Separator Jalan Dicat dengan Warna Lambang Asian Games yang Penuh Corak Warna

0
399
views

befren.com – Menjelang pelaksanaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mencat separator jalan dengan warna lambang Asian Games yang penuh corak warna. Namun ternyata, pengecatan separator warna warni tersebut bertentangan dengan aturan. Separator sebagai salah satu marka jalan tidak boleh dicat selain warna hitam putih. Sedangkan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, separator jalur transjakarta atau busway boleh dicat warna-warni asal memenuhi beberapa ketentuan. Pertama, warna-warna pada separator jalan itu harus punya tujuan yang jelas. “Tergantung tujuannya untuk apa, kalau untuk Asian Games itu waktu Asian Games saja mungkin diperbolehkan,” kata Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Selasa (31/7/2018). Kedua, kata Yusuf, warna-warna pada separator harus jelas batas waktunya. Artinya, penerapan warna tersebut tidak boleh permanen. “Jadi temporary, itu ada batas waktu tertentu, selesai itu ya dikembalikan.

Ia mengatakan, pihaknya telah menerima surat pemberitahuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengenai pengecatan sejumlah separator dan beberapa tembok di Jakarta untuk menyambut Asian Games 2018. Namun, dia ingin Pemprov DKI bisa menjamin warna separator akan dikembalikan seperti semula setelah ajang Asian Games selesai. “Untuk marka jalan aturannya adalah warna putih, dengan dasar kalau pun itu trotoar atau pembatas jalan antara perjalan kaki dengan yang lain itu batasnya warna putih atau hitam seperti zebra,” kata dia. Separator jalan di sejumlah lokasi di Jakarta dicat warna-warni menjelang perhelatan Asian Games 2018. Separator yang telah dicat warna-warni antara lain di Jalan Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, dan di Jalan Raya Mabes Hankam, dekat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) arah Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

[artikel number=4 tag=”peristiwa” ]

Di Warung Jati Barat, separator warna-warni tampak mulai dari perempatan Pejaten Village di dekat Halte Transjakarta Pejaten Philips hingga sebelum Halte Transjakarta Buncit Indah.

Pembatas jalur khusus transjakarta itu dicat dengan warna-warna pastel, baik separator yang mengarah ke Ragunan, maupun ke Mampang. Ada warna kuning, oranye, merah muda, hijau muda, biru, hingga ungu.(PJ)

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here