Hari ini, Tol Jakarta-Surabaya Sudah Bisa Digunakan

0
241
views

befren.com – Presiden RI Joko Widodo resmikan empat ruas tol di Jawa Timur (Jatim)  selain itu, Jokowi juga meresmikan ruas jalan tol di Jawa Tengah (Jateng). Peresmian di Jateng tersebut dilakukan di Jembatan Pelengkung Kalikuto, Weleri, Kendal.

Dalam kegiatan itu, orang nomor satu di Indonesia tersebut sekaligus melakukan perjakanan darat lewat tol dari Surabaya menuju ke Jembatan Kalikuto, Kendal, Jateng atau sepanjang 341 kilometer.

“Nanti akan kita coba dengan naik bus, sepanjang 341 kilometer, dari Surabaya menuju Jembatan Kalikuto, Kendal, Jateng,” kata Jokowi saat peresmian empat ruas tol provinsi Jatim di KM 671+500 ruas tol Ngawi-Kertosono atau tepat di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang, Kamis (20/12/2018).

Empat ruas tol di Jatim sepanjang 59 kilometer itu masing-masing Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar, Pasuruan-Gempol, serta Pasuruan-Grati.

Sedangkan yang akan diresmikan di Jateng adalah Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Kertasuro.

“Dengan diresmikannya ruas tol di Jatim dan Jateng, berarti mulai hari ini tol Jakarta-Surabaya sudah bisa digunakan, yakni sepanjang 741 kilometer,” kata Jokowi yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Kepala Negara menjelaskan Tol Trans Jawa memiliki panjang 741 km dengan titik nol di Cawang, Jakarta Timur. Ia pun turut menjajal jalur dari Surabaya ke Semarang dengan jarak 341 km.

Jokowi berharap infrastruktur ini dapat memudahkan mobilitas warga. Keberadaan tol pun dipastikan bakal membuat ongkos logistik dan transportasi lebih murah dan cepat. Menurut dia, keberadaan tol Trans Jawa akan memberikan alternatif pilihan bagi masyatakat. (PJ)

Silahkan Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here