Kebakaran Terjadi di Hutan Pujon, Malang dan Masih Belum Diketahui Penyebabnya

0
205
views
Situasi kebakaran di hutan Pujon, Malang

befren.com – Kebakaran hutan terulang lagi, kali ini terjadi di petak 100 Resor Polisi Hutan (RPH) blok Tugu pos 3 puncak tugu, Gunung Kawi, Pujon selatan BKPH Pujon, wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Senin (3/9/2018). Kebakaran itu terlihat sejak pukul 15.00 WIB, dengan ditandai asap mengepul dari area tersebut. Semakin lama mulai terlihat kobaran api. Hingga tadi malam masih terlihat dari kejauhan api semakin menyala. Dan saat ini belum juga padam hingga Selasa (4/9/2018) pagi.

Lembaga Masyarakat Desa Hutan Pujon Kidul, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu berada di lokasi titik kebakaran untuk memadamkan kebakaran.

Beberapa dariĀ  tim BPKH Pujon kembali untuk berusaha memadamkan api, dikarenakan angin sangat kencang, sempat kesulitan untuk mengatasi masalah ini. Kini api merambat ke arah barat, sehingga masuknya menuju lokasi dari Sukomulyo.

Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BPKH) Pujon, Padi Subowo mengatakan, pemadaman api itu melibatkan warga sekitar dan tim BPKH Pujon.

Selain angin kencang, jalur yang terjal serta banyaknya tebing membuat kesulitan saat pemadaman. Tim menggunakan cara tradisional untuk pemadaman yakni dengan arit dan gebyok, dengan menggunakan teknik liar api atau membuat jalur batasan agar tidak merembet.

Untuk sampai ke lokasi kebakaran butuh waktu setidaknya 2 jam. Seperti yang diketahui, kebakaran terjadi pada Senin (3/9/2019) sekitar pukul 10.00 WIB.

Namun api mulai membesar sekitar pukul 15.00 WIB, dan terlihat dari beberapa titik di Kota Batu. Padi menambahkan penyebab kebakaran ini dugaan sementara masih dikarenakan adanya masyarakat yang lupa memadamkan api.

Hanya saja dugaan kebakaran masih belum diketahui penyebabnya. Tetapi lokasi kebakaran itu jauh dari tempat pendakian.(PJ)

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here