan f/2.0.

Lalu, Huawei Mate 20 dan Huawei Mate 20 Pro sama-sama memiliki tiga kamera utama di punggung, tapi konfigurasinya sedikit berbeda.

Tiga kamera Huawei Mate 20 terdiri dari kamera ultra-wide 16 megapiksel (f/2.2), kamera wide 12 megapiksel (f/1.8), serta kamera telephoto 8 megapiksel (f/2.4).

Untuk Huawei Mate 20 Pro, rangkaian kameranya terdiri dari kamera ultra-wide 20 megapiksel (f/1.6), kamera wide 40 megapiksel (f/1.8), serta kamera telephoto 8 megapiksel (f/2.4).

Kapasitas baterai kedua perangkat sedikit berbeda pula.

Huawei Mate 20 memiliki baterai 4.000 mAh, sedangkan Mate 20 Pro 4.200 mAh.

Terakhir, Huawei Mate 20 Pro sepenuhnya anti air dan debu dengan sertifikasi IP68, sementara saudaranya, Mate 20, hanya splash proof dengan sertifikasi IP53

Pada bagian depan, Anda akan disambut oleh layar AMOLED selebar 6,39 inci (3.120 x 1.440 piksel, aspec ratio 19,5:9) berbalut kaca pelindung Gorilla Glass.

Angka rasio 19,5:9 ini membuat layar Huawei Mate 20 Pro terlihat memanjang ke bawah.

Bagian layar di sisi kanan dan kirinya membulat, mengingatkan pada layar Edge ala Samsung Galaxy S.

Bingkai layar Huawei Mate 20 Pro juga terlihat tipis sehingga panel display tampak nyaris menutupi seluruh bagian depan dengan rasio screen-to-body mencapai 87,9 persen.

Di bagian atas layar terdapat sebuah notch alias “poni” dengan bentuk lebar dan mewadahi kamera depan 24 megapiksel f/2.0.

Bentuk poni Huawei Mate 20 Pro lebih lebar dibandingkan saudaranya, P20 Pro, karena poni Huawei Mate 20 Pro turut memuat sensor khusus untuk keperluan 3D face recognition.

Seperti P20 Pro, jika Anda tak suka dengan adanya notch ini, Anda bisa menyembunyikannya pada menu pengaturan ponsel.

Huawei Mate 20 Pro memiliki bodi berupa kaca mengilap.

Dengan bodi berbalut kaca ini, maka Anda tak perlu heran jika sidik jari Anda dengan mudah akan membekas.

Kendati demikian sidik jari yang menempel masih mudah untuk dibersihkan dan cenderung tak terlalu terlihat karena ada semacam tekstur halus, berbeda dari punggung P20 Pro yang benar-benar licin.

Huawei sendiri memproduksi Mate 20 Pro dengan beberapa varian warna yakni Emerald Green, Midnight Blue, Black, dan Twilight.

Huawei Mate 20 Pro

Ketiga kamera Huawei Mate 20 Pro tersusun di tiga pojokan modul kotak ini. Sementara satu pojok sisanya di kiri atas diisi oleh lampu kilat LED.

Pada bagian belakang ini tidak terlihat adanya pemindai sidik jari. Pasalnya Huawei menyematkan pemindai sidik jari di dalam layar ponsel.

Pemindai ini bekerja cukup cepat, tapi agak sulit melakukan pengenalan sidik jari.

Kadang perlu meletakkan jari beberapa kali sebelum ponsel bisa mengenali.

Perbedaannya jelas terasa ketika dibandingkan dengan P20 Pro yang masih memakai fingerprint scanner konvensional tapi kerjanya lebih gegas.

Huawei Mate 20 Pro dipersenjatai dengan Kirin 980.

Chip yang dibuat dengan fabrikasi 7nm ini diklaim mampu meningkatkan kinerja sampai 20 persen lebih tinggi dari Kirin 970 pendahulunya, sementara konsumsi dayanya justru lebih irit 40 persen.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here