Penumpang Dievakuasi Akibat Kapal Kandas Kabupaten Karangasem, Bali

0
75
views
Foto: Evakuasi penumpang kapal Lombok-Bali kandas (Dok. Basarnas Denpasar)

befren.com – Syukuralah Proses evakuasi kapal penyeberangan dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ke Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali telah usai. Seluruh penumpang KMP Swarna Cakra yang berjumlah 194 orang berhasil diselamatkan.

Menurut Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Direktorat Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Ahmad, KMP Swarna Cakra berangkat dari Pelabuhan Lembar pukul 00.15 Wita. Begitu akan bersandar di Pelabuhan Padangbai, kapal itu terseret arus. Saking derasnya arus, kapal tersebut tidak bisa menghindar dan menabrak ramsi hijau milik ASDP.

Berdasar data Kementerian Perhubungan, KMP Swarna Cakra mengangkut 194 penumpang. “Terdiri atas 163 dewasa, 30 anak-anak, dan seorang bayi,” ungkap Ahmad. Semua penumpang dapat dievakuasi petugas. Demikian pula dengan 21 awak kapal.

Begitu sandar di pelabuhan, kapal penumpang tersebut langsung diperiksa petugas Marine Inspector Kantor KSOP atau Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Padangbai. “Kondisi kapal baik,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Seksi Operasi Basarnas Bali, I. B Surya Wirawan mengatakan Basarnas mengerahkan 2 buah Rigid Inflatable Boat (RIB) dibantu beberapa speed boat dan perahu nelayan untuk proses evakuasi ini. Saat ini seluruh penumpang sudah dikumpulkan di ruang tunggu Pelabuhan Padangbai.

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here