Pemukiman Baru Terungkap di Islandia, Menelisik Ulang Garis Waktu Viking

0
77
views
Dua rumah panjang terpisah ditemukan di Stöð, salah satunya dekade lebih tua dari yang lain. (Bjarni)

befren.com – Para peneliti terkejut dengan penemuan baru-baru ini dari sepasang rumah panjang Viking di Islandia. Yang paling mengejutkan, perkiraan usia salah satu struktur mendorong kembali perkiraan sebelumnya dari tanggal penyelesaian Viking di negara ini.

Dari aula kayu besar yang dikenal sebagai rumah panjang adalah perlengkapan umum dalam budaya Norse Lama, dan digunakan sebagai tempat tinggal komunal oleh Viking.

Menurut para arkeolog, rumah panjang yang lebih muda berukuran sekitar 130 kaki dan lebar 20 kaki. Itu bertanggal sekitar 874 M, yang sekitar waktu peneliti percaya bahwa Viking menetap di Islandia.

Berdasarkan pengetahuan Islandia, permukiman awal adalah populasi yang lolos dari Raja Harald Fairhair, yang diyakini sebagai raja pertama Norwegia kuno.

Para peneliti menemukan sebuah harta artefak bersejarah di dalam rumah panjang yang lebih muda ini, seperti koin perak Romawi dan Timur Tengah, emas, manik-manik hias, dan emas batangan, kepingan perak bengkok yang digunakan sebagai mata uang oleh Viking. Barang-barang merupakan gerombolan artefak Viking paling berharga hingga saat ini.

Ketika para peneliti melanjutkan penggalian situs mereka dengan hati-hati, mereka menemukan struktur yang lebih tua di bawah rumah panjang pertama. Analisis struktur menyarankan itu dibangun pada 800 Masehi – dekade lebih awal dari pemukiman permanen Islandia.

Para ilmuwan percaya bahwa rumah panjang yang lebih muda dibangun di atas puing-puing struktur yang lebih tua – yang membentang sekitar 131 kaki panjang – setelah komunitas Viking beralih ke pemukiman permanen.

Sementara itu, rumah panjang yang lama diyakini sebagai pemukiman musiman yang ditempati selama musim panas dan musim gugur karena kesamaannya dengan kamp musiman yang ditemukan di L’Anse aux Meadows, di Newfoundland, Kanada.

Penemuan ruang pengerjaan logam di dalam rumah panjang yang lebih tua juga satu-satunya ruang pandai besi dalam ruangan yang pernah ditemukan di antara pemukiman Viking tersebut.

Kamp-kamp musiman ini akan sangat penting dalam mengumpulkan sumber daya, seperti walrus, burung, daging ikan, dan barang-barang lainnya untuk memasok perjalanan pelayaran Viking nomaden.

Kamp-kamp musiman lainnya telah ditemukan di bagian lain Islandia, seperti situs Aðalstræti di pusat kota Reykjavík dan yang di Vogur di desa Hafnir yang berada di Islandia Barat Daya. Namun, tidak ada yang menawarkan wawasan baru ke dalam sejarah Viking sebagai pemukiman di Stöð.

Pasti akan ada penemuan yang lebih mengejutkan karena para peneliti terus memindai Skandinavia untuk pemukiman Viking yang lebih kuno.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here