Fakta Menarik tentang Suku Maya Hingga Ramalan Akhir Dunia

0
132
views

befren.com – Meskipun kebanyakan orang tahu suku Maya hanya untuk peradaban kuno. Tapi fakta-fakta suku Maya menunjukkan bahwa bahasa Maya masih ada di dunia modern. Sekitar 2,3 juta orang masih berbicara dalam bahasa yang disebut “Kiche”, yang merupakan yang paling banyak digunakan dari hampir 30 bahasa Maya yang digunakan di Guatemala, Meksiko, Belize dan Honduras. Semua bahasa ini diturunkan dari Proto-Maya – bahasa teoretis yang seharusnya digunakan di wilayah itu lebih dari 5.000 tahun yang lalu dan direkonstruksi oleh ahli bahasa abad ke-20 dari bahasa Maya modern dan prasasti Maya klasik.

Kehidupan Orang Maya Berpusat pada Agama

Fakta Maya menunjukkan bahwa kehidupan dalam peradaban Maya yang hebat berpusat di sekitar agama, yang memiliki efek penting pada banyak bidang kehidupan lainnya. Agama Maya modern, yang masih dipraktikkan saat ini di Guatemala, Belize, Honduras barat dan beberapa daerah di Meksiko, telah dipengaruhi oleh Katolik Roma selama berabad-abad dan agak berbeda dari agama Maya kuno yang berusia ribuan tahun. Agama Maya lama bertanggung jawab atas banyak pencapaian besar peradaban Maya, termasuk kalender Maya (terkenal) dan piramida-piramida spektakuler.

Bangsa Maya Memiliki lebih dari 150 Dewa dalam Agama Mereka

Fakta Maya mengungkapkan bahwa agama Maya kuno sangat kompleks, memiliki lebih dari 150 dewa yang masing-masing dengan jelas ditentukan oleh karakteristik dan tujuannya. Lima dari dewa-dewa ini disembah sangat sering menurut teks-teks kuno, dan dengan demikian dianggap sebagai yang paling penting. Yang pertama adalah Itzamn (juga dikenal sebagai Zamn), penguasa langit dan malam dan siang, yang selalu siap dipanggil pada masa-masa sulit. Yang kedua, tangan kanan Itzamn, adalah Chac, kadang-kadang bahkan lebih penting daripada penguasa langit itu sendiri, karena ia adalah dewa hujan dan dengan demikian juga dewa kehidupan. Dewa ketiga adalah Ah Mun, dewa jagung dan dewa pertanian, dewa keempat adalah Ah Puch, dewa kematian, dan dewa kelima adalah Ek Chuah, dewa perang, pengorbanan manusia, dan kematian yang kejam.

Diet Maya Secara Aneh bervariasi untuk saat ini

Meskipun peradaban Maya kuno yang perkasa dimulai ribuan tahun yang lalu, makanan rakyatnya sangat bagus dan jauh melampaui kebanyakan peradaban lain pada masa itu. Mayoritas bangsa Maya awal adalah petani yang menanam ladang mereka sebagai komunitas, menggunakan berbagai alat dan teknik pertanian. Tanaman utama mereka adalah jagung, kacang-kacangan, alpukat, cabai, nanas, squash dan bahan yang masih sangat penting bagi banyak diet modern – kakao. Daging hewan, orang-orang Maya terutama berburu rusa, kelinci, ikan, dan kalkun; yang terakhir juga disimpan sebagai hewan peliharaan. Diet Maya sering juga termasuk kelezatan seperti tomat, ubi dan pepaya…

Mayoritas Kerajaan Maya Hancur selama Abad ke-8 dan ke-9

Fakta-fakta Maya mengungkapkan bahwa mayoritas kerajaan Maya runtuh selama abad ke-8 dan ke-9, tetapi para sejarawan masih belum yakin tentang apa yang mungkin menyebabkan hal ini. Alasan yang mungkin termasuk overpopulasi, invasi asing, pemberontakan kelas bawah, jatuhnya rute perdagangan penting, bencana lingkungan, penyakit epidemi dan / atau perubahan iklim. Penurunan kekuatan Maya paling jelas terlihat pada kurangnya konstruksi arsitektur yang megah, dan begitu kota-kota yang meledak menjadi sepi. Sejarawan telah lama dikejutkan oleh kemunculan tiba-tiba keruntuhan kekaisaran besar – pada sekitar 800 M peradaban berada pada puncaknya dengan budaya, ilmu pengetahuan dan agama yang berkembang sangat baik, tetapi hanya seabad kemudian ia runtuh dengan cara yang sangat misterius …

Kelaparan Tampaknya Penyebab yang Paling Mungkin untuk Runtuhnya Kerajaan Maya Kuno

Meskipun masih belum ada teori yang sepenuhnya diterima di kalangan sejarawan tentang apa yang sebenarnya menghancurkan peradaban Maya kuno yang kuat, beberapa teori yang sebelumnya diterima secara luas telah didiskreditkan baru-baru ini, hanya menyisakan beberapa teori malapetaka Maya klasik. Di antara mereka, teori kelaparan tampaknya paling mungkin.

Bangsa Maya adalah petani dan pemburu yang terampil, tetapi seiring pertambahan populasi mereka yang cepat, jumlah orang yang banyak menjadi beban bagi produksi pangan lokal. Bahkan kemajuan teknologi besar, seperti pengeringan lahan basah atau terasering bukit, tidak dapat menyediakan makanan yang cukup untuk peradaban. Kelaparan besar, mungkin terkait dengan penyebaran penyakit, dengan demikian dianggap paling mungkin telah menyebabkan runtuhnya banyak kerajaan Maya kuno yang besar.

Budaya Maya Terkenal Karena Seni, Arsitektur, dan Sistem Matematikanya.

Fakta-fakta Maya menunjukkan bahwa peradaban Maya sangat mahir dalam hal menciptakan seni, keajaiban arsitektur, dan sistem matematika dan astronomi yang rumit. Prestasi paling menonjol dari bangsa Maya di daerah-daerah ini tentu saja adalah pembangunan piramida, kalender Maya, tulisan suci Maya, pahatan batu, ukiran kayu, mural di dinding bangunan, perhitungan panjang tahun matahari tropis, dan vigesimal Maya. sistem numerik yang memungkinkan mereka untuk menggunakan angka besar dalam perhitungan mereka di berbagai bidang kehidupan.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here